Contoh RPP Akidah Akhlak MTs berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                    :  MTs FADRIS

Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak

Kelas / Semester       : VII / 1

Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

  1. A.   Standar Kompetensi   :
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
  1. B.   Kompetensi Dasar      :

1.1.  Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.

  1. C.   Tujuan Pembelajaran   :
  • Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
  • Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam

 

Karakter siswa yang diharapkan :

  • Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 

  • percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
  1. D.   Materi Pembelajaran    :
  • Dasar–dasar akidah Islam
  • Pengertian akidah Islam
  • Tujuan akidah Islam
  1. E.   Metode Pembelajaran :
  • Ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerja kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
  • Diskusi : metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran & Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

 


  1. F.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Waktu

Aspek life skill yang dikembangkan

Nilai yang ditanamkan

  1. A.   Pendahuluan :

Apersepsi dan Motivasi :

  • Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

 

Kegiatan inti

  • Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
  • Siswa membaca  berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
  • Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
  • Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
  • Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian,  dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)

Kegiatan penutup.

  • Guru melaksanakan penilaian lisan
  • Memberikan tugas pengayaan

 

10

50

5

10

5

v  Pemahaman Konsep
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

 

 

  1. G.   Sumber Pembelajaran
  • Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
  • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
  1. H.   Assessment/ Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

 

  • Siswa dapat  menye-butkan dasar–dasar akidah Islam
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
  • Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam

Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis

Jawab singkat

Uraian

Uraian

  • Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
  • Jelaskan  pengertian akidah Islam ?
  • Jelaskan  tujuan akidah Islam ?

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

 

 

………………………………..

………………., Juli  2011

Guru Bidang Studi,

 

 

 

 

………………………………..

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                    :  MTs FADRIS

Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak

Kelas / Semester       : VII / 1

Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

  1. A.   Standar Kompetensi   :
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
  1. B.   Kompetensi Dasar      :

1.2.  Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam

  1. C.   Tujuan Pembelajaran   :
  • Dapat menyebutkan Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan pengertian Dalil tentang dasar akidah Islam
  • Dapat menjelaskan dan tujuan Akidah Islam
  • Dapat menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam

 

Karakter siswa yang diharapkan :

  • Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 

  • percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.
  1. D.   Materi Pembelajaran    :
  • Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
  • pengertian Dalil tentang akidah Islam
  • tujuan akidah Islam
  • menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
  1. E.   Metode Pembelajaran :
  • Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
  • Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, macam-macam Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam, membuat bagian Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam.
  • Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
  • Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
  1. F.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Waktu

Aspek life skill yang dikembangkan

Nilai yang ditanamkan

Pendahuluan :Apersepsi dan Motivasi :

  • Menanyakan kepada siswa tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

Kegiatan inti

  • Siswa diminta membaca  dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam dan tujuan akidah Islam  melalui indeks Al-Qur’an (eksplorasi)
  • Siswa diminta menuliskan 3 pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan dasar dan tujuan akidah Islam yang telah dibaca (Elaborasi)
  • Siswa diatur untuk  saling bertanya dan guru memberikan skor
  • Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah (Konfirmasi)
  • Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam

Kegiatan penutup.

  • Guru melaksanakan penilaian lisan
  • Tanya jawab tentang Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  • Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan

 

10

50

5

10

5

¨      Pemahaman Konsep
  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

 

 

  1. G.   Sumber Pembelajaran
  • Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
  • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,
  • LKS
  • Hasil kerja siswa
  1. H.   Assessment/ Penilaian

Penilaian

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • § Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

 

  • Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam
  • Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
  • Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
  • Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
  • Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam

Tes tulis

Tes tulis

Tes Lisan

Penugasan

Penugasan

Isian

Uraian

Uraian

Hafalan

Hafalan

  • Jelaskan  pengertian dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam ?
  • Sebutkan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
  • Sebutkan dalil tentang tujuan akidah Islam ?
  • Hafalan dalil tentang dasar-dasar akidah Islam ?
  • Hafalan dalil tentang tujuan akidah Islam ?

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

 

 

………………………………

Tasikmalaya, Juli  2011

Guru Bidang Studi,

 

 

 

 

……………………………….

Sumber :batararayamedia.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: