PETA KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS SMP &SMA

Download:

PETA_KOMPETENSI_BAHASA_INGGRIS_SMP

PETA_KOMPETENSI_BAHASA_INGGRIS_SMA

Sumber: PPPG Bahasa

PETA KOMPETENSI BAHASA GURU INGGRIS SMA

GURU SMA KOMPETENSI JENJANG DASAR JENJANG LANJUT JENJANG MENENGAH JENJANG TINGGI
1. Spesialisasi: 

a. Listening

b. Speaking

c. Reading

d. Writing

e. Grammar

f. Vocabulary

g. Cross Cultural Understanding

 

Kemampuan dasar untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam kehidupan sehari hari sesuai kebutuhan lingkungan (kelas) dengan penguasaan kosa kata (minimal 5000 kata) dan tata bahasa yang sederhana. Kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam kehidupan sehari hari secara interpersonal dalam lingkungan antar sekolah dengan penguasaan kosa kata (minimal 7000 kata) dan tata bahasa yang sederhana. Kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam kehidupan sehari hari secara secara profesional dengan penguasaan kosa kata (minimal 9000 kata) dan tata bahasa yang dapat dipahami oleh penutur asli. Kemampuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan pengetahuan secara profesional dengan penguasaan kosa kata 

minimal 10000 kata dan tata bahasa yang lebih kompleks.

2. Manajemen KBM: 

a. Approaches and Methods

b. Competencies-Based Curriculum

c. Integrated teaching

d. Classroom language

e. Instructional media

f. Communicative activities

 

Kemampuan untuk menggunakan pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam mengelola KBM 

sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

 

Kemampuan untuk menggunakan beragam pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam 

mengelola KBM sesuai dengan konteks lingkungan.

 

Kemampuan untuk menggunakan beragam pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam mengelola KBM mulai dari GTM sampai CTL atau 

pendekatan yang terbaru.

 

Kemampuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan beragam pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam mengelola KBM mulai dari GTM 

sampai CTL atau pendekatan yang terbaru.

 

3. Evaluasi: 

a. Language assessment

b. Authentic assessment

c. English Standard Tests (TOEFL, TOEIC, IELTS)

 

Kemampuan untuk menggunakan instrumen penilaian keberhasilan siswa secara sederhana 

Kemampuan untuk memahami dan mengerjakan TOEIC.

Kemampuan untuk menyusun dan menggunakan alat evaluasi penilaian keberhasilan siswa 

Kemampuan untuk memahami dan mengerjakan TOEFL.

Kemampuan untuk menyusun dan menggunakan alat evaluasi yang otentik 

(Authentic Assessment)

Kemampuan untuk memahami dan mengerjakan IELTS.

Kemampuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan hasil analisis soal dan tindak lanjut. 

Kemampuan untuk menganalisa dan mengkomunikasikan berbagai tes bahasa Inggris standar internasional (TOEIC, TOEFL, IELTS dll)

4. Penelitian danPengembangan 

a. Penulisan Karya Ilmiah

b. Kaji Tindak Kelas (CAR)

 

Kemampuan untuk memahami teori serta konsep penelitian dan penulisan karya ilmiah. Kemampuan untuk mengkaji hasil penelitian dan penulisan karya ilmiah dalam bidang pembelajaran bahasa Kemampuan untuk melaksanakan penelitian bidang pembelajaran bahasa dan mengkomunikasikannya diantara teman sejawat. Kemampuan untuk melaksanakan penelitian bidang pembelajaran bahasa dan mengkomunikasikannya dalam forum/media yang lebih luas (nasional/internasional).
5. Pengembangan Profesi: 

a. Innovation and Creativity

b. CALL (Computer Assisted Language

Learning)

c. Textbook analysis

d. EFL acquisition

 

Kemampuan untuk memahami temuan temuan baru dalam pembelajaran bahasa Inggris dari 

berbagai sumber (cetak dan elektronik).

 

Kemampuan untuk mengkaji dan menganalisis temuan temuan baru dalam 

pembelajaran bahasa Inggris dari berbagai sumber (cetak dan elektronik)..

 

Kemampuan untuk menggunakan temuan temuan baru dalam pembelajaran bahasa Inggris dari berbagai 

sumber (cetak dan elektronik).

Kemampuan untuk mengkaji penggunaan komputer sebagai sarana pembelajaran bahasa Inggris

Kemampuan untuk mengembangkan dan menkomunikasikan temuan temuan baru dalam pembelajaran 

bahasa Inggris melalui beragam media.

Kemampuan untuk menggunakan komputer sebagai sarana pembelajaran bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: