Contoh RPP Sosiologi SMA Berkarakter

Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama sekolah                   :

Mata Pelajaran         : Sosiologi

Kelas/semester        :  X/ 2

Standar Kompetensi  : 2 .    Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan                                              kepribadian.

Kompetensi Dasar              :  2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan                        sikap-sikap anti sosial.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  1. Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
  2. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
  3. Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
  4. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat

 

Alokasi Waktu      :  6  x 40 menit ( 4 x  Pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  • mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
  • mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
  • mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Toleransi, Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

B.  Materi Pembelajaran

  • Konformitas
  • Perilaku Menyimpang
  • Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
  • Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang

 

C.  Metode Pembelajaran

  • informasi
  • kerja mandiri
  • eksplorasi
  • diskusi

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
  • Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang didapat di masyarakat sekitar.
  • Secara bergantian melaporkan terjadinya perilaku menyimpang sesuai dengan hasil temuan di kliping korang/internet.
  • Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang.
  • Secara berkelompok menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.
  • Siswa dapat Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi  yang tidak sempurna.
  • Siswa dapat Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
  • Siswa dapat Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
  • Siswa dapat Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

 

  1. 1.         Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Ket.

1.

Pendahuluan

  1. a.   Apresepsi

Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.  Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.

  1. b.  Memotivasi

Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna.

10 Menit  

2.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

“  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

“  Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);

“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

60 Menit  

3.

Kegiatan Akhir

  1. Refleksi

Siswa dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penilaian

Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penugasan

Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

 

10 Menit  

 

  1. 2.         Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Ket.

1.

Pendahuluan

  1. a.   Apresepsi

Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas.

Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.

  1. b.  Memotivasi

Guru menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna.

10  Menit  

2.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

“  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

“  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128.

“  Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.

“  Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);

“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

 

60  Menit  

3.

Kegiatan Akhir

  1. Refleksi

Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara

perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penilaian

Guru memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas

kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penugasan

Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker

tentang tidak lagi melakukan perilaku menyimpang. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

 

10 Menit  

 

  1. 3.         Pertemuan III.

 

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Ket.

1.

Pendahuluan

  1. a.    Apresepsi

Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.

  1. b.   Memotivasi

Guru menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok.

5 Menit  

2.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

“  Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

“  Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

“  Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

“  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);

“  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

 

60 Menit  

3.

Kegiatan Akhir

  1. Refleksi

Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penilaian

Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

  1. Penugasan

Guru memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,Disiplin, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

 

15 Menit  

 

 

 

E.  Sumber pembelajaran:

  • Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 118-138
  • Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
  • Peraturan perundang-undangan
  • Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
  • Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

 

F.  Media

  1. Papan tulis
  2. Lembar soal
  3. Transparan Konsep
  4. Power Point
  5. OHP

 

G. Penilaian

  • Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133.  ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
  • Unjuk kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133.

Contoh format penilain tugas!

 

No

Nama Siswa

Kesesuaian materi dengan Tugas

Ide dan tulisan

Kerapian/

penampilan

Jumlah Nilai

1

         

2

         
dst.          

 

  1. Penilaian diskusi

 

No.

Nama

ASPEK PENILAIAN

Total nilai

Presentasi

Sikap

Keaktifan

Wawasan

Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama

 

 

 

               

 

 

 

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Skor/ Jumlah

1 2 3 4 5 6
   

 

 

 

 

             

 

Aspek yang dinilai:

  • Kemampuan menyampaikan pendapat.
  • Kemampuan memberikan argumentasi.
  • Kemampuan memberikan kritik.
  • Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  • Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  • Kelancaran berbicara.

 

Penskoran:                                        Jumlah skor:

A. Tidak Baik            Skor 1                    24—30 = Sangat Baik

B. Kurang Baik         Skor 2                    18—23 = Baik

C. Cukup Baik           Skor 3                    12—17 = Cukup

D. Baik                   Skor 4                    6—11 = Kurang

E. Sangat Baik                    Skor 5

 

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian

Jumlah Skor

1

2

3

4

5

1              
2              
dst              

 

Keterangan:                                                                Rentang skor : 1—3

  • Aktivitas dalam kelompok                       2—15           = Sangat baik
  • Tanggung jawab individu                         9—11            = Baik
  • Pemikiran                                             6—8             = Cukup
  • Keberanian berpendapat                         3—5             = Kurang
  • Keberanian tampil

 

  • Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52

 

  • Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138

 

 

 

Mengetahui,

Kepala

 

 

 

 

 

  , Juli 2011

Guru Mapel Sosiologi

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: