Contoh draf RPP Berkarakter SMP Mapel IPS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Satuan Pendidikan : SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VIII / 1
Tema : Kondisi Fisik dan Penduduk Indonesia
Standar Kompetensi : Standar Kompetensi :

1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk

2. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

3. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.

Kompetensi Dasar : 1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

1.4Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan

4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial

Alokasi Waktu : 16 x 40 menit (6 x pertemuan)

 

  1. A. Indikator

1.1.1        Menunjukkan letak Indonesia yang strategis sebagai anugerah ALLAH

1.1.2        Mendeskripsikan dampak dari letak Indonesia

1.4.1.   Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas).

1.4.2.   Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

4.1.1        Mendeskripsikan  arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan

4.1.2        Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan dan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan

6.1.1    Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan social

 

  1. B. Tujuan pembelajaran.

 

  • Dengan mengamati peta, siswa dapat menunjukkan letak Indonesia yang strategis sebagai anugerah ALLAH
  • Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan secara logis kepada teman-teman, tentang dampak dari letak Indonesia
  • Melalui diskusi, siswa dapat membuat peta konsep tentang permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas) dan mempresentasikan di depan kelas dengan percaya diri
  • Melalui kegiatan mencari berita/artikel dan menyusun kliping secara berkelompok, siswa dapat mendeskripsikan tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
  • Melalui tanya jawab antar teman, siswa dapat mendeskripsikan kelangkaan dan faktor faktor  penyebab terjadinya  kelangkaan serta cara  mengatasinya
  • Melalui diskusi siswa dapat mendeskripsikan usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan dan memanfaatkan sumber daya yang langka dengan memperhatikan kepedulian terhadap sosial dan lingkungan.
  • Melalui pengamatan gambar-gambar dan diskusi siswa dapat mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk hubungan sosial sesuai dengan norma yang berlaku

 

  1. C. Materi Pembelajaran.

 

  • Letak Indonesia (letak astronomis dan posisi geografis)
  • Dampak letak Indonesia
  • Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).
  • Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan
  • Kelangkaan sumber daya ekonomi, factor-faktor penyebabnya
  • Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan memanfaatkan sumber daya yang langka.
  • Bentuk-bentuk hubungan sosial.

 

  1. D. Metode

Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan Active Learning dengan metode diskusi, Tanya jawab, dan pengamatan.

  1. E. Langkah-langkah kegiatan
  1. PERTEMUAN 1

a.   Pendahuluan

  • Guru mempersiapkan siswa untuk belajar (menyapa, mengabsen)
  • Guru memberikan motivasi tentang kekayaan Indonesia dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Kolam Susu”. (lagu dari koes plus), dan menjelaskan makna lagu.
  • Guru menginformasikan tujuan dan kegiatan belajar hari itu dan menetapkan aturan main.
  1. Kegiatan Inti
    1. Siswa dibagi dalam kelompok – kelompok kecil
    2. Setiap kelompok diminta mengkaji sumber belajar dan berdiskusi tentang materi
    3. Dari hasil diskusi, secara individu siswa diminta membuat peta konsep tentang materi
    4. Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempresentasikan peta konsep yang telah dibuatnya.
    5. Kelompok diberi kesempatan untuk menanggapi dan memberi pertanyaan terhadap kelompok yang tampil.
    6. Guru memimbing diskusi kelas untuk mengklarifikasi materi

 

c.    Penutup

  • Guru meminta beberapa siswa untuk mngklarifiksi
    • Guru memberi tugas rumah secara individu untuk membuat tulisan dengan tema “KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN LETAK INDONESIA”

 

  1. PERTEMUAN 2

a.   Pendahuluan

  • Guru mempersiapkan siswa untuk belajar (menyapa, mengabsen)
  • Guru melakukan apersepi tentang letak Indonesia
  • Guru memberikan motivasi bahwa letak Indonesia yang menguntungkan harus didukung dengan sumber daya manusia (penduduk) yang bagus pula.
  • Guru menginformasikan tujuan dan kegiatan belajar hari itu dan menetapkan aturan main.
  1. Kegiatan Inti
    1. Siswa dibagi dalam kelompok kecil
      1. Setiap kelompok mengkaji materi dan membahas hal-hal pokok tentang materi
      2. Secara Individu siswa membuat peta konsep tentang materi.
      3. Guru menunjuk beberapa perwakilan siswa untuk mempresentasikan peta konsep yang dibuatnya
      4. Guru memimbing diskusi kelas untuk mengklarifikasi materi

 

c.    Penutup

1. Guru memberi informasi tentang kegiatan belajar yang akan datang, yaitu menyusun kliping tentang dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan secara berkelompok. Guru melakukan pembagian tugas untuk berita/artikel/gambar yang relevan

Dst…..

 

E. Sumber dan Media Pembelajaran

  1. Sanusi Fattah, Ilmu Pengetahuan Sosial VIII, Pusat Perbukuan, Depdiknas
  2. Sugiharsono, CTL IPS VIII, Pusat Perbukuan, Depdiknas
  3. Peta dan atlas
  4. Gambar-gambar bentuk hubungan social
  5. Gambar-gambar sumber daya alam
  6. Artikel- artikel tentang permasalahan sosial

 

F.   Penilaian

  1. Teknik Penilaian:

Tes tulis               :      dengan instrument soal uraian, soal pilihan ganda, rubrik

Non tes                :      lembar observasi diskusi, penilaian terhadap produk (peta konsep dan kliping)

 

Sidoarjo, …………………………. 2010

Mengetahui,  
Kepala SMP Negeri …………….. Guru Mata Pelajaran IPS
   

 

 

 

( ……………………………………. )

NIP. ………………………….

( ……………………………………. )

NIP. ………………………….

 

 

 

LAMPIRAN :

 

RUBRIK PENILAIAN AKTIFITAS DISKUSI :

 

No Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3 4 5
1                
2                
3                
4                
5                

 

Keterangan Aspek yang dinilai                                                     Skors Maksimal

  1. Partisipasi dalam kelompok                                                                3
  2. Kualitas hasil diskusi                                                                          3
  3. Cara penyampaian hasil diskusi                                                          4
  4. Cara menanggapi                                                                                5
  5. Hasil akhir                                                                                           5

____________

Jumlah skors maksimal                                                                              20

Nilai = Skors Perolehan x 5

 

 

 

FORMAT PENILAIAN PETA KONSEP

 

NO NAMA KELENGKAPAN KETEPATAN ISI PENAMPILAN Jml perolehan Nilai
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
                               
                               
                               

 

NILAI            = Jumlah skor yang dicapai : skor maksimal

FORMAT PENILAIAN KLIPING

 

NO NAMA KERAGAMAN BAHAN ISI PENAMPILAN Jml perolehan Nilai
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
                               
                               
                               

 

NILAI            = Jumlah skor yang dicapai : skor maksimal

 

sumber : eduzona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: