Contoh Draft RPP IPS SD/MI kelas 6 pola EEK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

NO : 1

 

Sekolah              :

Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester  : VI / I

Waktu                : 2 X Pertemuan (6 jam pel)

 

A.  STANDAR KOMPETENSI

1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia ,kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara,serta benua-benua.

 

  1. KOMPETENSI DASAR

1.1.  Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.

 

C.  INDIKATOR

Pertemuan I

1.1.1. Menjelaskan perkembangan jumlah propinsi di Indonesia.

Pertemuan II

1.1.2. Menunjukkan letak dan nama propinsi pada peta Indonesia

 

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat meyebutkan nama dan jumlah propinsi sejak kemerdekaan sampai dengan sekarang

Peretmuan II

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat:

Menyebutkan nama proinsi pada peta buta Indonesia

Menujukkan letak propinsi pada peta

 

E.   MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Nama propinsi tahun 1945-1949,pemekaran propinsi pada tahun 1950-1966, perkem bangan propinsi yahun 1999-sekarang.

Pertemuan II

Nama-nama propinsi di Indonesia pada peta Indonesia

 

F.   METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

1. Metode                    : Ceramah ,demonstrasi,diskusi ,tanya jawab ,tugas

2. Model pembelajaran: Metode bervariasi

 

G.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan I

No Kegiatan Waktu Metode
1 Pendahuluan

Apersepsi

Tanya jawab tentang penjajahan Belanda,nama-nama propinsi

Menjelaskan tujuan pembelajaran

15 menit Tanya jawab
2 Kegiatan Int

a.Eksplorasi

Siswa dibagi menjadi ……kelompok,tiap kelompok mencari informasi tentang tentang wilayah Indonesia pada peta dan atlas.

Tiap kelompok melaporkan hasil kerja untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain.

Guru menyampaikan materi melalui media gambar-gambar,peta.

b.Elaborasi

Penugasan membuat tabel perkembangan wilayah propinsi.

Wakil kelompok membacakan hasil kerja kelompok

Membuat kesimpulan

c.Konfirmasi

Guru memberi penghargaan kepada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan.

Guru memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum memahami materi

60 menit  

Tugas

 

 

 

Ceramah

3 Penutup

1. Evaluasi dan penilaian

2. Refleksi : Pemajangan hasil kerja kelompok

30 menit Tugas

 

 

Pertemuan II

 

No Kegiatan Waktu Metode
1 Pendahuluan

Apersepsi

Tanya jawab tentang perubahan jumlah propinsi di Indonesia

Menjelaskan tujuan pembelajaran

 

15 menit Tanya jawab
2 Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

Siswa dibagi menjadi ….. kelompok,tiap kelompok mmenyebut kan nama-nama propinsi

Tiap kelompok melaporkan hasil kerja untuk mendapat tangga pan dari kelompok lain.

Guru menyampaikan materi melalui media peta Indonesia

b. Elaborasi

Penugasan menyebutkan nama propinsi pada peta Indonesia

Wakil kelompok membacakan hasil kerja kelompok

Siswa merevisi hasil kerja

c. Konfirmasi

Guru memberi penghargaan kepada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan.

Guru memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum memahami materi

 

60 menit  

Diskusi

 

 

 

Ceramah

 

 

 

 

Tanya jawab

3 Penutup

1. Evaluasi dan penilaian

2. Refleksi : Pemajangan hasil kerja kelompok

 

30 menit Tugas

 

H.  SUMBER BELAJAR

1.Buku IPS bse depdiknas kl 6 hal 1-3

2.Atlas

3.Peta Indonesia

 

I.    PENILAIAN

1. Teknik Penilaian :

a. tes tertulis

b. tes proses

2. Bentuk instrumen:

a. tes obyektif

b. tes subyektif

3. Instrumen

 

Pertemuan I

Isilah dengan jawaban yang tepat !

1. Awal kemerdekaan jumlah propinsi di indonesia adalah…propinsi.

2. PBB menyerahkan Irian Barat ke Indonesia pada tahun….

3. Jumlah pulau-pulau di Indonesia ….

4. Pada tahun 1960 Provinsi Sulawesi dipecah menjadi dua yaitu….

5. Provinsi yang keluar dari NKRI yaitu…

6. Jumlah provinsi di Indonesia sekarang ialah….

7. Jumlah provinsi di pulau jawa ….

8. Provinsi Bali,NTB,NTT sebelumnya bernama provinsi….

9. Belanda mengakui negara Indonesia dalam konferensi….

10.Sampai dengan tahun 1950 pulau Sumatra hanya satu Provinsi yaitu provinsi….

 

Kunci jawaban

1. delapan                                            6. 33

2. 1963                                                7. 6

3. 17.506                                             8. Sunda kecil

4. Sulawesi Utara dan Selatan               9. Meja Bundar

5. Timor Timur                                   10. Sumatra

 

Skor nilai: Jawaban betul X 100

 

Pertemuan II

Gambarlah peta Jawa tengah dan berilah nama dan batas provinsi !

Skor nilai 40 – 100

 

Mengetahui,                                                                              ………………………

Kepala ……….                                                                          Guru Kelas

 

Draf  RPP ini belum sempurna, silahkan dicermati dan dikritisi.

 

———————                                                                             ——————–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: