Contoh RPP Geografi SMA Berkarakter

Contoh RPP Geografi SMA Berkarakter:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

NAMA SEKOLAH                 :

Mata Pelajaran             : Geografi

Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)

Standar Kompetensi                 : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek

geografi

Kompetensi Dasar                   : 1.4. Mendeskripsikan Aspek-aspek Geografi

Indikator Pencapaian Kompetensi: –    Mengidentifikasi aspek-aspek geografi

-       Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu                         : 1 x 45 menit

 

  1. A.     Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu

-          Mengidentifikasikan aspek-aspek geografi

-          Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. B.     Materi Pembelajaran

-          Aspek-Aspek Geografi

  1. Aspek fisik (alamiah)
  2. Aspek sosial (kehidupan)

 

  1. C.     Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

 

  1. D.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar

-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya

-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA – ESIS

-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS

-          Buku-buku penunjang yang relevan

-          OHP / Slide Proyektor

-          Gambar fenomena geosfer

-          Internet

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mengamati gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
  • Siswa dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial

 

  1. E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kelima

  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
  • Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
  • Guru mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
  1. Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Guru menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tanya jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Mendiskusikan dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Guru menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
  1. Kegiatan Penutup
    1. Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
    2. Penugasan mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi (hal 12 – 13). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

 

  1. F.      Penilaian

Penilaian tertulis

-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.

Penilaian Performance/Sikap

-          Penilaian saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang fenomena geosfer        
Pemahaman tentang aspek-aspek geografi        
Kemampuan melakukan analisis terhadap pernyataan        
Kemampuan menyampaikan pendapat        
Partisipasi dalam diskusi        
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis        
Nilai rata-rata        
Komentar

 

Keterangan:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 – 79

Cukup

2

56 – 67

Kurang

1

< 55

 

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 1. Hakikat Geografi

  1. Pilihan Ganda
    1. Essai
  1. e
  2. b
  3. a
  4. b
  5. d
  6. b
  7. e
  8. c
  9. b
  10. c

 

  1. Ruang lingkup Geografi tidak lepas dari apa yang menjadi objek material geografi. Ruang lingkup geografi mencakup fenomena permukaan bumi (gejala geosfer), yang terdiri atas gejala alam (fisik) dan gejala manusia (sosial). Gejala-gejala ini menganalisis persebaran, hubungan, dan interaksi dalam ruang muka bumi. Geografi harus mampu menjawab pertanyaan 3WH, yaitu what – where – why – how tentang segala hal yang terjadi di muka bumi.
  2. Ilmu Geologi merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi secara keseluruhan; yang berkenaan dengan kejadian, struktur, komposisi, dan proses pembentukan bumi.

Peranan ilmu geologi terhadap geografi adalah membantu menjelaskan fenomena yang terjadi di bumi secara keseluruhan. Misalnya, fenomena gempa, dalam ilmu geologi akan dijelaskan mengenai sebab-sebab kejadian, kekuatan gempa, dan struktur penyusunnya. Melalui bantuan ilmu geologi, maka penjelasan geografi mengenai fenomena yang terjadi di bumi akan lebih jelas dan menyeluruh.

  1. Bahan kajian geografi yang berkaitan dengan aspek sosial, antara lain adat istiadat, tradisi, kepercayaan, kultur masyarakat, nilai-nilai dan norma hukum, serta hubungan antarmanusia dan lingkungan.
  2. Maksud objek formal dan material geografi adalah sebagai berikut.
  • Objek formal geografi merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis masalah-masalah objek material geografi. Analisis masalah objek material geografi tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan keruangan, lingkungan, dan kompleks kewilayahan.
  • Objek material geografi merupakan bahan (isi) kajian geografi berupa fenomena permukaan bumi (geosfer), yang meliputi litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan biosfer dengan segala variasi dan agihannya, serta antroposfer sebagai tema sentral.
  1. Fenomena banjir dapat dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip geografi. Pengamatan daerah banjir melalui prinsip persebaran, dapat diketahui daerah-daerah yang terkena banjir untuk segera dilakukan antisipasi. Melalui prinsip timbal balik, kita dapat mencari tahu penyebab terjadinya banjir, adakah faktor alam dan faktor manusia yang memengaruhinya. Dalam mengkaji banjir selalu diperhatikan persebarannya dalam ruang, hubungannya dengan faktor-faktor penyebab banjir, dan seterusnya. Dengan demikian, melalui prinsip korologi kita akan mampu menjelaskan karakteristik banjir tersebut. Kemudian melalui prinsip penggambaran, dapat diuraikan sebab dan akibat serta persebaran fenomena banjir dengan penggunaan peta, diagram, dan grafik.

 

  1. Soal Terapan
  2. Mendirikan toko kelontong dekat dengan perumahan, strategis, mudah dijangkau (aksesibilitasnya tinggi), sehingga para konsumen dapat dengan mudah mendatangi tokonya.
  3. Pembuatan terasering dan tanaman penutup.
  4. Topografinya yang tinggi (daerah pegunungan) terkadang banyak binatang buas yang datang ke rumah-rumah penduduk atau peristiwa alam seperti banjir.
  5. Skala Sikap

Rubrik Penilaian Skala Sikap

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang fenomena geosfer        
Pemahaman tentang materi        
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut        
Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut        
Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut        
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis        
Nilai rata-rata        
Komentar

 

 

Kriteria Penilaian:

Nilai kualitatif

Nilai kuantitatif

Memuaskan

4

> 80

Baik

3

68 – 79

Cukup

2

56 – 67

Kurang

1

< 55

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA/MA,

 

 

 

 

  , Juli 2011

Guru Mapel Geografi

 

 

 

 

About these ads

2 responses

  1. zainab nadar saimima | Balas

    makasih,,,
    tautan ini sangat membantuh saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: