Komponen format RPP Berkarakter

Download:

3. KOMPONEN RPP KOSONG

1. Pengembangan RPP Berorientasi Pendikar

2. Pengembangan Silabus Berorientasi Pendikar

1. Konsep Dasar Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa_SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                              :  …….

Mata Pelajaran                 : Matematika

Kelas/Semester                 :

Alokasi Waktu                   :  1 x 70 menit ( 1 x pertemuan)

 

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tujuan Pembelajaran :

–          ………

–          (+)  Mengembangkan perilaku ……………………….

Indikator :

–          ………………..

–          (+)  Menunjukkan perilaku ………………..

Materi Pembelajaran :

Metode, Pendekatan, Model Pembelajaran :

                Metode               :

                Pendekatan       :

                Model Pembelajaran     :

Langkah-langkah Pembelajaran                :

Kegiatan Pendahuluan :

–          ……………………………..(karakter)

–          …………………………………..(karakter)

–          ………………………………….(karakter)

–          ……………………………………..(karakter)

Kegiatan Inti     

Eksplorasi  :

–          ……………………………………….(karakter)

–          …………………………………………….(karakter)

–          Dst

Elaborasi  :

–          …………………………………….(karakter)

–          ………………………………….(karakter)

–          Dst

Konfirmasi  :

–          …………………………………….(karakter)

–          …………………………………………(karakter)

–          Dst

Kegiatan Penutup :

–          ……………………………………….(karakter)

–          …………………………………………(karakter)

–          Dst

Sumber Bahan, Media/alat Pembelajaran

Sumber Bahan :

Media/alat Pembelajaran :

Penilaian :

                Teknik Penilaian  :

                Bentuk instrumen :

                Kisi-kisi soal       :

                Instrumen Penilaian (soal) :

                Kunci Jawaban (untuk PG)  :

                Rambu-rambu Jawaban (untuk isian)  :

                Kriteria jawaban (untuk uraian) :

                Pedoman Penskoran :

                Lembar Kerja Siswa :

                Lembar Penilaian Pengamatan Proses Pembelajaran :

                Lembar Penilaian Hasil Belajar  :

                Lembar Penilaian Pendidikan Budaya dan Karakter :

                Kriteria Penilaian Pendidikan Budaya dan Karakter :

                Teknik Penilaian Pendidikan Budaya dan Karakter :

 

contoh

LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN

PROSES PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran          :

Kelas                           :

 

No Nama Siswa  

Aspek Perilaku Belajar

Ket
Motivasi Keaktifan Kerja

sama

Taggung

Jawab

dst      
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     

 

Keterangan :

Tinggi / (T) / A / 4  : jika …………….

Sedang / (S) / B/ 3 : jika ……………

Cukup / (c) / C / 2 : jika …………

Rendah/ (R) / D / 1  : jika ……………..

 

LEMBAR PENILAIAN

PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER

 

Mata Pelajaran          :

Kelas                           :

Hari/tanggal               :

 

 

 

No

 

 

Nama Siswa

 

KARAKTER

 

 

 

Ket

 

Religius

 

Gemar

Membaca

 

Cermat

 

 

Tanggung

Jawab

 

Cinta

Tanah

air

 

dst

1 AHMAD BT MK MT        
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

 

 

 

 

Keterangan :

BT        : Belum Terlihat

(apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT       : Mulai Terlihat

(apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya

tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum

konsisten).

MB      : Mulai Berkembang

(apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda

perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

MK       : Membudaya

(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku

yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

 

Teknik Penilaian :

–       hasil pengamatan,

–       catatan anekdotal,

–       tugas,

–       laporan

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: