Draft RPP Berkarakter SMP Mapel PJOK pola eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah              : …………………………

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VII / I

Standar Kompetensi*

1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar

1.1. Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian*

Alokasi Waktu :  3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat melakukan passing bolabasket dari depan dada, dengan benar
  2. Siswa dapat melakukan passing bolabasket dengan dipantul, dengan benar
  3. Siswa dapat melakukan passing bolabasket melalui atas kepala, dengan benar
  4. Siswa dapat bermain bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

B.  Materi Pembelajaran

Permainan Bolabasket

  • Passing atas bolabasket dari depan dada, pantul dan dari atas kepala
  • Bermain bolabasket menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C. Metode Pembelajaran

–                Pertemuan 1 = penugasan

–                Pertemuan 2 = penugasan

–                Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)

  1. 1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

–    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

–    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. 2. Kegiatan Inti (45 menit)
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Melakukan teknik dasar passing dari depan dada

F     Teknik dasar (passing bolabasket dari depan dada, dan menangkap ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  • Melakukan passing dari dada dengan cara mendorong bola  ke arah teman di hadapannya (perorangan), di tempat
  • Melakukan passing dari dada dengan cara mendorong bola   ke arah teman di hadapannya (perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
  • Melakukan passing dari dada dengan cara mendorong bola  ke arah teman di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan

­        guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak

­        siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya

­        siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar

­        siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri

­        bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.

­        bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

F     Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing dari depan dada

F     Teknik dasar (passing bolabasket dengan dipantul, dan menangkap ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  • Melakukan passing pantul dengan cara mendorong bola  ke bawah arah teman di hadapannya (perorangan), di tempat
  • Melakukan passing pantul dengan cara mendorong bola   ke bawah arah teman di hadapannya (perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
  • Melakukan passing pantul dengan cara mendorong bola  ke bawah arah teman di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak

F     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan

­        guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak

­        siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya

­        siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar

­        siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri

­        bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.

­        bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

F     Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing pantul

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)

  1. 1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

–    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

–    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. 2. Kegiatan Inti (45 menit)
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Teknik dasar (passing dari atas kepal, dan menangkap )  dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  • Melakukan passing dari atas kepala dengan cara mengayun bola  ke depan lururs arah teman di hadapannya (perorangan), di tempat
  • Melakukan passing dari atas kepala dengan cara mengayun bola  ke depan lururs arah teman di hadapannya(perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
  • Melakukan passing dari atas kepala dengan cara mengayun bola  ke depan lururs arah teman di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik

­        guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan

­        guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan

­        siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya

­        siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat

­        siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan

F     Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing dari atas kepala

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)

  1. 1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

–    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

–    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. 2. Kegiatan Inti (45 menit)
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Teknik dasar (passing bolabasket dari atas kepala, dada dan pantul serta menangkap) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  • Melakukan passing dari atas kepala, pantul dan dari dada dengan cara berpasangan, di tempat
  • Melakukan passing dari atas kepala, pantul dan dari dada dengan cara berpasangan bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
  • Melakukan passing dari atas kepala, pantul dan dari depan dada dengan cara  formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik

­        guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan

­        guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan

­        siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya

­        siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat

­        siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan

F     Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bolabasket dari atas kepala, dada dan pantul serta menangkap, Bermain lempar tangkap bola dengan menggunakan gawang bendera kecil, jumlah pemain 8 – 10 orang

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Sumber Belajar

–          Ruang terbuka yang datar dan aman

–          Bola

–          Buku teks

–          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII,

–          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk 

Instrumen

Contoh 

Instrumen

Aspek  Psikomotor 

  • Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
  • Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif

  • Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)

Aspek Afektif

  • Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

 

Tes praktik 

(Kinerja)

Tes tertulis

Tes

observasi

Tes Contoh Kinerja 

Pilihan ganda/uraian singkat

Lembar  observasi

  • Lakukan teknik dasar passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala) !
  • Posisi kedua lengan setelah melakukan  passing bola basket, adalah .
  1. diluruskan ke depan
  2. ditekuk di depan badan
  3. disilang di depan badan
  4. diduluskan ke samping
  • Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

 

1.   Teknik penilaian:

– Tes unjuk kerja (psikomotor):

Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala serta menangkap)

Keterangan:

Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

Jumlah skor maksimal

– Pengamatan sikap (afeksi):

Mainkan permainan bolbasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek      ( √ ) memdapat nilai 1

Jumlahskor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

Jumlah skor maksimal

–  Kuis/embedded test (kognisi):

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolabasket

Keterangan:

Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

Jumlah skor maksimal

–    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

2.   Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLABASKET

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
Melakukan Teknik Dasar Passing Dari Depan Dada, Pantul dan dari Atas Kepala 

1.  Posisi awal bola saat akan melakukan pasing dari depan dada dipegang depan dada

2.  Bentuk gerakan lengan saat melakukan passing dari depan dana dan pantul mendorong bola ke depan

3.  Posisi bola  yang benar saat akan melakukan passing dari atas kepala, dipegang di atas kepala

4.  Posisi lengan akhir gerakan passing bolabasket lurus ke depan dan rileks

 

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLABASKET

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim
2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
3.  Mentaati peraturan
4.  Menghormati wasit(sportif)
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
 

1.  Bagaimana posisi kedua lengan setelah kamu melakukan passing bolabasket ?

2.  Bagaimana posisi badan setelah kamu melakukan passing bolabasket ?

 

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTS ……………

(__________________________)

NIP/NIK : …………………………

…..,…………………  20 ……. 

Guru Mapel PJOK.

(_______________________)

NIP/NIK : …………………………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: