Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Berbagai pengembangan pengajaran berdasarkan masalah (PBI) telah memberikan model pengajaran memiliki ciri-ciri khas lain dengan karakteristik sebagai berikut (Krajcik, Blumenfeld, Mark & Sloway, 1994, Slavin, Madden, Dolan & Wasik, 1992, 1994 ; Cognitiom & Technology Group Venderbilt, 1990).

a)      Pengajuan pertanyaan atau  masalah

b)      Berfokus pada keterkaitan  antar disiplin.

c)      Penyelidikan autentik

d)     Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya

e)      Kerja-sama

Tahapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Tahap Tingkah Laku Guru
Tahap 1

Orientasi Kepada Masalah

Guru menjelasakan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya
Tahap 2

Mengorganisasi siswa untuk belajar

Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
Tahap 3

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok

Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang ssesuai, melaksanakan eksperimen, untk mendapatkan penjelaslan dan pemecahan masalah.
Tahap 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil  karya

Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya

yang sesuai seperti laporan, vidio, dan model dan membantu mereka untuk berbagai tugas dengan temannya

Tahap 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses  pemecahan masalah

Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka

gunakan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: