Contoh draft RPP IPS SMP/MTs pola EEK kelas 7

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

SMP/MTs : …………………………………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
Indikator :
  • Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra aksara
  • Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara
  • Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra aksara dan peralatan kehidupan yang digunakan.
  • Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
  • Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dari peninggalan yang ditinggalkannya
Alokasi Waktu : 8 Jam pelajaran (6 x pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :

  1. Mendeskripsikan pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
  1. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia
  2. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

 

B.   Materi Pembelajaran

  1. Pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.
  2. Jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
  3. Perkembangan kehidupan masa para-aksara di Indonesia
  4. Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

 

  1. Metode Pembelajaran
  1. Diskusi.
  2. Inquiri.
  1. Tanya jawab.
  2. Observasi / Pengamatan.
  3. Bermain

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. 1. Pertemuan 1
    1. Pendahuluan
  • Guru menunjukkan gambar/foto tentang kehidupan manusia modern, baik orang, pakaian, pekerjaan, tempat tinggal, peralatan yang digunakan. Guru juga menunjukkan gambar/foto tentang manusia pada zaman kerajaan Majapahit. Guru bertanya jawab dengan siswa apa perbedaan dari gambar tentang manusia modern dengan manusia zaman Majapahit? Apapula perbedaannya dengan manusia zaman pra aksara?
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan inti

–        Siswa secara individu membaca buku sumber tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Eksplorasi)

–        Bertanya jawab secara klasikal tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Elaborasi)

–        Menyimpulkan hasil belajar tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Konfirmasi)

  1. Penutup

–        Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra-aksara di Indonesia.

 

  1. 2. Pertemuan 2
    1. Pendahuluan
  • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  • Bertanya jawab tentang penemuan-penemuan fosil manusia masa pra aksara di Indonesia.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti

–        Siswa secara berkelompok mengamati dan menelaah Atlas Sejarah serta gambar jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara (Eksplorasi)

–        Siswa membuat rangkuman tentang manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. (Elaborasi)

–        Siswa saling melengkapi hasil rangkumannya dari kelompok lain, dan diberi penguatan oleh guru. (Konfirmasi)

 

c. Kegiatan Penutup

–        Refleksi: siswa mengungkapkan pentingnya mempelajari jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara.

–        Tugas: (Kelompok) Membuat kliping tentang jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara

 

3. Pertemuan 3

  1. Pendahuluan
  • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  • Guru bertanya kepada siswa “Jika kalian menulis menggunakan apa? Pada saat ini orang berburu menggunakan alat apa? Pada saat ini jika orang membajak sawah menggunakan apa? Dst.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan inti

–          Siswa mengamati gambar peralatan-peralatan manusia Indonesia pada masa pra aksara yang dibawa guru. Dari gambar tersebut, siswa menelaah buku referensi dan mendiskusikannya di dalam kelompok. (kelompok peralatan pertanian, kelompok peralatan dapur/rumah tangga, kelompok peralatan berburu) (Eksplorasi dan Elaborasi)

–          Siswa mempresentasikan hasil diskusi (Konfirmasi)

–          Siswa menarik kesimpulan tentang perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan yang digunakannya. (Konfirmasi)

–          Guru memberi penguatan

  1. Penutup

–          Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari perkembangan kehidupan masa pra aksara beserta peralatan yang digunakan.

 

  1. 3. Pertemuan 4
    1. Pendahuluan
  • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  • Bertanya jawab tentang penemuan benda-benda yang merupakan peralatan manusia masa pra aksara di Indonesia.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti

–        Siswa secara berkelompok mengamati dan menelaah buku referensi, Atlas Sejarah serta gambar kehidupan manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara  (Eksplorasi dan Elaborasi))

–        Siswa membuat rangkuman tentang peralatan yang digunakan manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. (Elaborasi)

–        Siswa saling melengkapi hasil rangkumannya dari kelompok lain, dan diberi penguatan oleh guru. (Konfirmasi)

 

c. Kegiatan Penutup

–        Refleksi: siswa mengungkapkan pentingnya mempelajari jenis-jenis peralatan yang digunakan manusia Indonesia masa pra aksara.

  1. 4. Pertemuan 5
    1. Pendahuluan

(1)   Mengingatkan kembali pada pembelajaran pada pertemuan yang lalu

(2)   Bermain polisi dan pencuri (polisi menangkap pencuri dari bukti jejak yang ditinggalkannya)

(3)   Menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan inti

–          Siswa secara berkelompok menelaah berbagai buku sumber tentang keberadaan nenek moyang bangsa Indonesia mulai dari Yunani sampai ke Nusantara. (Eksplorasi dan Elaborasi)

–          Siswa mempresentasikan hasil diskusi. Dari hasil presentasi siswa saling melengkapi resume dan peta persebaran nenek moyang bangsa Indonesia (Elaborasi dan Konfirmasi)

–          Guru memberi penguatan

  1. Penutup

–          Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

 

4. Pertemuan 6 : ULANGAN HARIAN

E.   Sumber dan Media Pembelajaran

1. Buku sumber yang relevan

2. Atlas Sejarah

3. Resume dari Museum Purbakala

4. Gambar/Foto Situs sejarahGambar/foto peralatan peninggalan manusia Indonesia masa pra aksara

 

F.  Penilaian

  1. Teknik Penilaian:
    1. Tes Tulis.
    2. Tugas kliping, resume dan peta
    3. Soal/instrumen:

Tes uraian :

(i)               Apa yang dimaksud masa pasa pra aksara?

(ii)             Sebutkan kurun waktu masa pra aksara!

(iii)            Sebutkan jenis-jenis manusia Indonesia masa pra aksara!

(iv)           Apa ciri-ciri jenis manusia megantropus?

(v)             Ceritakan perkembangan kehidupan masa pra aksara beserta peralatan yang digunakannya!

(vi)           Jelaskan perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?

(vii)          Tunjukkan mana yang disebut dengan kapak batu!

(viii)        Ceritakan kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari bukti-bukti yang ditinggalkannya!

 

Tugas kliping :

Buatlah kliping tentang jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara.

Tugas Diskusi dan Resume 1:

(Kelompok I) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan pertanian pada masa pra aksara beserta peralatan yang digunakannya, (Kelompok II) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan berburu pada masa pra aksara, (Kelompok III) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan rumah tangga dan sosial budaya serta peralatan yang digunakannya.

Tugas Diskusi dan Resume 2:

Dari bukti yang ada, lacaklah keberadaan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunani sampai ke Nusantara

 

Rubrik penilaian:

  1. Rubrik Kliping
No Nama Kesesuaian Topik Kerapian Ketepatan Waktu Mengumpulkan Tugas Rata-Rata
           
           
           
           
           
           
           

 

 

Sumber: Panduan Pengembangan Silabus dan RPP MTs

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rubrik Diskusi

 

No Nama Keberanian mengemukakan pendapat Kerjasama dalam kelom-pok Keseriusan dalam berdiskusi Rata-Rata
           
           
           
           
           
           
           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rubrik hasil Resume
No Nama Kelengkapan Resume Kesesuaian Topik Resume Ketepatan Waktu Mengumpulkan Tugas Rata-Rata
           
           
           
           
           
           
           

 

 


 

3 responses

  1. gak seruuu :p
    gak ada gambarnya :p

  2. mhn maaf pak,bukannya sblm pola EEK pd kalimat akhir dicantumkan kata2 yg berkarakter?

    1. he he he, RPP yang ditampilkan itu disusun tahu 2010 bu…yang terbaru seperti yang anda jelaskan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: