Contoh draft RPP berkarakter SMP Mapel Fisika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         :     SMP

Mata Pelajaran                :     IPA

Kelas/Semester               :     VIII/1 & 2

Alokasi Waktu                 :     5 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI

1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

5.  Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

 

KOMPETENSI DASAR

1.6    Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hu­bungan­­nya dengan kesehatan

5.5    Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapan­nya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I:

Siswa diharapkan dapat:

  1. menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan dan hubungan faktor-faktor tersebut terhadap tekanan, melalui percobaan.
  2. memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan tekanan, gaya, dan luas permukaan.
  3. berpikir logis dan kritis
  4. menghargai keberagaman

 

Pertemuan II:

Siswa diharapkan dapat:

  1. menjelaskan penerapan prinsip Pascal dalam kehidupan sehari-hari
  2. menjelaskan komponen penyusun sistem peredaran darah.
  3. mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada pembuluh darah
  4. mengidentifikasi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah
  5. mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan hidup untuk mencegah penyakit tekanan  darah tinggi/hipertensi.
  6. berpikir logis dan kritis
  7. menghargai keberagaman
  8. bergaya hidup sehat

 

B.  Materi Pembelajaran

  1. Tekanan
  2. Sistem Peredaran darah

Materi di atas dipadukan dalam pembelajaran melalui tema HIPERTENSI

C. Metode Pembelajaran :  –     Diskusi-Tanya Jawab

–     Percobaan/Eksperimen

Model Pembelajaran :        Kooperatif

 

D. Sumber Belajar

a.   Buku Siswa

b.   Internet

 

E.   Alat/Bahan

a.   Balok kayu

b.   Tepung dan wadahnya

c.   Mistar

d.   Selang plastik

b.   Air yang memancar dari kran

F.   Kegiatan Belajar Mengajar

Pertemuan I (2 x 40 menit)

  1. a. Pendahuluan (10 menit)

1)    Siswa mempresentasikan hasil tugas wawancara tentang penyakit hipertensi (Pada pertemuan sebelumnya, siswa diminta melakukan wawancara kepada dokter, keluarga, atau tetangga).

2)    Guru menyampaikan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai.

  1. b. Kegiatan Inti (60 menit)

1)    Semua siswa mengukur jumlah denyut nadinya  permenit dengan cara memegang nadi pada pergelangan tangan.

2)    Beberapa siswa menyebutkan jumlah denyut nadinya kemudian didiskusikan. Agar bervariasi sebaiknya dipilih siswa dengan jenis kelamin dan postur tubuh berbeda-beda.

3)    Siswa menjelaskan mengapa ketika pembuluh nadi dipegang terasa berdenyut?

4)    Siswa melakukan Kegiatan Penyelidikan secara kelompok.

5)    Beberapa kelompok mempresentasikan hasil kegiatannya, dan kelompok lain memberikan tanggapannya. Di akhir diskusi guru memantapkan hubungan yang benar antara tekanan, gaya, dan luas permukaan.

6)    Untuk memantapkan konsep tekanan, siswa menyelesaikan soal latihan pada Buku Siswa halaman 3.

7)    Siswa mendiskusikan bagaimana fluida dapat menimbulkan tekanan, dengan mengacu pada uraian BS halaman 3-4.

  1. c. Penutup (10 menit)

1)    Siswa menyimpulkan konsep tekanan dan besaran fisis lain yang mempenga­ruhinya

2)    Guru memberi penghargaan pada siswa yang kinerjanya bagus.

 


Pertemuan II (2 x 40 menit)

 

a.   Pendahuluan (5 menit)

1)    Siswa mengamati demonstrasi botol plastik berlubang 2 atau 3 diisi dengan air, kemudian botol ditekan

2)    Guru menyampaikan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai.

 

b.   Kegiatan Inti (15 menit)

1)    Mendiskusikan hasil demonstrasi, bahwa fluida bila memperoleh tekanan, maka tekanan tersebut diteruskan ke segala arah sama besar (prinsip Pascal).

2)    Siswa mendeskripsikan sistem kerja jantung dengan mengerjakan Lab Mini 1

3)    Siswa membaca buku siswa halaman 6-9 untuk menemukan organ-organ yang bertugas mengalirkan darah keseluruh tubuh.

4)    Siswa di luar kelas mendemonstrasikan Lab Mini 2. Berdasarkan hasil kegiatan Lab Mini 2, siswa menghubungkan antara hasil kegiatan Lab Mini 2 dengan terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5)    Siswa mendiskusikan kembali hasil wawancaranya untuk menja­wab pertanyaan: “Apa yang menyebabkan terjadinya penyempitan pem­buluh darah?”

6)    Siswa mencari artikel dari mass media (majalah, koran) dan internet tentang kebiasaan-kebiasaan hidup yang harus dilakukan untuk mence­gah penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi.

 

  1. Penutup (10 menit)

1)    Siswa menyimpulkan: (a) organ-organ penyusun sistem peredaran darah dan kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah; (b) konsep tekanan dan faktor yang mempengaruhi.

2)    Guru memberi penghargaan pada siswa yang kinerjanya bagus.

 

Pertemuan III (1 x 45 menit)

Ulangan Bab Tekanan Darah, menggunakan instrumen penilaian produk LP-2

 

G. Penilaian

Teknik       :     Penilaian Kinerja (LP-1)

Penilaian Produk (LP-2)

 

Kisi-kisi dan instrumen penilaian sebagai berikut.


No Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 Berpikir logis dan kritis untuk menemukan hubungan antara tekanan, gaya, dan luas permukaan  

Observasi

 

Lembar Obser-vasi LP-1
2 Menentukan besarnya tekanan, gaya, atau luas permukaan Tes tulis

 

PG dan

uraian

LP-2 (1) LP-2 (2)
3 Mendeskripsikan penjelsan logis penerapkan prinsip Pascal pada proses kerja jantung Tes tulis Uraian LP-2 (3)
4 Menyebutkan komponen penyusun sistem peredaran darah beserta ciri-cirinya. Tes tulis

 

PG LP-2 (4)

LP-2 (5)

LP-2 (6)

5 Mengidentifikasi penyakit yang terjadi pada sistem pere­daran darah. Tes tulis

 

PG LP-2 (7)
6 Menjelaskan penyebab terjadinya penyakit hipertensi Tes tulis Uraian LP-2 (8)
7 Menyebutkan gaya hidup sehat untuk mencegah dan menga­tasi hipertensi Tes tulis Uraian LP-2 (9)
8 Menilai diri dalam kegiatan diskusi Penilaian Diri Lembar Penilaian Diri LP-3

 

 

Instrumen:

 

LP-1.   Lembar observasi untuk menilai kinerja sswa ketika melakukan Kegiatan Penyelidikan “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tekanan”.

 

No Aspek yang dinilai Dilakukan Tidak dilakukan
1 Mengubah-ubah berat benda    
2 Mengubah-ubah luasan balok yang menyentuh tepung    
3 Mengukur kedalaman jejak dengan cermat    
4 Menemukan hubungan yang benar antara tekanan, gaya, dan luasan permukaan    

 

 


LP-2:

 

1.   Perhatikan gambar benda P, Q, R, dan S di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bila massa keempat benda tersebut sama dan permukaan alas benda-benda tersebut berbentuk bujur sangkar, benda yang memberikan tekanan paling besar pada lantai adalah …

  1. P
  2. Q
  3. R
  4. S

 

2.   Suatu penyangga hanya mampu menahan tekanan maksimum 10 kPa. Bila luas permu­ka­an penyangga tersebut 200 cm2 dan percepatan gravitasi 10 m/s2, berapakah massa maksimum yang boleh diletakkan di atas penyangga tersebut?

 

3.   Perhatikan bagan jantung di samping. Berdasarkan prin­sip Pascal, jelaskan ba­gai­ma­na jantung memom­­pa darah dari serambi menuju bilik kemudian masuk ke pembu­luh darah sehingga terjadi aliran satu arah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.   Komponen penyusun sistem peredaran darah adalah ….

  1. darah, jantung, dan pembuluh darah
  2. hati, darah, dan jantung
  3. paru-paru, jantung, dan pembuluh darah
  4. hati, paru-paru, dan jantung

 

5.   Klep atau katup jantung adalah lembaran yang mempertahankan agar darah mengalir dalam satu arah. Di antara pernyataan di bawah ini, pernyataan yang benar adalah …

  1. Klep antara serambi kiri dan bilik kiri disebut valvula bikusipidalis (klep dua daun)
  2. Klep antara serambi kiri  dan bilik kanan disebut valvula trikuspidalis (klep tiga daun).
  3. Klep antara serambi kanan dan bilik kanan disebut valvula bikuspidalis (klep dua daun).
  4. Klep lain terdapat di antara ventrikel dan arterinya yang disebut valvula bikuspidalis.

 

 

  1. Manakah yang benar tentang pembuluh darah berikut ini

 

Pilihan Arteri Vena
A. berdinding tebal dan berotot. mempunyai klep satu arah untuk mempertahankan arah aliran.
B. Mempunyai klep dua arah untuk mempertahankan arah aliran. membawa darah dengan tekanan tinggi
C. membawa darah dengan tekanan rendah membawa darah keluar dan menjauhi jantung
D. bentuknya agak pipih berdinding lebih tipis

 

 

7.   Kelainan atau penyakit yang terjadi pada pembuluh darah adalah  ….

  1. anemia
  2. hipertensi
  3. haemofili
  4. demam berdarah

 

8.  Apa yang menyebabkan  terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi? Jelaskan!

 

9.   Tuliskan 2 (dua) kebiasaan hidup yang harus dilakukan agar kita terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi!

 

 

 

Kunci/Pedoman Penskoran:

 

1. A                  4. A                  5.A                   6.A                   7. B

 

Skor setiap soal = 5

 

 

 

 

2.

 

Jawaban Skor
P = 10 kPa = 10.000 N/m2

A = 200 cm2 = 0,02 m2

6
F = P.A = 10.000 N/m2 x  0,02 m2  = 200 N 7
F = W = m.g atau m = = 20 kg 7

 

 

3.

Jawaban Skor
  1. Ketika serambi memompa klep antara serambi dan bilik terbuka, sehingga darah mengalir dari serambi ke bilik
  2. Ketika bilik memompa, klep antara serambi dan bilik tertutup sedangkan klep pembuluh terbuka, sehingga darah tidak kembali ke serambi tetapi mengalir ke pembuluh
 
Menjelaskan salah satu saja 10
Menjelaskan dua-duanya 20

 

8.

 

Jawaban Skor
Karena terjadi penyempitan pembuluh darah.

Ketika pembuluh darah menyempit, gaya persatuan luas (tekanan) menjadi lebih besar.

 
Hanya menjawab penyempitan pembuluh darah 10
Bila dilengkapi penjelasan 20

 

 

9.

Jawaban Skor
  • Berolah raga secara teratur
  • Menghindari makan makanan berlemak.
15
Menjawab salah satu saja 7,5

 

 

LP-3:

 

 

Instrumen Penilaian Diri (Self Assessment)

Partisipasi dalam Diskusi

 

 

 

Nama                 : —————————————————–

Tema Diskusi     : —————————————————–

 

 

  • Isilah pernyataan berikut dengan jujur.
  • Untuk setiap pernyataan di bawah ini, isikan angka 1, 2, 3, atau 4 pada tempat yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:

4    :     selalu

3    :     sering

2    :     kadang-kadang

1    :     tidak pernah

 

 

——–     Saya mendengarkan ketika ada siswa lain menyampaikan pendapat

——–     Saya memberikan komentar bila pendapat siswa lain berbeda dengan pendapat saya

——–     Saya bertanya, ketika saya tidak memahami sesuatu

——–     Saya mengusulkan ide

——–     Saya menerima pendapat, ide, atau komentar lain yang lebih baik atau benar, meskipun pendapat tersebut berbeda dengan pendapat saya

——–     Saya berperilaku tidak relevan

 

Usulan saya agar diskusi berikutnya lebih baik:

 

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

sumber: eduzona

 

 

One response

  1. trims pak izin copas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: