Contoh RPP TIK SMA Berkarakter

Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP) NO 4

 

Mata Pelajaran         : TIK

Kelas / Semester      : X / 1 (SATU)

Waktu                    :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi : 2.     Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi                                                 informasi dan komunikasi

Satuan Pendidikan     :

 

 

A.   KOMPETENSI DASAR

2.1. Menjelaskan Fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wire, wireless, modem dan satelit)

B.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

2.2.1. Menggambarkan jaringan komputer

2.2.2  Menunjukan perangkat keras dalam system informasi

2.2.3. Memperagakan fungsi kerja perangkat keras

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-1

  1. Siswa dapat menjelaskan maksud dari jaringan komputer
  2. Siswa dapat memberikan contoh beberapa topologi jaringan
  3. Siswa dapat membedakan LAN dan WAN
  4. Siswa dapat menggambarkan topologi bus
  5. Siswa dapat menggambarkan topologi ring
  6. Siswa dapat menggambarkan topologi hirarki
  7. siswa dapat menggambakan topologi star
  8. Siswa dapat menggambarkan topologi mesh

 

Pertemuan ke-2

  1. Siswa dapat menjelaskan prinsip komunikasi data pada komputer

10. Siswa dapat menunjukan kabel koaksial

11. Siswa dapat menjelaskana bagian dari kabel koaksial

12. Siswa dapat menjelaskan prinsip modulasi gelombang

13. Dari gambar Siswa dapat mempresentasikan pola jaringan pada nir kabel

 

Pertemuan ke-3

14. Siswa dapat membedakan konektor pada kabel koaksial dan kabel utp

15. Siswa dapat menjelaskan keistimewaan dari kabel serat optik

16. Siswa merancang jaringan untuk keperluan sekolah

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

 

D.   MATERI PEMBELAJARAN

  • Jaringan computer
  • Topologi jaringan
  • Prinsip komunikasi dan media informasi komunikasi

 

E.    MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran langsung

 

F.    SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  • Seperangkat computer
  • LCD, atau Carta

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
  • Melalui gambar, bahan nyata siswa diajak untuk memahami tentang topologi jaringan, kabel, konektor
  • Siswa dapat Konsep jaringan komputer
  • Siswa dapat Menunjukan perangkat keras dalam sistem informasi
  • Siswa dapat Memperagakan fungsi perangkat lunak
    • Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
    • Apersepsi komunikasi dua bank di tempat yang berjauhan
    • Motivasi tentang koneksi telepon seluler

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

         A.      Pendahuluan

         B.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Guru menjelaskan konsep jaringan pada komputer
  • Siswa menyimak, mencatat dan menyimpulkan penjelaskan tentang jaringan komputer

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Guru menunjukan gambar tentang jaringan komputer
  • Siswa diminta untuk memahami karakter dari masing-masing topologi jaringan yang disajikan
  • siswa diminta untuk menjelaskan kembali beberapa topologi jaringan yang sudah dipelajari

 

Pertemuan kedua (2 jam pelajaran)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Guru memberikan contoh nyata atau gambar menegai kabel koaksial, kabel utp, dan konektornya
  • siswa diminta untuk memahami obyek tersebut menggambarnya dalam buku catatan dan memberikan penjelasan pada catatanya.
  • Guru menjelaskan prinsip modulasi gelombang radio
  • Siswa diminta untuk menjelaskan dari gambar yang disajikan tentang teknologi nirkabel dan cara pemancaran gelombangnya

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Guru memberikan gambar tentang serat optik menjelaskan bagian-bagian dan serat optik serta prinsip kerja dari serat optik
  • Guru meminta kepada siswa untuk menggambarkan posisi gedung di sekolah
  • Siswa diminta untuk membuat gambar sistem jaringan untuk sekolah mereka menentukan topologi dan kabel yang digunakan dan memperkiran material yang dibutuhkan, jika tidak selesai di lanjutkan sebagai proyek

 

Pertemuan ke-3

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Siswa dapat menunjukan perangkat keras (hardware untuk input defice, ootuput defice)

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

 

C. Penutup

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
  • Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

 

H.   PENILAIAN

  • Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
  1. Apa yang dimaksud dengan Jaringan dan sebutkan beberapa contoh jaringan dan penjelasannya !
  2. Apa yang dimakud dengan topologi jaringan dan gambarkan 2 jenis yang paling kamu pahami !
  3. Jelaskan prinsip-prinsip pengiriman dapat pada LAN
  4. Jelaskan jenis-jenis kabel koaksial yang telah dipelajari
  5. Apa yang dimaksud dengan (a) nir kabel    (b) ethernet   (c) serta optik   (d) internet
  6. Apa jenis kabel berikut inidan fungsinya!

(a)                           (b)                                 (c)

 

 

 

 

 

  1. Apa yang dimaksud dengan (a) RAM  (b) ROM  (c) Input Defice  (d) Output Defice (e) berikan masing-masing 2 contoh untuk soal (d) dan (e)
  2. Apa fungsi dari (a) Microprocessor   (b) Motherboard ?
  3. Jelaskan bagian dari keyboard dan fungsinya masing-masing !
  4. Jelaskan masing-masing keunggulan dari perangkat penyimpan data (a) floppy disk (b) Flashdisk  (c) Compact disk (d) Harddisk
  5. Carilah beberapa buku komputer dan jelaskan fungsi-fungsi tombol F1 s/d F12 menurut program dan buku yang kamu temukan !
  6. Jelaskan perbedaan CD, CDR, dan CDRW!
  7. Jelaskan perbedaan antara pinter Dot matrik dengan printer laser-jet !

 

 

 

 

 

  • Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
    • Rancangan jaringan

Nama : -

 

No

Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik

Baik

Sedang

Kurang

1 Kualitas gambar jaringan (kerapian, kelengkapan dan kesuaian dengan kondisi sekolah)        
2 Ketepatan pemilihan topologi        
3 Ketepatan penentuan materiakl (komputer, konektor, kabel dan jenis material yang dipilih)        
4 Isi dan penjelaskan dari proyek yang diberikan        
Rata-rata        

Kriteria

Sangat baik >= 12 kali     konversi nilai >90

Baik >= 8 kali                konversi nilai 90 – 80

Cukup >= 6 kali             konversi nilai 80 – 70

Kurang < 6 kali               konversi nilai 40 – 60

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

  , Juli 2011

Guru mapel TIK

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                


About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: