Contoh RPP Berkarakter SMP Mapel Matematika pola EEK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                 : SMP Negeri 2 Wonosobo

Mata Pelajaran      : Matematika

Kelas / Semester    : VII (tujuh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut,

serta meentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis

sudut.

Indikator : 1.   Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit,

berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit.

2.      Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.

3.      Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

4.      Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

a.       Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis

b.      Siswa dapat menggunakan satuan sudut

c.       Siswa dapat mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat

d.      Siswa dapat membedakan jenis-jenis sudut.

B. Materi Ajar

a.       Hubungan antara dua garis

b.      Mengukur besar sudut

c.       Jenis-jenis sudut

C. Metode Pembelajaran

Diskusi kelompok, demontrasi, dan penemuan

  1. Langkah-Langkah Kegiatan

PERTEMUAN KE SATU

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
1 Pendahuluan  

a.       Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran,  dilanjutkan dengan berdoa.

b.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pengertian garis untuk mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari sebagai apersepsi.

c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  yang hendak  dicapai atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada materi ini

d.      Guru meninformasikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif/ Pembelajaran Langsung .

e.       Guru menyampaikan cakupan materi  yang meliputi hubungan antara dua garis

 

15”

 

Displinan, Religius 

Tanggung jawab

Percaya diri, cinta ilmu

Disiplin

Rasa ingin tahu, cinta ilmu

 

2. Kegiatan Inti 

1.      Guru memfasilitasi  dengan memberikan tugas secara kooperatif (kelompok berpasangan) pada siswa untuk mengamati dan menemukan benda-benda/bangun-bangun dilingkungan kelas yang menggambarkan garis kedududukan beberapa garis. (eksplorasi/Elaborasi)

2.      Guru memfasilitasi siswa dalam kelompok atau secara individual untuk memunculkan gagasan bagaimana kedudukan sebuah garis terhadap garis lain yang mereka amati secara kelompok dalam tugas. (eksplorasi/ elaborasi)

3.      Guru memfasilitasi siswa untuk mempresntasikan hasil temuan melalui pengamatan tentang kedudukan sebuah garis terhadap garis lain, kemudian beberapa siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan, guru memberikan bimbingan dan mengarahkan siwa ke jawaban yang benar. (elaborasi, konfirmasi)

4.      Memberikan umpan balik sebagai penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  maupun suport  terhadap keberhasilan siswa yang telah melakukan pengamatan dengan benar tentang kedudukan sebuah garis terhadap garis lain.(Elaborasi)

5.      Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal terkait dengan kedudukan sebuah garis terhadap garis lain  pada buku paket Matematika kelas VII  halaman …. Nomor ….. sebagai latihan untuk mengetahui ketercapaian konsep yang baru saja dipelajari (eksplorasi)

50’  

Percaya diri, rasa ingin tahu, kerja keras

Tanggung jawab, kreatif dan inovatif, jujur.

Percaya diri, demokratif, menghargai orang lain.

Cinta ilmu, semangat kebangsaan.

Gemar membaca, cinta ilmu, percaya diri, jujur.

 

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
6.      Dalam mengerjakan tugas guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah. (elaborasi)) 

7.      Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas baik individu maupun kelompok. (konfirmasi)

 

15’ Semangat kebangsaan, percaya diri 

Tanggung jawab, kerja keras, cinta ilmu

3 Penutup 

1.  Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman  simpulan dari materi yang baru saja dipelajari kedukukan dua garis.

2.  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

3.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya agar siswa lebih siap menerima materi ajar.

 

Kreatif, inovatif, cinta ilmu. 

Percaya diri, tanggung jawab.

Pertemuan Ke Dua

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
1 Pendahuluan 

1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dan dilanjutkan dengan berdoa.

2.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan sudut sambil mengaitkan benda-benda dilingkungan kelas  yang ada hubungannya sebagai apersepsi

3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  yang hendak  dicapai atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada materi ini.

4.      Guru menyampaikan cakupan materi  yang akan dipelajarai yaitu mengukur besar sudut sambil memberikan motivasi.

15’ 

 

 

Displinan, Religius

Tanggung jawab

Percaya diri, cinta ilmu

Disiplin

Rasa ingin tahu, cinta ilmu

 

2 Kegiatan Inti 

1.      Guru memfasilitasi  dengan memberikan tugas secara kooperatif (kelompok berpasangan) pada siswa untuk mengamati dan menemukan bentuk benda-benda/bangun-bangun dilingkungan kelas yang membentuk sudut. (eksplorasi/ elaborasi)

50’ Percaya diri, rasa ingin tahu, kerja keras 

 

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
2 2.      Guru memfasilitasi siswa dalam kelompok atau secara individual untuk memunculkan gagasan dari apa yang mereka pelajari baik dari pengamatan maupun dari buku referensi secara kelompok atau individu dalam mengerjakan tugas. (Eksplorasi) 

3.      Guru memfasilitasi siswa untuk mempresntasikan hasil temuan melalui pengamatan atau mempelajari dari buku referensi  tentang cara mengukur besar sudut yang benar. (Eksplorasi, Elaborasi)

4.      Guru memfasilitasi siswa untuk mempresntasikan hasil temuan melalui pengamatan atau mempelajari dari buku referensi  tentang cara mengukur besar sudut yang benar. Kemudian siswa diminta memberikan tanggapan dan guru membimbing serta menarahakan pada jawaban yang benar. . (Eksplorasi, Elaborasi)

5.      Guru memberikan umpan balik sebagai penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  maupun suport  terhadap keberhasilan siswa yang telah melakukan pengamatan dengan benar tentang cara mengukur besar sudut. (Konfirmasi)

6.      Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal terkait dengan mengukur besar sudut  pada buku paket Matematika kelas VII  halaman …. Nomor ….. sebagai latihan untuk mengetahui ketercapaian konsep yang baru saja dipelajari. (Eksplorasi/ Elaborasi)

7.      Dalam mengerjakan tugas guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah terkait cara mengukur besar sudut. (Elaborasi/Konfirmasi)

8.      Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dalam menggunakan alat-alat ukur terkait dengan mengukur besar sudut atau belum berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas baik individu maupun kelompok (Konfirmasi)

50’ 

 

Tanggung jawab, kreatif dan inovatif, jujur. 

Percaya diri, demokratif, menghargai orang lain.

Cinta ilmu, semangat kebangsaan.

Gemar membaca, cinta ilmu, percaya diri, jujur.

Semangat kebangsaan, percaya diri

Tanggung jawab, kerja keras, cinta ilmu

3 Penutup 

1.      Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman simpulan dari materi yang baru saja dipelajari.

2.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya agar siswa lebih siap menerima materi ajar.

 

15’ Kreatif, inovatif, cinta ilmu. 

Percaya diri, tanggung jawab.

Pertemuan Ke Tiga

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
1 Pendahuluan 

1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dan dilanjutkan dengan berdoa.

2.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan jenis-jenis  sudut sambil mengaitkan benda-benda dilingkungan kelas  yang ada hubungannya sebagai apersepsi

3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  yang hendak  dicapai atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada materi ini.

4.      Guru menyampaikan cakupan materi  yang akan dipelajarai yaitu jenis-jenis sudut  sambil memberikan motivasi betapa pentingnya sudut dipelajarai dalam kehidupan sehari-hari. ..

 

15’

 

 

Displinan, Religius

Tanggung jawab

Percaya diri, cinta ilmu

Disiplin

Rasa ingin tahu, cinta ilmu

 

2 Kegiatan Inti 

1.      Guru memfasilitasi  dengan memberikan tugas secara kooperatif (kelompok berpasangan) pada siswa untuk mengamati dan menemukan  jenis-jenis sudut  yang ada dari bentuk benda-benda/bangun-bangun dilingkungan kelas. (eksplorasi/ elaborasi)

2.      Guru memfasilitasi siswa dalam kelompok atau secara individual untuk memunculkan gagasan dari apa yang mereka pelajari baik dari pengamatan maupun dari buku referensi secara kelompok atau individu dalam mengerjakan tugas. (eksplorasi/ elaborasi)

3.      Guru memfasilitasi siswa untuk mempresntasikan hasil temuan melalui pengamatan atau mempelajari dari buku referensi  tentang jenis-jenis sudut secara benar. Pada siswa lain diminta memberikan tanggapan hasil presntasi tersebut, dan guru memberikan arahan serta bimbingan pada jawaban yang benar.(konfirmasi/ elaborasi)

4.      Memberikan umpan balik sebagai penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  maupun suport  terhadap keberhasilan siswa yang telah melakukan pengamatan dengan benar dalam mengidentifikasi jenis-jenis  sudut. (konfirmasi).

5.      Menugasi siswa untuk mengerjakan soal-soal terkait dengan jenis-jenis  sudut  pada buku paket Matematika kelas VII  halaman …. Nomor ….. sebagai latihan untuk mengetahui ketercapaian konsep yang baru saja dipelajari. (Eksplorasi/elaborasi)

6.      Dalam mengerjakan tugas guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah terkait jenis-jenis sudut.  (elaborasi)

 

50’  

Percaya diri, rasa ingin tahu, kerja keras

Tanggung jawab, kreatif dan inovatif, jujur.

Percaya diri, demokratif, menghargai orang lain.

Cinta ilmu, semangat kebangsaan.

Gemar membaca, cinta ilmu, percaya diri, jujur.

Rasa tanggung jawab, mandiri, jujur

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Pend. Karakter
7.      Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dalam menguasai atau memahami tentang berbagai jenis-jenis sudut  atau kurang berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas baik individu maupun kelompok. (elaborasi/konfirmasi) Tanggung jawab, kerja keras, cinta ilmu
Penutup 

1.      Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman simpulan dari materi yang baru saja dipelajari yaitu tentang jenis-jenis sudut

2.      Memberikan tugas latihan soal-soal untuk PR .

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya agar siswa lebih siap menerima materi ajar.

 

 

15’

 

Kreatif, inovatif, cinta ilmu.

Percaya diri, tanggung jawab

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku matematika siswa SMP Kelas VII  (pengarang/ penerbit ……. ), penggaris, busur derajat, model-model segitiga dan benda-benda dilingkungan sekolah yang relefan.

F. Penilaian

Indikator Penilaian

Kompetensi Dasar Indikator Penilaian Teknik Bentuk Instrumen No. Soal
5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut. 1.      Menyatakan kedudukan dua buah garis yang sejajar, berpotongan dan bersilangan dalam masalah kehidupan sehari-hari 

2.      Menggunakan busur derajad untuk mengukur besar sudut lancip, siku-siku dan tumpul.

3.      Menyebutkan jenis-jenis sudut berdasarkan besarnya

Tes Tulis 

Tes Unjuk Kerja

Tes Tulis

Tes Isian 

Tes Identifikasi

Tes Tertulis

2

3

 

Soal Uraian :

…………………..

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Matematika

Sumber: Materi TOT Guru mapel yang diujikan nasional (matematika) di LPMP Jawa Tengah tahun 2010

3 responses

  1. knp y rpp ma silabus berkarakter [EEK] untuk sd susah didownload pa lagi dari kelas 1 -6

    1. mungkin linknya broken pak/bu, maklum numpang di ziddu

  2. makasih pak contoh rppnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: