Contoh RPP SMP Mapel Agama Katholik berkarakter

Download:

5 RPP Pend Agama Katolik VII sem 2

2 SILABUS Pend Agama Katolik smp klas 7 sem 1

PANDUAN GURU PAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMP ………………………….

Kelas                              : VII (tujuh)

Semester                                    : 2 (dua)

Mata Pelajaran                : Pendidikan Agama Katolik

Alokasi Waktu                : 2 x 40 menit

 

 

 

 

A.     Standar Kompetensi

Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan KerajaanNya

 

Nilai Karakter

1. Tanggung jawab

2. Kedemokratisan

 

B.     Kompetensi Dasar

1.1.Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat dilepaskan dari peran serta keluarga dan sesama di sekitarnya sehingga terpanggil untuk bekerja sama dan menghargai sesama.

 

C.     Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah berbincang, siswa dapat menceritakan pengalaman suka dan duka hidup di dalam keluarga.

2.      Setelah diajak berpikir, siswa dapat menyebutkan peran orang tua & saudara-saudara dalam keluarga bagi perkembangan dirinya.

3.      Setelah saling memberi informasi, siswa dapat menyebutkan macam-macam bentuk tanggung jawab anak dalam keluarga.

4.      Setelah membaca Kel 20:12; Ef 6:1-3, siswa dapat menyebutkan sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga, khususnya orang tua, berdasarkan Firman Allah ke 4 “Hormatilah Ayah dan Ibumu” .

5.      Setelah berdiskusi sejenak, siswa dapat menyusun doa untuk keluarga  masing-masing.

6.      Setelah menjalani proses nomor 1 – 5, siswa dapat menyebutkan bahwa keluarga merupakan lahan pertama dan utama untuk pembenihan perkembangan kepribadian dan iman.

 

D.     Materi Ajar

Aku Di Tengah Keluarga (13)

 

E.     Metode Pembelajaran

`     Pendekatan            : dialog partisipatif  pemahaman dan pendalaman iman

Metode     : tanya jawab, sharing, diskusi kelompok, ceramah

 

F.      Kegiatan pembelajaran

1.  Kegiatan pendahuluan (10 menit)

Pembukaan: guru memberi pengantar singkat tentang topik yang akan dipelajari serta proses yang akan dijalani. Kemudian guru mengajak siswa membuka pelajaran dengan doa seperti tertera dalam buku siswa.

 

2.  Kegiatan Inti (60 menit)

Menggali pengalaman siswa dalam hidup keluarga

Guru mengajak siswa untuk berbagi pengalaman seputar hidup dalam keluarga dengan pertanyaan: Apa suka dan duka dalam hidup keluargamu?

Guru meminta para siswa mendalami makna keluarga dengan syair lagu  “Keluarga Cemara”.

Guru meminta siswa menuliskan peran masing-masing anggota keluarga dalam perkembangan pribadi secara berturut-turut sesuai dengan besar kecilnya peran mereka.

 

 

Anggota Keluarga

Peran dalam perkembangan diriku

   
   

 

Guru menyampaikan kesimpulan dan pendalaman materi dengan pokok-pokok sebagai berikut.

§         Ada banyak keluarga yang mengalamai broken home karena kurangnya komunikasi, kerjasama dan tanggungjawab antar anggota keluarga.

§         Untuk menciptakan suasana keluarga yang aman dan nyaman dibutuhkan keterlibatan aktif dan tanggungjawab antar anggota keluarga, misalnya dengan menyapu, mengurusi pakaian sendiri.

 

Mendalami pandangan Kristiani tentang sikap terhadap keluarga

Guru meminta para siswa untuk mempelajari teks Kej 20: 12 dan Ef 6:1-3 yang tertera dalam buku siswa. Kemudian siswa diminta menjawab pertanyaan pendalaman:

§         Dalam KS PL, mengapa hormat kepada orang tua dikaitkan dengan umur dan tanah yang dijanjikan Tuhan?

§         Apa yang dimaksud Paulus pada ayat 1 dengan kata “di dalam Tuhan”?

 

          Kesimpulan guru

               Gunakanlah hidup dalam keluarga sebagai sekolah kehidupan.

§         Bagi bangsa Israel, kedudukan orang tua dipandang sebagai wakil Allah. Maka dengan menghormati orang tua, sama dengan mengasihi Allah. Orang yang mengasihi Allah akan mendapatkan berkat.

§         Yesus sendiri juga memperlihatkan sikap hormat kepada orang tuaNya yakni dengan memperdalam pengetahuan agama di Bait Allah (Luk 2:41-52), sebelum wafat Yesus menitipkan Ibu-Nya kepada para murid-Nya (Yoh 19:26-27).

§         Santo Paulus mengajak  setiap orang untuk mendengarkan nasehat dan didikan mereka (Ef 6:3)

 

3.  Penutup (10 menit)

Pelajaran ditutup dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang siswa.

 

G.    Alat dan Sumber Belajar

§         Kitab Suci (Kej 20: 12, Ef 6:1-3, Luk 2:41-52, Yoh 19:26-27

§          Komisi Kateketik KWI. 2007. Persekutuan Murid-Murid Yesus Pendidikan Agama Katolik   untuk SMP, Buku siswa I B.Yogyakarta. Kanisius. pelajaran 13  “Aku di tengah keluarga”, halaman 8 – 13

§         Penulis. 1996. Iman Katolik. Yogyakarta. Kanisius – Obor.

 

H.    Penilaian Hasil Belajar

Indikator

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

1. Menceritakan pengalaman suka dan duka hidup di dalam keluarga.

2. Menyebutkan peran orang tua & saudara-saudara dalam keluarga bagi perkembangan dirinya.

3. Menyebutkan macam-macam bentuk tanggung jawab anak dalam keluarga.

4. Menyebutkan sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga, khususnya orang tua, berdasarkan firman Allah ke 4 “Hormatilah ayah dan ibumu” (Kel 20:12; Ef 6:1 – 3)

5. Menyusun doa untuk keluarga masing-masing.

6. Menyebutkan bahwa keluarga merupakan lahan pertama dan utama untuk pembenihan perkembangan kepribadian dan iman.

1.Tes Unjuk kerja

 

 

2.Tes Unjuk   kerja

 

3.Tes tulis

 

4.Tes lisan

 

5.Refleksi

1. Tes identifikasi

 

 

2. Tes identifikasi

 

3. Uraian

 

4. Daftar pertanyaan refleksi

 

1. Temukan suka duka hidup dalam keluarga !

2. Sebutkan peran anggota keluargamu dalam perkembangan pribadimu!

3.  Jelaskan pandangan bangsa Israel tentang orang tua dalam Kej 20:12!

4. Berilah contoh peran aktifmu dalam membangun keluarga yang nyaman dan aman!

 

Mengetahui                                                                                   ………..,…………………

Kepala sekolah                                                                  Guru Pendidikan Agama Katolik

 

…………………………………..                                                 ……………………………………….

NIP…………………………….                                                          NIP…………………………………

 

About these ads

8 responses

  1. makasih atas rpp….
    mohon dilengkapi ya…

    veronica kojongian
    SMP KATOLIK SITI FATIMA
    tuminting , manado sulawesi utara.

    1. Yang lengkap belum punya bu..silahkan dikembangkan sendiri

  2. www.yohana@yahoo.com.id | Balas

    bapak/ibu tolong kirimkan silabus dan rpp pendidikan agama katolik berkrakter tingkat smp.thnks

    1. Maaf, tidak punya yang lengkap..

  3. TOLONG LENGKAPI LAGI RPP DAN SILABUS UNTUK SEMUA KELAS TINGKAT SMP, DAN TERIMA KSIH

    1. Itulah masalahnya, kami hanya mendapatkan contoh tersebut. Data yang lengkap kami tidak punya. MAAF…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: