Contoh Silabus Berkarakter Bangsa Mapel Matematika SMP

PENGEMBANGAN SILABUS

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SEKOLAH                         : SMP 2 Wonosobo

KELAS                              : VIII

MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA

SEMESTER                       : 1

STANDAR KOMPETENSI : ALJABAR

1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

Kompetensi Dasar Materi Pokok/ 

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi 

Waktu

Sumber Belajar  

Pendidikan Karakter

Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut 

 

Garis dan Sudut 

 

Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual 

 

  • Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit

 

Tes lisan 

 

Daftar pertanyaan Dari masalah kontekstual ini manakah yang menunjukkan konsep sejajar ? 

a.     dua sisi meja yang berhadapan

b.    dua sisi kusen pinti yang vertikal

c.     kedua bingkai papan tulis yang horisontal dan vertikal

d.    Dua jalan yang bertemu dipersimpangan

2 x 40 menit Buku Teks,benda-benda di Lingkungan sekolah religius, disiplin, jujur, percaya diri, kerjasama, kreatif, cinta ilmu, rasa ingin tahu
Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan 

 

  • Mengenal satuan sudut yang sering digunakan

 

Tes lisan 

 

Daftar pertanyaan Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan? 1×40 menit
Kompetensi Dasar Materi Pokok/ 

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi 

Waktu

Sumber Belajar  

Pendidikan Karakter

Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat 

 

  • Mengukur besar sudut dengan busur derajat

 

Tes tulis Tes isian 

 

Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut : 

a.   ………..

b.. ……….

c   …

 

1×40 menit Buku Tek Siswa, Buku Referensi Lain di Sekolah 

 

religius, disiplin, jujur, percaya diri, kerjasama, kreatif, cinta ilmu, rasa ingin tahu
Mendiskusikan jenis-jenis sudut 

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

 

  • Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

 

Tes lisan Daftar pertanyaan Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini? 

a).

b).

c).

 

2 x40 menit Buku Tek Siswa, Buku Referensi Lain di Sekolah 

 

Sumber: Materi TOT guru yang diujikan nasional mapel Matematika di LPMP  Jawa Tengah Tahun 2010

One response

  1. waaahh ekarang guru harus pinter menyesuaikan diri dgn keadaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: