Draft RPP Berkarakter SMP Mapel IPA pola eksplorasi, elaborasi, konfirmasi

 

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                             :     ………………………..

Kelas / Semester :     VII (tujuh)/Semester 1

Mata Pelajaran :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Alokasi waktu                   :     4 X 40’

Standar Kompetensi :     1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar :     1.2    Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.

Tujuan Pembelajaran :     Peserta didik dapat:

1.     Menjelaskan pengertian suhu.

2.     Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.

3.     Menyebutkan jenis-jenis termometer.

4.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.

5.     Membaca skala pada termometer.

6.     Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran :     Suhu

Metode Pembelajaran :     Model:

–       Direct Instruction (DI)

–       Cooperative Learning

Metode:

–       Diskusi kelompok

–       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a.   Kegiatan Pendahuluan

. Motivasi dan apersepsi

–     Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin?

–     Alat apakah yang dipakai untuk mengukur bila suhu tubuhmu terasa panas?

. Prasyarat pengetahuan

–     Apakah yang dimaksud dengan suhu?

–     Apakah Satuan Internasional dari besaran suhu?

. Pra eksperimen

–     Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca.

b.   Kegiatan Inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Menjelaskan pengertian suhu.

F     Menjelaskan bagian-bagian dari termometer

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.

F     Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok meng-komunikasikannya.

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA

a    Kegiatan Pendahuluan

. Motivasi dan apersepsi

–     Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan dengan satuan; satuan apakah yang digunakan?

–     Apakah satuan suhu dalam Standar Internasional (SI)?

.     Prasyarat pengetahuan

–     Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.

b.   Kegiatan Inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.

F     Membaca skala pada termometer.

F     Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Melalui diskusi kelas, guru menginformasikan cara membaca skala termometer yang benar.

F     Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan pembacaan skala pada termometer.

F     Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

F     Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit dengan perbandingan Tc : Tk :Tr : (Tf – 32) = 5 : (Tc + 273) : 4 : 9.

F     Guru memberikan contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu

b.   Buku kerja

c.   Termometer

Penilaian Hasil Belajar

Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.
  • Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.

Tes tertulis Tes uraian
  • Mengapa tangan manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan panas dan dingin?
  • Bila termometer Celsius menunjukkan skala 800, maka skala Reamur akan menunjukkan….

a.640 c.1000

b.960 d.1500

 

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs ……………

(__________________________)

NIP/NIK :

…..,……………………  20 ……. 

Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam

(_______________________)

NIP/NIK :


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: