Contoh RPP Sejarah SMA Berkarakter

Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

SMA/MA.                               :

Mata Pelajaran                        : Sejarah

Kelas/Semester                        : X/1

Standar Kompetensi               : 1.  Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat

Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara

Indikator                                 : Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi,

legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah

di Indonesia

Alokasi Waktu                        : 1×45 menit

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu untuk:

  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore
  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam mitologi
  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam legenda
  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam nyanyian rakyat
  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam upacara

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

 

  1. Materi Pembelajaran
  • Folklore
  • Mitologi
  • Legenda
  • Nyanyian rakyat
  • Upacara

 

  1. Metode Pembelajaran

Ceramah, diskusi

 


Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia
    • Membaca dan mendiskusikan berbagai sumber tentang folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah
    • Siswa dapat Diskusikanlah mengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asalnya dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi guru menanyakan pada peserta didik mengenai mitologi Nyai Roro Kidul.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Guru menjelaskan materi dengan transparansi peta konsep mengenai folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia (hal 36 – 47). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang siswa untuk mendiskusikan mengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asalnya dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya (Aktivitas hal 47). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.)
  1. Kegiatan Penutup
  • Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
  • Menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);

 

  1. Sumber Belajar
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -
  • Buku sumber Sejarah SMA –  (hal 36 – 47)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

 

  1. Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk diskusimengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asal peserta didik dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya! (Aktivitas hal 47)

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal   : …………………………………………………….

Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..

No

Sikap/Aspek yang dinilai

Nama Kelompok/ Nama peserta didik

Nilai Kualitatif

Kriteria Penilaian :

Kriteria Indikator Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
80-100 Memuaskan 4
70-79 Baik 3
60-69 Cukup 2
45-59 Kurang cukup 1

 

Nilai Kuantitatif

Penilaian kelompok
1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik      
2 Kerjasama kelompok      
3 Hasil tugas      
Jumlah Nilai Kelompok    
Penilaian Individu Peserta didik
1. Berani mengemukakan pendapat      
2. Berani menjawab pertanyaan      
3. Inisiatif      
4. Ketelitian      
Jumlah Nilai Individu    

 

 

Mengetahui,

Kepala

 

 

 

 

  Juli 2011

Guru Mapel Sejarah

 

 

 

 

About these ads

4 responses

  1. bagus pak,mantap sekali rppnya

  2. terima kasih untuk contoh RPP nya semoga bisa kami kembangkan

  3. Anggit Gilang Fajari | Balas

    Terima Kasih banyak, contoh RPP anda menolong saya, Jazzakallahu Khoiron , semoga semakin sukses , Amienn :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: