Kelas/Semester : VII/2
- Standar Kompetensi :4. Menampilkan perilaku kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
- Kompetensi Dasar :4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan me-
ngemukakan pendapat.
- Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
- Peserta didik dapat menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan penuh percaya diri.
- Peserta didik dapat menyebutkan landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menunjukkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
Petemuan 2
- Peserta didik dapat menunjukkan contoh cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
- Peserta didik dapat membuat kliping contoh cara mengemukakan pendapat secara mandiri.
- Materi Pembelajaran
- Hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
- Landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat.
- Contoh cara mengemukakan pendapat.
- Metode Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Penugasan.
- Langkah-langkah Pembelajaran
- A. Langkah-lanhkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
PENDAHULUAN :
Kegiatan | Waktu |
|
10 menit |
KEGIATAN INTI :
Kegiatan | Waktu |
|
60 menit
|
PENUTUP
Kegiatan | Waktu |
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi hakekat kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan penuh percaya diri secara bersama-sama dalam kelas.
b. Pos tes dan refleksi secara lisan c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru e. Menyampaikan rencana pembelaaran untuk perteuan berikutnya tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat |
10 menit |
Pertemuan 2
PENDAHULUAN :
Kegiatan | Waktu |
|
10 menit |
KEGIATAN INTI :
Kegiatan | Waktu |
|
60 menit
|
PENUTUP
Kegiatan | Waktu |
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat
b. Pos tes dan refleksi secara lisan c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru e. Menyampaikan rencana pembelaaran untuk perteuan berikutnya tentang …. |
10 menit |
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Gambar yang menunjukkan kemerdekaan mengemukakan pendapat.
- Surat Kabar/Majalah untuk bahan kliping cara mengemukakan pendapat.
- Nama Pengarang. Tahun. Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII. Kota: Penerbit. Halaman ….
H. Penilaian
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen |
|
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
Skala Rentang Cek Karakter
Cek Karakter |
Lembar
Penilaian-1
Lembar Penilaian-1
Lembar Penilaian-1
Lembar Penilaian-2 Lembar Penilaian-3 Lembar Penilaian-4 |
Jakarta, …………………2010
Mengetahui:
Kepala Sekolah, Guru
Sumber: Drs. A.T Sugeng, M.Pd via ziddu.com
tolong kirimkan silabus rpp agama katolik smp dan sma berkarakter. trimakasih.
maaf belum punya
tolong kirimkan rpp dan silabus
pkn dari kls 7 smpe 9 lengkap
sudah kami kirim