Contoh RPP Ekonomi SMA Berkarakter
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan kurvanya.
2. Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan urvanya.
3. Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan grafiknya.
b) Siswa dapat mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
c) Siswa dapat mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Harga keseimbangan
C. Uraian Materi
a) Fungsi permintaan
b) Fungsi penawaran
c) Kurva permintaan
d) Kurva penawaran
e) Harga dan jumlah keseimbangan
f) Elastisitas permintaan dan penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka |
Terstruktur |
Mandiri |
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan transaksi jual beli di suatu pasar. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai harga dan jumlah keseimbangan akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.Kelompok pertama diberi tugas untuk menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan grafiknya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan grafiknya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan spidol
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
, Juli 2011
Guru mapel Ekonomi
|