Draft RPP Berkarakter SMP Mapel TIK pola eksplorasi, elaborasi, konfirmasi

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SMP/MTs ………………
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi :
  1. 1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  • Menjelaskan cara-cara sambungan internet
  • Menunjukkan cara penyambungan internet/intranet
  • Memilih fungsi layanan yang paling efektif di internet/intranet
  • Menggunakan sambungan internet melalui Dial-up(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2Mbps) atau Satelit)

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

B. MATERI PEMBELAJARAN

Akses internet

  • Perangkat  untuk mengakses internet
  • Menghubungkan internet dengan menggunakan Dial-up

C. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab

Pendekatan Model CTL dan life skill

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F     Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang penyambungan internet

F     Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)

F     Mengerjakan lembar kerja

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F     Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan internet

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     Peserta didik membentuk kelompok diskusi

F     Mengamati perbedaan tata cara penyambungan internet

F     Menentukan sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)

F     Mengerjakan lembar kerja

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F     Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan ketiga dan keempat  ( 2 x 40 menit)

  1. Kegiatan Pendahuluan

apresiasi  dan motivasi  :

  • Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara menghubungkan internet
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Peserta didik melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

F     Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

  1. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah,  Buletin Internet, dsb.)

  1. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk 

Instrumen

Contoh 

Instrumen

  • Menjelaskan beberapa cara sambungan internet/intranet
  • Melakukan sambungan  Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).
Tes tertulis 

Tes praktik (kinerja)

 

Uraian 

Tes uji kerja

Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan dial-up 

Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit)!

Lembar Observasi

Instrumen Skala Kuantitatif Nilai 2 [(Jumlah/8)*10]
4 3 2 1
1 Menunjukkan cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit
2 Tunjukanlah perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit
Jumlah

Rubrik Uji Prosedur

Instrumen Skala Kuantitatif Nilai 3 

[(Jumlah/4)* 10]

4 3 2 1
1 Menghubungkan internet menggunakan Dial-up
Jumlah

Keterangan :

Penilaian

Nilai KD =    ( Nilai  1 + Nilai 2 + Nilai 3)/2

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs …………

( …………………………………… )

NIP/NIK : …………………….

…………, …………………….  20 … 

Guru Mapel TIK.

(…………………………………………)

NIP/NIK : ………………………..

One response

  1. salam..
    boleh saya minta rpp silabus tik berkarakter??
    saya tunggu di email niee_dhe@yahoo.co.id
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: