Contoh model RPP PKn SMP berkarakter

Mata Pelajaran          :    Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester        :    VII/2

Alokasi Waktu      :         2 x 40 menit (Satu pertemuan
  1. Standar Kompetensi :4.  Menampilkan perilaku kemerdekaan

mengemukakan pendapat.

  1. Kompetensi Dasar   :4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan me-

ngemukakan pendapat.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

  1. Peserta didik dapat menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan penuh percaya diri.
  2. Peserta didik dapat menyebutkan landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menunjukkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.

      Petemuan 2

  1. Peserta didik dapat menunjukkan contoh cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
  2. Peserta didik dapat membuat kliping contoh cara mengemukakan pendapat secara mandiri.

 

  1. Materi Pembelajaran
    1. Hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
    2. Landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat.
    3. Contoh cara mengemukakan pendapat.

 

  1. Metode Pembelajaran
    1. Ceramah.
    2. Tanya Jawab.
    3. Penugasan.

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran
  2. A.     Langkah-lanhkah Kegiatan  Pembelajaran

 

Pertemuan 1

       PENDAHULUAN :

Kegiatan Waktu
  1. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, menyanyikan salah satu lagu wajib).
  2. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan  pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari tentang hakekat kemerdekaan megeluarkan pendapat
  3. Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
  4. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

 

 

 

10 menit

     KEGIATAN INTI :

Kegiatan Waktu
 

 

  1. Peserta didik menyimak   ilustrasi dan gambar yang ditunjukkan guru tentang  mengemukakan pendapat
  2. Tanya jawab tentang hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh percaya diri.
  3. Peserta didik membaca dan menelaah secara mandiri Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII halaman …. tentang landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Tanya jawab tentang landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

          PENUTUP

Kegiatan Waktu
   a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi hakekat kemerdekaan mengeluarkan  pendapat dengan penuh percaya diri secara bersama-sama dalam kelas.

b.     Pos tes dan refleksi secara lisan

c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran

d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru

  e.     Menyampaikan rencana pembelaaran  untuk perteuan berikutnya  tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat

 

 

10 menit

 

    Pertemuan 2

      

      PENDAHULUAN :

Kegiatan Waktu
  1. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, menyanyikan lagu wajib).
  2. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan  pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari tentang kemerdekaan mengeluarkan pendapat
  3. Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
  4. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

 

 

 

10 menit

                

 

      KEGIATAN INTI :

Kegiatan Waktu
 

  1. Peserta didik  mengamati gambar tentang kemerdekaan megemukakan pendapat yang di tayangkan  oleh guru
    1. Siswa mencermati Gambar tersebut secara mandiri dan penuh percaya diri.

 

  1. Membaca dan menelaah secara mandiri Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII halaman …. tentang contoh tiga cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Tanya jawab tentang contoh tiga cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Membuat kliping  disertai penjelasan peserta didik tentang contoh cara mengemukakan pendapat secara mandiri.

 

60 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    

PENUTUP

Kegiatan Waktu
   a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman tentang contoh kemerdekaan mengeluarkan pendapat

b.     Pos tes dan refleksi secara lisan

c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran

  d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru

  e.     Menyampaikan rencana pembelaaran  untuk perteuan berikutnya  tentang ….

 

 

10 menit

G.       Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Gambar yang menunjukkan kemerdekaan mengemukakan pendapat.
  • Surat Kabar/Majalah untuk bahan kliping cara mengemukakan pendapat.
  • Nama Pengarang. Tahun. Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII. Kota: Penerbit. Halaman ….

H.      Penilaian

Indikator Pencapaian

Teknik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

Instrumen

  1. Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Menyebutkan landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat dengan menunjukkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menunjukkan contoh cara mengemukakan pendapat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Membuat kliping contoh cara mengemukakan pendapat.
  5. Kemandirian.

 

  1. Percaya diri.
  2. Penilaian Tertulis
 

 

 

  1. Penilaian Tertulis

 

 

 

  1. Penilaian Tertulis

 

 

 

  1. Penilaian Produk
  2. Penilaian Diri
  3. Penilaian Diri
Pilihan Ganda

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

Pilihan Ganda

 

 

 

Skala Rentang

Cek Karakter

 

Cek Karakter

Lembar

Penilaian-1

 

 

 

Lembar

Penilaian-1

 

 

 

Lembar

Penilaian-1

 

 

 

Lembar

Penilaian-2

Lembar

Penilaian-3

Lembar

Penilaian-4

Jakarta, …………………2010

Mengetahui:

Kepala Sekolah,                            Guru

Sumber: Drs. A.T Sugeng, M.Pd via ziddu.com

About these ads

4 responses

  1. tolong kirimkan silabus rpp agama katolik smp dan sma berkarakter. trimakasih.

  2. tolong kirimkan rpp dan silabus
    pkn dari kls 7 smpe 9 lengkap

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: