Silahkan didownload link-link dibawah ini.
Sekiranya Bapak/IBu guru tidak mau repot download sendiri satu persatu. Kami bersedia mengirimkan file lengkapnya ke email anda . Donasi seikhlasnya. Tata Cara donasi dapat dilihat dibagian “Tentang Kami” atau “Donasi”. Terima kasih.
RPP DAN SILABUS KELAS 1
RPP Tematik Kelas 1 SD Bekarakter
- RPP Tema Pengalaman Semester 1
- RPP Tema Kegemaran Semester 1
- RPP Tema Keluarga Semester 1
- RPP Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tema Diri Sendiri Semester 1
- RPP Tema Budi Pekerti Semester 1
- RPP Tema Permainan Semester 2
- RPP Tema Lingkungan Semester 2
- RPP Tema Peristiwa Semester 2
- RPP Tema Kesehatan Semester 2
- RPP Tema Keluarga Semester 2
- RPP Tema Kebersihan Semester 2
- RPP Tema Budi Pekerti Semester 2
Silabus Tematik Kelas 1 SD Berkarakter
- Silabus Tema Pengalaman Semester 1
- Silabus Tema Kegemaran Semester 1
- Silabus Tema Keluarga Semester 1
- Silabus Tema Lingkungan Semester 1
- Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1
- Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1
- Silabus Tema Permainan Semester 2
- Silabus Tema Lingkungan Semester 2
- Silabus Tema Peristiwa Semester 2
- Silabus Tema Kesehatan Semester 2
- Silabus Tema Keluarga Semester 2
- Silabus Tema Kebersihan Semester 2
- Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
RPP DAN SILABUS KELAS 2
RPP TEMATIK BERKARAKER SD KELAS 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti Semester 2
SILABUS TEMATIK Berkarakter KELAS DUA
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
RPP DAN SILABUS KELAS 3
RPP TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
SILABUS TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 4 TERBARU
Berikut RPP Berkarakter Kelas 4 SD/MI
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
Silabus Berkarakter Kelas 4 SD/MI
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 5 TERBARU
RPP Berkarakter Kelas 5 SD
- RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 1
- RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2
- RPP SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1
- RPP SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2
- RPP IPS Kelas 5 SD Semester 1
- RPP IPS Kelas 5 SD Semester 2
- RPP TIK Kelas 5 SD Semester 1
- RPP TIK Kelas 5 SD Semester 1
- RPP PKn Kelas 5 SD Semester 1
- RPP PKn Kelas 5 SD Semester 2
Silabus Berkarakter Kelas 5 SD
- Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
RPP DAN SILABUS BERKARAKTER KELAS 6 TERBARU
RPP Berkarakter Kelas 6 SD
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus Berkarakter Kelas 6 SD
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2 - Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Contoh :
1. Kelas 4 mapel Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
- A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
- B. Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.
- C. Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
- Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
- Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
- Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
- D. Materi
- Lambang
- E. Kegiatan Pembelajaran
- Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
- Mencatat pokok-pokok penjelasan.
- Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
- Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.
- F. Langkah-langkah Pembelajaran:
- Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
- G. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
|
Tertulis, penampilan | Uraian dan Lembar observasi |
|
No. | Unsur Penilaian | Nilai | Keterangan |
1.2.3.4. | Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.Keberanian siswa menjelaskan arti lambang PramukaGaya penyampaian di depan kelasKejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya |
- H. Sumber / Bahan
- Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
- Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar* sebagian besar benar* sebagian kecil benar* semua salah | 4321 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.2.3. | PengetahuanPraktekSikap | * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan* tidak Pengetahuan* aktif Praktek* kadang-kadang aktif* tidak aktif
* Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
421421
4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | JumlahSkor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.2.3.4.5.6.
7. 8. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
2. Kelas 5 Mapel IPA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ………………………
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu : 8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
- A. Standar Kompetensi :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
- B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
- C. Tujuan Pembelajaran**:
- Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
- Siswa dapat Memahami istilah dari
– Diagfragma- Gelambir- Pleura- Bronkus | – Alveolus- Pundi-pundi- Labirin- Stigma |
- Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
- Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :
– Manusia- Burung- Reptil- Amfibi | – Ikan- Serangga- Cacing |
- Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
- D. Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
- Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
- E. Media Belajar
- Buku SAINS SD Relevan Kelas V
- Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
- F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan – Paru-paru – Hidung – Tenggorokan F Memahami istilah dari
F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut F Memahami proses pernapasan F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan |
(50 menit) | ||||||
|
(5 menit) | ||||||
|
|||||||
Pertemuan ke-2 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Melakukan kegiatan F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan |
(50 menit) | ||||||
|
(5 menit) | ||||||
|
|||||||
Pertemuan ke-3 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit) | ||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
F Memahami istilah dari
F Memahami proses pernapasan pada :
F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan |
(50 menit) | ||||||
|
(5 menit) | ||||||
|
|||||||
Pertemuan ke-4 | |||||||
Apersepsi dan Motivasi :
|
(5 menit) | ||||||
& sEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman F Memahami gejala penyakit :
F Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
& Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan |
(50 menit) | ||||||
|
(5 menit) | ||||||
|
- G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
|
Tugas Individudan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja |
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar* sebagian besar benar* sebagian kecil benar* semua salah | 4321 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.2.3. | PengetahuanPraktekSikap | * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan* tidak Pengetahuan* aktif Praktek* kadang-kadang aktif* tidak aktif
* Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
421421
4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | JumlahSkor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1.2.3.4.5.6. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
3. Kelas 6 mapel IPS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ……………………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 6 – 9 (4 minggu)
- I. Standar Kompetensi
2. Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
- II. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
- Cara menghadapi bencana alam
- V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
- Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kegiatan inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
F Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
F Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
F Mengamati gambar bencana alam
F Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
F Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
F Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
F Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Kesimpulan guru da siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
- VII. Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
|
Tertulis | jawab singkat | Jelaskan carca-cara menghadapi bencana alam |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar* sebagian besar benar* sebagian kecil benar* semua salah | 4321 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1.2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan* kadang-kadang Pengetahuan* tidak Pengetahuan* Sikap* kadang-kadang Sikap* tidak Sikap | 421421 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1.2.3.4.5.6.
7. 8. 9. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Disclaimer:
Perangkat ini disusun oleh penerbit tertentu untuk buku tertentu. Isi diluar tanggung jawab http://www.oemaherpepe.wordpress.com
Puji sukur kini kami dapat rujukan RPP n silabus berkarkter, tolong kalau bisa mohon dibantu sekolah kami dengan mengirimkan silabus dan rpp berkarakter untuk semua mta pelajran. trims. maju terus……!
mohon rpp silabus sd berkarakter yang lengkap dari kelas 1 spai kelas 6, makasih
sudah saya emailkan pak..tapi ndak bisa masuk ke email anda.maaf
Pak, bisa emailkankan RPP & Silabus kelas 1 sampai 6 (yang berkarakter), inedkeren@yahoo.com , jika sudah saya terima akan donasi ke Bapak 😀 terima kasih
dalam mengembangkan RPP di sekolah kami..mohon dapat membantu mengirimkan RPP berkarekter kelas I s.d VI dan untuk SMK semua mata pelajatan ke aburajaku@yahoo.co.id, nanti kami kirim donasi ke bapak…terima kasih banyak
Kalau draft yang SD insya Allah kami punya, namun yang SMK saya tidak punya yang lengkap…maaf
tolong pak kirimkan rpp ke email saya untuk semua matapelajaran sd kelas 6
makasi pak
bagus pak RPP berkarakter SD buat proses mencerdaskan anak bangsa, pak mintak di kirim ke email saya, by_ijo@yahoo.co.id , trimakasih sebelumnya
kelas 1 – 6
Bapak yang terhormat terima kasih atas balasannya mohon sekali lagi untuk bisanya mengirim RPP SD Kelas 6 Berkarakter yang terkait dengan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik secara lengkap, matur suwun…….
tolong kirimkan rpp sd berkarakter lengkap dengan mulok b. jawa, b inggris, T I K
tolong di emailkan rpp berkarakter kelas 1 sampai 6 ini emailx fajar.jie38@yahoo.com
tolong kirim ke email saya rpp berkarakter kelas 1 sampai 6 lengkap, ini email nya radenayuratna@yahoo.co.id
tolong kirim ke email saya karakter yang diharapkan siswa sd,email di setiawati_imas@yahoo.com trims bantuannya
wah,,,info anda betul-betul sangat membantu. smoga bpk bersedia, minta tlg di kirimkan ke email sy RPP berkarakter SD kelas 1 – 6. kami masih sgt buta dgn hal tersebut dan sdh diminta untuk membuatnya. makasih sebelumnya…alamtx: munirah.luwu@yahoo.com. trimakasih
minta yang kelas 5 dong pak tejosiam@gmail.com
maaf pak, yang saya punya hanya contoh-contoh saja. yang lengkap tidak punya.
Bapak tlong dikrim RPP BAhasa indonesia sd klas 4 ke email saya, terima kasih
maaf bu, ndak punya
mohon bantuan kiriman RPP SD untuk mapel Matematika, SBK dan TIK kelas IV, V dan VI, sudilah kiranya untuk mengirimkan ke email. terimakasih
emailnya apa pak,…….saya tidak mempunya yang lengkap lho…saya hanya punya contoh-contoh saja
mohon kesediannya mengirimkan contoh-contoh rpp berkarakter via email saya: saidynsh.879@gmail.com.
sebelum dan sesudahnya terimakasih.
please pak… kirim ke email saya kelas 1-6… trims banget pak, tak tunggu…
pak…Silabusnya gak bisa langsung didownload ya?
kalau begitu tlong kirim ke email saya pak, malam.laila@gmail.com
terima kasih pak, sangat membantu semua.
🙂
Pak,tolong kirimkan PTK untuk kelas V SD email saya Malibushark70@yahoo.com makasih pak.Ditunggu
PTK SD belum punya datanya ,maaf
Liana
Terima kasih untuk tersedianya RPP model EEK saya sangat minta tolong dikirimkan RPP matematika kls VI.Sekali lagi pak saya sangat membutuhkan RPP tersebut
Bu Yuliana, saya sudah mencoba mengirim email ke alamat ibu namun gagal terus. muncul pesan :Delivery to the following recipient failed permanently:
yulhan_l2005@yahoo.co.id
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the recipient domain. We recommend contacting the other email provider for further information about the cause of this error. The error that the other server returned was: 554 554 delivery error: dd This user doesn’t have a yahoo.co.id account (yulhan_l2005@yahoo.co.id)
ok terima kasih pak, saya berharap bisa menemukan RPP matematika kls VI dari bapak
Pak bisa emailkan RPP matematika kls VI KD 3.3 Menghitung Volume prisma segitiga dan tabung lingkaran.
Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih
kami mohon kesediaanya untuk mengirimkan rpp dan silabus ke email saya dari kelas 1-6
barokallohu ilaik
saya memohon bpk sudi memberikan format rpp+silabus untuk seluruh mapel 1-6 sudilah kiranya untuk mengirimkan ke email saya pak.
salam hormat saya,
terimakasih
honorlieur@ymail.com
saya memohon bpk sudi memberikan format rpp+silabus untuk seluruh mapel 1-6 sudilah kiranya untuk mengirimkan ke email saya pak.
salam hormat saya,
terimakasih
sudah saya kirim. silahkan dicek diemail
trimakasih banyak buat jasanya,
sangat membantu,
tolong kirimkan ke email saya ya,
adinainggolan01@gmail.com
makasih
sudah saya kirim ke email. silakan dicek
salam kenal saya haturkan….pa’ saya mohon sudi kira’a untuk mengirimkan rpp sbk terbaru kls 4 s/d 6 smt 1 dan 2 ke email saya y pa'(shin_bae87@yahoo.com).thx
terima kasih aja lah,,, atas copyannya… biar hemat mata juga tenaga,,,
ambil enaknya aja,, namanya juga berbangsa Indonesia,, Bergotong Royong dalam segala Bidang
1
sudikah kiranya bapak membantu saya untuk mengirimkan rpp seluruh mapel kelas 1-6 ke email saya di (nero0nero@yahoo.com)
sudikah kiranya bapak membantu saya untuk dapat mengirimkan rpp seluruh mapel kelas 1-6 ke email saya di (nero0nero@yahoo.com)
Trim’s Pak, atas bantuannya . . . .sangat bermanfaat sekali,semga Pnddkn jd lebih baik . . .!!!!!!
boleh saya COPAST GAN,, makasihh sebelumnya
Trima kasih pak, dan kalo bisa kirimkan rpp sd dari kls 1 sampai kls 6 yg elaborasi karakter ke email saya ini: oenghurman@yahoo.co.id nanti saya donasi
Trimks pak, mohon bapak bisa mengirimkan rpp dan silabus berkarakter dr kls 1 s.d. kls 6 ke email saya: Iqbalmin55@ymail.com
Tolonglah sekalian buat RPP Agama KHATOLIK Khusus SD kls 1-6. jangan hanya RPP, silabus,prota dan prosem agama islam aja yang ada, itu nama nya ngak adil !!! karna agama di Indonesia ini bukan agama islam aja yang ada.
trima kasih. . . . .
maaf, saya tidak membuat RPP tersebut sendiri,…saya hanya menampilkan dari data yang saya punya. Sementara ini saya belum mendapatkan contoh dari rekan pengajar agama lain. Kalau sudah ada contoh akan saya tampilkan
tolong pak kirimkan rpp N Silabusnya yang berkarakter ini ke email saya untuk semua mata pelajaran sd dari kelas 1 pe kelas 6
Trim”s, mas
Maju Terus Oemah ErPePe
Sudah pak, silahkan dicek diemail
oy ck mno dowload glo tu siko2 susah,,
tlong jwab
Coba download lewat halaman “RPP dan Silabus berkarakter SD/MI”. Tks
mohon dgn sangat pak kirimkan rpp N Silabusnya yang berkarakter ini ke email saya untuk semua mata pelajaran sd dari kelas 1 pe kelas 6
Trima kasih banyak
sudah coba kami kiri ke email anda tetapi gagal terus. Ada email yang gmail?
Aku salut atas filemu,.semoga pendidikan di Indonesia nilainya semakin tinggi..!!!
salut buat anda,,,
makasiH buanyak….
pa guru yang saya hormati….
sata guru baru nih…terima kasih atas ilmunya……
tapi mau merepotkan nih pak!!>
boleh ga pak minta kirim dalam bentuk File ke emai saya……RPP berkarakter dan Silabus KElas 2 dan kelas 3 yang lengkap ya pa….
kirim ke :
abinya_zalfa@yahoo.com
terima kasih sebelumnya
mohon dikirim RPP Mat Berkarakter kelas 4,5, dan 6 sangat membantu saya, dan semoga amal anda hanya Allah yang akan membalas dan akan terus menerus karena RPP ini juga akan saya tularkan kepada guru se-Kecamatan Sidoharjo. terima kasih
Terimakasih banyak atas RPP nya,sangat membantu. Semoga anda diberi umur panjang oleh Allah SWT. Amin Allahuma Amin
RPP kelas dua tema kegemaran kok isinya silabus! tolong diunggal rppnya ya
terima kasih Pak/Bu, kami mengambilnya,sangat bermanfaat bagi kami yang tidak cukup waktu untuk menulis sendiri,Semoga menjadi bagian dari ibadah. Amiin.
tolong kirimkan RPP kelas tinggi ke dian.azan@yahoo.com
tolong kirimkan rpp dan silabus IPA kelas IV ke email saya indrawahyudi534@ymail.com