Contoh RPP PKn SMA Berkarakter

Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah           :       

Mata Pelajaran          :        PKn

Materi Pokok             :        Semangat Kebangsaan

  • Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)

-          Makna nasionalisme

-          Makna patriotisme

  • Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
  • Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan

Kelas/Semester         :        X/1

Alokasi Waktu           :        2 x 45 Menit

 

  1. STANDAR KOMPETENSI             :
    1. Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

II.       KOMPETENSI DASAR                 :

Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

III.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

1

Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

Mandiri

2

Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan

3

Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan

4

Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

  • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.     TUJUAN PEMBELAJARAN  :

1      Siswa dapat mengkaji dari literatur tentang semangat kebangsaan dan patriotisme dan nasionalisme Indonesia, macam-macam perwujudan nasionalisme

2      Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia

 

V.      STRATEGI PEMBELAJARAN

No

Kegiatan Belajar

Waktu

( Menit )

Aspek lifeskill yang dikembangkan

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

1. Pendahuluan

-   Memberikan salam siswa

-   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa

15’

-   Disiplin

-   Kerjasama

-   Keterampilan

 
2. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

F  Menjelaskan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

F  mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia.

F  Tanya jawab

F  Latihan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

F  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui

F  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

55’

-   Kerjasama

-   Kesungguhan

-   Disiplin

-   Uji diri

Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab

Mandiri

3. Penutup

-   Evaluasi / Tanya jawab

-   Penenangan

20’

-   Pengendalian diri

 

 

 

 

STRATEGI PEMBELAJARAN

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Memahami hakekat bangsa dan NKRI.
  • Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
  • Siswa Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

 

VI.     PERANGKAT PEMBELAJARAN

  • Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  • Anhar Gonggong (2002), Nasionalisme sebuah kajian sejarah, (makalah sarasehan antar generasi) Departemen Sosial, Jakarta
  • Ø Hans Kohn (1961), Nasionalisme arti dan sejarahnya, Jakarta: PT Pembangunan Djakarta.

 

VII.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT

1.      Penilaian Kognitif

2.      Penilaian Afektif

 

Mengetahui,

Kepala

 

 

 

 

  Juli 2011

Guru Mapel PKN

 

 

 

 

About these ads

6 responses

  1. mohon dikirimm RPP PKn SMA yang lengkap

  2. kalo boleh tolong dikirim perangkat pembelajaran lengkap (RPP & silabus) berkarakter bidang study PKn. trimakasih sebelumnya

    1. Silahkan didownload di halaman “Silabus dan RPP berkarakter SMA”

  3. makih banyak

  4. tentang hukum ada gaaaaaa gaaan ? minta dooong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: