RPP Bahasa Arab MA

Download:

RPP BHS ARAB X GANJIL

RPP BHS ARAB XI GANJIL

RPP BHS ARAB XII GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nama Sekolah         :     MA

Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab

Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah

Kelas / Semester    :     X / I

Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran

  Standar Kompetensi:

Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

 Kompetensi dasar:

      Menyimak

1.1       Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

I.        Tujuan Pembelejaran:

Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

II. Materi Pembelajaran:

  • Perkenalan (التعارف)

(أ)

+: اسمي خالد، ما سمك؟

- : اسمي خليل

+: كيف حالك؟

+: بخير، والحمد لله

- : من أين أنت؟

+: أنا من باكستان

- : هل أنت باكستاني؟

+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟

- : أنا تركيا، أنا من تركي

+: ما عمرك؟

- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟

+: عمري خمس عشرة سنة أيضا

- : مع السلامة

+: مع السلامة

 

(ب)

حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار حازم إندونيسيا.

وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى معالمها السياحية.

قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.

زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.

III. Metode:

  • Inkuiri
  • Diskusi

 IV. Langkah Pembelajaran:

NO

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

MEDIA/SUMBER

WAKTU

1

Pendahuluan

 

15 menit

  • Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
  • Guru mengecek kehadiran siswa
  • Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
  • Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
  • Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
Pengalaman pribadi
2 Kegiatan Inti   60 menit
  • Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
  • Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
  • Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
  • Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
  • Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
  • Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
  • Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
  • Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
  • Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku PaketKartu kata
3 Penutup   15 menit
  • Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
  • Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
  • Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

 

Instrumen latihan

V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:

  • Guru
  • Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
  • Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

Instrumen

Instrumen

  • Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
  • Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
  • Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
  • Menentukan tema dari wacana lisan
  • Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
  • Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
  • Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit
Tes tertulis tulis
  1. Apa tema dialog tersebut
  2. Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi

 

 KRITERIA PENILAIAN

  1. Menyimak

No

Nama

Kriteria Dan Skala Penskoran

Skor

Mengidentifikasi tema

Menemukan informasi tersurat

Menemukan pesan

Menceritakan kembali isi wacana

1-15

1-20

1-30

1-35

100

1 Hani

15

15

25

30

85

2 Dary

10

10

25

30

65

3 Edora

15

10

25

20

65

 
About these ads

6 responses

  1. dalhoem57@yahoo.com | Balas

    makasih bosssss………. yang semester genap mana bosss heheheheh……….

    1. yang semester genap belum ada yang ngasih data. maaf

  2. buku paket nya pakai terbitan mana tahun berapa y…?? mohon info…!

    1. waduh……..saya tidak tahu….saya cuma menayangkan doang bu….

  3. jazakallah yah

    1. sama-sama, silakan dikembangkan sendiri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: