Draft RPP Hadist MTs belum EEK

Contoh gratis, silahkan didownload:

RPP Hadist MTs kelas 1 sem 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Madrasah                          :  ……………………………………………….

Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Hadist

Kelas                                  :  VII / 1

Standar Kompetensi      :  1.      Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup

Kompetensi Dasar          :  1.1    Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Hadist

Alokasi Waktu                  : 4 x 40 menit

 

  1. A. Tujuan Pembelajaran
  • Mendiskusikan fungsi Al-quran dan Hadist
  • Membuat peta konsep
  • Menentukan statemen tentang sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
  1. B. Materi Pembelajaran
  • Pengertian Al-Qur’an
  • Fungsi Al-Qur’an
  • Pengertian Hadist
  • Fungsi Hadist
  • Perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadist


  1. C. Metode Pembelajaran
  • Peta konsep
  • Diskusi
  • Tanya jawab
  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü           Kegiatan Pendahuluan

  • Siswa melakukan tanya jawab tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
    • Guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup

Ü           Kegiatan Inti

  • Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
  • Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
  • Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
  • Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
  • Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
  • Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
  • Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik

Ü           Kegiatan Penutup

  • Memberikan refleksi pada siswa

–         Apakah pembelajarannya menarik

–         Materi apa yang telah kita bincangkan

  • Guru mengajukan pertanyaan ulang seputar Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
  1. E. Media/ Sumber Belajar
  • Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas 7
  • Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
  • Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII
  • Lembar penilaian
  • Lembar pengamatan
  1. F. Instrumen

Buatlah peta konsep tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup!

  1. G. Penilaian 1

 

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
  • Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
Tes Tulis Uraian
  • Jelaskan pengertian  Al-Quran
  • Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
Tulis Tulis Uraian
  • Jelaskan fungsi  Al-Quran
  • Menjelaskan pengertian Hadistt
Tes Tulis Uraian
  • Jelaskan pengertian hadist
  • Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
Tes Tulis Uraian
  • Jelaskan fungsi  hadist
  • Membedakan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
Tugas kelompok Tugas kelompok
  • Jelaskan perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
  • Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
Skala sikap Uraian
  • Bagimana Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup


  1. H. Penilaian 2

Aspek Yang Dinilai Skor
1 2 3
Ketepatan peta konsep tentang pengertian Al Quran      
Ketepatan peta konsep tentang fungsi Al Quran      
Ketepatan peta konsep tentang pengertian Hadist      
Ketepatan peta konsep tentang fungsi Hadist      

Keterangan Skor :

1 : Kurang

2 : Cukup

3 : Baik

 


  1. I. Penilaian 3

Nama Kelompok Keindahan Peta Konsep Kelengkapan Peta Konsep Kerapihan Peta Konsep Skor Nilai
1 2 3 1 2 3 1 2 3
 

 

 

 

 

                     

 

Nilai =  skor yang dicapai   x 100

skor maksimal (9)


  1. J. RubRik Penilaian Diskusi

 

Nama             :

Kelompok     :

Kelas             :

 

No Aspek Penilaian Indikator Deskriptor Skor Tema Guru Total Skor Nilai
  Penalaran Komunikasi lesan
  • Komunikatif
  • Ketepatan Jawaban
1

1

       
Komunikasi tulis
  • Mudah dipahami
  • Ketepatan Jawaban
1

 

2

       

 

Mengetahui

Kepala Madrasah

…………………………………….

NIP.

  ………….. , ………………………….

Guru Bidang Studi Qur’an Hadits

……………………………………

NIP.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

 

Madrasah                          :  ……………………………………………….

Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Hadist

Kelas                                  :  VII / 1

Standar Kompetensi      :  1.      Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup

Kompetensi Dasar          :  1.2    Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist

Alokasi Waktu                  : 4 x 40 menit

 

  1. A. Tujuan Pembelajaran
  • Mendiskusikan cara memfungsikan Al-Qur’an
  • Mendiskusikan cara memfungsikan Hadist
  • Tanya jawab tentang memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
  1. B. Materi Pembelajaran
  • Cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
  • Perbandingan fungsi Al-Qur’an dan Hadist
  1. C. Metode Pembelajaran
  • Peta konsep
  • Diskusi
  • Tanya jawab


  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Ü           Kegiatan Pendahuluan

  • Siswa melakukan tanya jawab tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
    • Guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup

Ü           Kegiatan Inti

  • Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
  • Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
  • Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
  • Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
  • Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
  • Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
  • Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik

Ü           Kegiatan Penutup

  • Memberikan refleksi pada siswa

–         Apakah pembelajarannya menarik

–         Materi apa yang telah kita bincangkan

  • Guru mengajukan pertanyaan ulang seputar Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
  1. E. Media/ Sumber Belajar
  • Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas VII
  • Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
  • Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII
  • Lembar penilaian
  • Lembar pengamatan
  1. F. Instrumen

Buatlah peta konsep tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup!

  1. G. Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
  • Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an
Tes Tulis Uraian
  • jelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an ?
  • Menunjukkan cara memfungsikan Hadistt
Tulis Tulis Uraian
  • Tunjukkan cara memfungsikan Hadistt ?
  • Mennggabarkan cara   memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
Tes Tulis Uraian
  • gambarkan cara   memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist

  1. H. Penilaian 1
Aspek Yang Dinilai Skor
1 2 3
Ketepatan peta konsep tentang cara memfungsikan Al Quran      
Ketepatan peta konsep tentang cara memfungsikan Hadits      
Ketepatan peta konsep tentang menggabungkan cara memfungsikan Al-Quran dan Hadist      


Keterangan Skor :

1 : Kurang

2 : Cukup

3 : Baik

 

  1. I. Penilaian 2
Nama Kelompok Keindahan Peta Konsep Kelengkapan Peta Konsep Kerapihan Peta Konsep Skor Nilai
1 2 3 1 2 3 1 2 3
 

 

 

 

 

                     

 

Nilai =  skor yang dicapai   x 100

skor maksimal (9)

  1. J. Rublik Penilaian Diskusi

 

Nama             :

Kelompok     :

Kelas             :

 

No Aspek Penilaian Indikator Deskriptor Skor Tema Guru Total Skor Nilai
  Penalaran Komunikasi lesan
  • Komunikatif
  • Ketepatan Jawaban
1

1

       
Komunikasi tulis
  • Mudah dipahami
  • Ketepatan Jawaban
1

 

2

       

 

Mengetahui

Kepala Madrasah

…………………………………….

NIP.

  ………….. , ………………………….

Guru Bidang Studi Qur’an Hadits

……………………………………

NIP.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: