Contoh draft RPP Berkarakter SMP Mapel TIK kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1-1)

Nomor : 1.1/VIII/1

SMP/MTs : SMP ……………….
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK
Kelas/Semester : VIII (delapan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi menu dan icon pada perangkat lunak pengolah kata
Alokasi Waktu : 2 x 40

  1. A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menunjukkan letak menu bar yang terdapat dalam tampilan ms.word dengan cermat.
  2. Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam menu bar dengan berfikir logis.
  3. Menunjukkan letak standar toolbar pada tampilan ms.word dengan cermat.
  4. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang icon yang terdapat dalam standar toolbar dengan berfikir logis.
  5. Menunjukkan letak formatting toolbar pada tampilan ms.word dengan cermat.
  6. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang icon yang terdapat dalam formatting toolbar dengan berfikir logis.
  7. Menunjukkan letak drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan cermat.
  8. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang icon yang terdapat dalam drawing toolbar dengan berfikir logis.

 

  1. B. Materi Pembelajaran

Tampilan menu dan icon

  • Tampilan menu pada menu bar
  • Tampilan icon pada standar toolbar
  • Tampilan icon pada formating toolbar
  • Tampilan icon pada menu toolbar
  1. C. Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan

 

 

–        Memotivasi siswa tentang fungsi ms.word sebagai program pengolah kata melalui tanya jawab dengan santun dan demokratis.

–        Memahami prinsip kerja dan fungsi program ms.word

–        Menyampaikan tujuan pembelajaran 1 sampai 8

2.  Kegiatan Inti –        Guru menerapkan metode pembelajaran langsung pada kegiatan mengidentifikasi tampilan menu dan icon aplikasi program ms.word

–        Siswa mengamati tampilan menu dan icon pada perangkat lunak pengolah kata  dengan cermat dan berhati-hati

–        Siswa menemukan nama menu dan icon pada menu bar, standar menu formatting menu dan drawing menu dengan penuh ketelitian dan tanggung jawab.

 

3.  Kegiatan Penutup –        Guru melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

–        Secara bersama-sama menarik kesimpulan tentang hasil identifikasi menu dan icon yang terdapat dalam program pengolah kata

  1. E. Sumber Belajar

Komputer, buku paket,lembar kerja

 

  1. F. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • Mengidentifikasi tampilan menu bar dengan cermat / teliti

 

  • Mengidentifikasi menu dan icon pada standar menu dengan cermat / teliti

 

 

  • Mengidentifikasi menu dan icon pada formatting menu dengan cermat / teliti

 

  • Mengindentifikasi menu dan icon pada drawing menu dengan cermat / teliti

Unjuk kerja

 

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

Unjuk kerja

Lembar observasi

 

 

 

Lembar observasi

 

 

 

 

 

Lembar observasi

 

 

 

 

Lembar observasi

  1. tunjukkan menu bar pada jendela    word !

 

 

 

 

  1. tunjukkan kumpulan icon toolbar standar !

 

 

 

 

 

 

  1. tunjukkan kumpulan icon toolbar formatting !

 

 

 

 

 

  1. tunjukkan kumpulan icon toolbar drawing !

 

 

 

 

 

 

 

Berilah tanda centang pada nomor kolom di bawah !

Aspek yang dinilai

SKALA KUANTITATIF

Nilai :

(jml  /8) x 100

2 1 0
1. Menunjukkan menu bar        
2. Menunjukkan standar toolbar      
3. Menunjukkan formatting toolbar      
4. Menunjukkan drawing toolbar      
Jumlah      

 

 

Keterangan :

2          =       Jawaban Cepat dan tepat

1          =       Jawaban Tepat

0          =       Jawaban salah

 

 

Yoyakarata, ……………… 2010

Mengetahui:

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: