Contoh RPP Seni/Kesenian SMA Berkarakter

Contoh:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Nama Sekolah         :  SMA/MA ………………………..

Mata Pelajaran        : Seni Budaya

Kelas/Semester      : X / 1

Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

 

 

A.  Standar Kompetensi

3.      Mengapresiasi karya seni musik

 

B.  Kompetensi Dasar

3.1    Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

3.2    Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat

3.3    Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

 

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

–  Menjelaskan fungsi-fungsi musik tradisional

–  Menjelaskan latar belakang musik tradisional

–  Menyebutkan jenis-jenis musik tradisional Riau, Sulawesi Selatan

–  Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai musik tradisional

Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

–  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)

–  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)

–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

 

D.  Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
  • Siswa dapat mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
  • Siswa dapat menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

 

E.  Materi Pembelajaran

Pertemuan Ke-5 dan 6

1.   Musik tradisional adalah musik yang lahir dari budaya daerah yang sudah ada sejak nenek moyang, diwariskan secara turun-temurun, alat dan penyajiannya sederhana

2.   Fungsi musik tradisional adalah untuk: mengiringi pergelaran (teater daerah), mengiringi gerak tari daerah/klasik, sarana hiburan para bangsawan, mengiringi upacara adat dan religius, Memperkaya pengalaman jiwa

3.   Musik daerah Jawa Tengah adalah gamelan

4. Musik daerah Riau adalah orkes Melayu dan musik gambus

5.   Musik tradisional Sulawesi Selatan adalah musik Bugis dan musik Makasar (Ujung Pandang)

6.   Dalam pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional terutama gamelan Jawa Tengah ternyata banyak bagian-bagian alat gamelan, yang fungsinya berbeda-beda

7.   Nilai-nilai musikal pertunjukan musik Jawa Tengah adalah religius, pengungkapan ekspresi, nilai komunikatif, nilai budi pekerti luhur, nilai kebersamaan/kegotongroyongan

8.   Musik Betawi (gambang kromong) bernilai hiburan humor agar orang tertawa (terhibur)

9.   Musik daerah Nias bernilai magis, untuk mendatangkan roh-roh gaib

 

F.   Metode Pembelajaran

  • Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
  • Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
  • Menunjukkan nilainilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat
  • § Fungsi musik tradisional
  • § Latar belakang musik tradisional
  • § Pengalaman musikal dari pengamatan pertunjukan
    • Nilai-nilai  musikal melalui pertunjukan musik
    • Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas fungsi musik tradisional
    • Tanya jawab tentang latar belakang musik tradisional
    • Diskusi tentang gamelan sekaten
    • Tanya jawab tentang nilai-nilai musikal

 

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-5 dan 6

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diajak mengingat pemahaman tentang merancang dan membuat karya seni ukir

 

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami tentang apresiasi seni musik tradisional

 

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami fungsi musik tradisional

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

  • Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak memahami masalah yang berkaitan dengan latar belakang musik tradisional
  • Dengan praktik siswa menyaksikan musik sekaten dan mengapresiasinya
  • Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang musik tradisional

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

 

Penutup

  • Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

 

H.  Alat dan Bahan

1.   Alat : alat musik

2.   Sumber belajar :

  • Buku paket
  • Buku lain yang relevan (LKS)

 

I.    Penilaian

1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan bahwa musik tradisional mempunyai nilai sebagai ungkapan ekspresi!

2.   Sebutkan contoh alat musik yang mempunyai nilai komunikatif!

3.   Sebutkan fungsi-fungsi musik tradisional!

4.   Sebutkan macam dan fungsi kendang dalam karawitan Jawa Tengah!

 

 

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

 

 

Mengetahui,                                                             …… ……………………..

Kepala Sekolah……….                                            Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………………..                                            ……………………………..

NIP/NRK…………………..                                            NIP/NRK………………..


About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: