Contoh RPP Kimia SMA Berkarakter

Contoh:

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

IKATAN  KIMIA – 1

 

Mata Pelajaran          :  Kimia

Kelas / Semester         :  X / 1

Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan

                                                ikatan kimia

Kompetensi Dasar     :  1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,  ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

 

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 

(1)   Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.

(2)   Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.

(3)   Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion

(4)   Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga.

(5)   Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.

 

II.  Tujuan:

Siswa dapat,

(1)      Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.

(2)      Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.

(3)      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion

(4)      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dan rangkap tiga.

(5)      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi.

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

III.    Materi Ajar       : 

Ikatan Kimia

  • Aturan oktet
  • Lambang Lewis
  • Ikatan ion
  • Ikatan kovalen (tunggal, rangkap dan rangkap tiga)
  • Ikatan kovalen koordinasi.

 

IV.    Metode pendekatan:

  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

 

  1. V.    Alokasi waktu
  • 4 Jam Pelajaran

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa  atom-atom membentuk ikatan kimia.
  • Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok.
  • Siswa dapat Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
  • Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan oktet) dan unsur bukan gas mulia.

 

VI. Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran).

Materi : 

  • Aturan oktet,
  • Lambang Lewis.

Kegiatan awal (5 menit)

  • Salam pembuka

Appersepsi:

  • Pada pelajaran sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa atom-atom dapat bergabung membentuk molekul atau ion.  Bagaimanakah hal itu terjadi?  Menapa rumus kimia air adalah H2O? (satu atom O mengiat 2 atom H, dan rumus kimia garam garam adalah NaCl (satu atom Na bergabung dengan 1 atom Cl)?

Motivasi:

  • Setelah mempelajari Bab ini, kamu akan memahami mengapa dan bagaimana atom-atom membentuk ikatan.  Selain itu kamu juga akan memahami berbagai macam sifat zat, misalnya, mengapa partikel air berupa molekul sedangkan partikel garam berupa ion.

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Menjelaskan membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen,  ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Diskusi kelas .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)

Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan makna tabel periodic.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2 dan LKS 3.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)

Materi:

  • Ikatan Ion,
  • Ikatan kovalen
  • Ikatan kovalen kordinasi

Kegiatan awal (5 menit)

  • Salam pembuka.
  • Memeriksa kehadiran siswa.
  • Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.

Kegiatan Inti (80 menit)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Membahas LKS 3.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Membahas LKS 3.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Diskusi kelas .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
  • tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Kegiatan Akhir (5 menit)

  • Menyimpulkan pembentukan ikatan kovalen, ikatan ion dan ikatan kovalen kordinasi.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Menginformasikan tes blok pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)

  • Ulangan harian 30 menit (soal dapat dilihat pada kartu soal).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
    • Membahas soal 10 menit.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
    • Sisa waktu untuk persiapan dan pemberian tugas berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

 

  1. VII.          Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 

Buku Kimia; LKS, multimedia.

 

  1. VIII.       Penilaian:
    1. PPK

Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)

  1. Responsi

Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)

 

 

 

 

 

…………..,……………….

Mengetahui

Kepala SMA/MA                                                                  Guru Mata Pelajaran

 

 

 

………………………                                                                     ……………………………..

NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

About these ads

Satu tanggapan

  1. Bagus sekali semoga bermanfaat bagi kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: