Contoh RPP Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA berkarakter

Contoh:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Nama Sekolah         :  SMA/MA ………………………..

Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester      : X / 1

Waktu                        : 6 x 45 menit

Aspek                        : Akhlak

 

 

A.  Standar Kompetensi

4.         Membiasakan perilaku terpuji.

 

B.  Kompetensi Dasar

4.1       Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan.

4.2       Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

4.3       Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

 

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

–  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.

–  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain

–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

–  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)

–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)

Husnuzhan :

- Pengertian Perilaku Husnuzhan

 

E.  Metode Pembelajaran:

–  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

 

F.   Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan mampu untuk :

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah.

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap sesama manusia.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.

–  Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.

 

G.     Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

–  Bertanya jawab tentang pengertian perilaku husnu zhan.

–  Bertanya jawab tentang  prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.

–  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.

–  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.

–  Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.

–  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.

–  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.

–  Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.

-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán

-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit

-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

 

b.   Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Elaborasi

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian Perilaku Husnuzhan

-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:

  • Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang perilaku husnuzhan?
  • Pernahkah kalian berperilaku husnuzhan?
  • Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti perilaku husnuzhan?

-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang perilaku husnuzhan untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.

-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.

-      Guru menjelaskan tentang perilaku husnuzhan baik terhadap Allah maupun terhadap diri sendiri.

 

Eksplorasi

-      Selanjutnya siswa menyebutkan perilaku husnuzhan dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.

-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti perilaku husnuzhan  kepada siswa.

-      Setelah selesai guru menjelaskan perilaku husnuzhan.

-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan.

-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku husnuzhan secara berkelompok.

-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

 

Konfirmasi

-      Perilaku husnuzhan  banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti selalu berfikir positif terhadap takdir Allah dan tidak berprasangka terhadap nikmat-Nya . Jika direnungkan, betapa Indah dan mulianya bersikap positif tanpa prasangka .

 

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)

-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan  sebagai penutup materi pembelajaran.

-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam perilaku husnuzhan .

-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.

-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

 

H.  Penilaian

–  Tes perbuatan (Performance Individu)

–  Tes tertulis

 

I.    Bahan/Sumber Belajar

–  Al Quran dan terjemahan DepartemenAgamaRI

–  Buku pelajaran PAI SMA kelas I

 

J.   Lembar Penilaian

I. Tes Tertulis

No.

Butir – butir Soal

Kunci Jawaban

1.

Apakah yang dimaksud dengan Husnuzhan itu…………. Berfikir dan bersikap yang baik. (Positif Thinking)

 

2.

Segala musibah yang terjadi di Negeri ini merupakan azab karena kesalahan kolektif dari pemimpin dan rakyat yang tidak menghendaki adanya syariat,dengan tanpa menyalahkan Allah. Merupakan cerminan dari……

 

Husnuzhan  terhadap Allah.

3.

Nanang berghorim kepada Udin sebesar Rp. 50.000 dan belum juga terlunasi. Sikap Udin membiarkan karena ia berpendapat bahwa Nanang sedang tidak ada uang dan mungkin tertimpa kesulitan.  

Husnuzhan  terhadap sesama manusia.

 

II. Tes Sikap

No.

Pernyataan

SS

S

TS

STS

1.

Musibah datang dari Allah untuk memberikan pelajaran dan hikmah.

2.

Allah Yang Berkuasa dan Yang Menentukan .        

3.

Tanamkan kebaikan sejak dini karena ia merupakan benih yang akan kita peroleh hasilnya dilain hari        

dst

……………………………………………….        

Keterangan :                              Skor Tes Sikap:

SS            = Sangat Setuju                               = 50

S              = Setuju                                             = 40

TS            = Tidak Setuju                                  = 10

STS         = Sangat Tidak Setuju                    = 0

 

III. Portofolio

Tes pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan antara lain:

-      apa yang dilihat;

-      laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan

-      laporan dari orangtua murid atau siswa.

                                                                                   

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

_________________________

NIP/NIK:

  ………….. , ………………………….

Guru Bidang Studi

 

 

 

_________________________

NIP/NIK:

About these ads

6 responses

  1. thanks sangat membantu sekali

  2. DULILLAH ALHAMMAKASIH YA PAK…

  3. anon (nyong wakasihu) wakasala | Balas

    MAKASIH YEAH ATAS CONTOH RPP NYA .,.,., SAYA PUAS BANGET.,.,.., SMOGA PAHALANYA DTRIMA DI SISI ALLAH.,.,., AMIIIIIIINNNNNNNN.,.,.

  4. nurul adhelia lumbanbatu | Balas

    makasih y pak contoh nya,,,,,

  5. hasmiyati mustari | Balas

    syukran

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: