Contoh draft RPP EEK SMA Mapel bahasa Inggris kelas X sem 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            :B.Inggris

Kelas/Semester            : X /1

Pertemuan ke              : 9

Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer

 

Kompetensi Dasar

Memahami dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei secara akurat,lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount

Indikator

  1. Mengidentifikasi makna dalam teks recount
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengidentifikasi  makna dalam teks recount
    • Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana:recount

  1. Materi Pokok

Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount

Johnny Ramone Died

LOS ANGELES. Jhonny Ramone, a guitarist and cofounder of the seminal punk band ‘The Ramones’ died. He was 55. Ramone died in his sleep on Wednesday afternoon at his Los Angeles home surrounded by friends and family. He had battle against prostate cancer for five years and was hospitalized in June at Cedars-Sinai Medical Center. Ramone,born Jhonny Cuming, was one of the original members of ‘The Ramones’, whose hit songs I Wanna Be Sedated and Blitzkrieg Bop,among others, reached the Rock and Roll Hall of Fame in 2002. Jhonny Ramone founded ‘The Ramones’ in 1974  with Joey Ramone, Dee Dee Ramone and Tommy Ramone, the only surviving member of the original band.

 

 

  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan

Kegiatan pendahuluan

–          Menyiapkan perlengkapan pembelajaran

–          Memberikan salam

–          Mengecek kehadiran siswa

–          Memberi motivasi siswa

    • Kegiatan Eksplorasi (10’)

Siswa mendengar dan melafalkan beberapa kata

  • Kegiatan Elaborasi (70’)
    • Siswa membaca teks tulis recount dan melengkapi dengan kata yang sesuai
    • Siswa membaca teks recount berikutnya, yang beruipa profil orang terkenal.
    • Siswa melengkapi teks recount berikutnya dengan bentuk kata kerja past form
    • Siswa melafalkan beberapa kata yang berasal dari teks recount yang dibaca.
    • Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
  • Kegiatan Konfirmasi (10’)
    • Siswa mendapat tugas menulis tokoh idola mereka.
    • Siswa menyimpulkan pentingnya penggunaan kata kerja

past-form pada teks recount.

Kegiatan Penutup

–          Bersama-sama dengan siswa menyimpulkan topik pembelajaran

–          Memberikan tugas tindak lanjut

 

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 1 (Hal.18-21)
  • BSE(Interlanguage English for Senior High School Students X)
  • Kamus

 

  1. Penilaian
  • Teknik: Tugas
  • Bentuk: latihan tertulis

…………………….,……………2010

 

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

 

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: