Contoh RPP Fisika SMA Berkarakter

Contoh RPP Fisika SMA berkarakter:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                     : SMA …………………..

Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester I

Mata Pelajaran        : FISIKA

Alokasi Waktu         : 8 Jam Pelajaran

 

Standar Kompetensi

          2.   Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

 

Kompetensi Dasar

2.3. Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menyelidiki karakteristik gesekan statik dan gesekan kinetik melalui percobaan.
  4. Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
  6. Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal.
  7. Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar.

 

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

  1. Membedakan pengertian kinematika dan dinamika.
  2. Menyebutkan bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak.
  3. Menyebutkan contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menerapkan hukum-hukum Newton untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan.
  5. Menjelaskan fungsi diagram gaya yang bekerja pada benda.
  6. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang datar.
  7. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gaya yang membentuk sudut.
  8. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang miring.
  9. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada pesawat Atwood.

10. Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gerak vertikal.

11. Menjelaskan pengertian gaya gesekan.

12. Menyebutkan macam-macam gaya gesekan.

13. Membedakan gaya gesekan statik dan gaya gesekan kinetik.

14. Menyebutkan gaya gesekan yang bekerja pada benda.

15. Menentukan koefisien gesekan statik antara balok dan permukaan datar dengan menggunakan neraca.

16. Menentukan koefisien gesekan kinetik antara balok dan permukaan datar.

17. Menjelaskan manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda.

18. Menjelaskan pengertian gaya sentripental.

19. Menerapkan konsep gaya sentripental pada berbagai macam kasus.

20. Menjelaskan hukum gravitasi umum Newton.

21. Menjelaskan hukum Kepler

22. Menyebutkan bunyi hukum-hukum Kepler.

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

B. Materi Pembelajaran

Hukum Newton dan Penerapannya

 

C. Metode Pembelajaran

             1.  Model    :  –  Direct Instruction (DI)

-  Cooperative Learning

2.   Metode :  –  Diskusi kelompok

-  Eksperimen

-  Observasi

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
  • Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik.
  • Siswa dapat  Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas.

 

D. Langkah-langkah Kegiatan

 

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

l  Motivasi dan Apersepsi:

-   Mengapa pada saat di dalam mobil tubuh kita akan bergerak ke depan ketika mobil direm mendadak?

-   Apakah fungsi melukis diagram gaya yang bekerja pada benda?

l  Prasyarat pengetahuan:

-   Bagaimana bunyi hukum I Newton?

-   Apakah yang dimaksud dengan diagram gaya?

b. Kegiatan Inti

“  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kinematika dan dinamika. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan analisis tentang semua persoalan gerak di alam semesta  yang dapat diterangkan dengan hukum Newton yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan penerapan hukum I Newton sampai hukum III Newton untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai penerapan hukum I Newton sampai hukum III Newton yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penerapan hukum I Newton sampai hukum III Newton. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi diagram gaya yang bekerja pada benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan diagram gaya untuk berbagai macam gerak yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menggambarkan diagram gaya pada benda yang berada di atas bidang miring, sedangkan yang lain memperhatikannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

 

c. Kegiatan Penutup

l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

 

PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan

l  Motivasi dan Apersepsi:

-   Bagaimana cara menghitung percepatan jika ada beberapa gaya yang bekerja pada benda?

-   Bagaimana cara menghitung tegangan tali yang bekerja pada benda          dalam sistem katrol?

l  Prasyarat pengetahuan:

-   Apakah yang dimaksud dengan gaya total?

-   Bagaimana mekanisme gaya yang bekerja pada sistem katrol?

            b. Kegiatan Inti

“  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi hukum-hukum Newton pada berbagai macam kasus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru membagi tugas kelompok: (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton    pada benda di atas bidang datar.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton    pada gaya yang membentuk sudut.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton    pada benda di atas bidang miring.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton    pada pesawat Atwood (sistem katrol).

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan aplikasi hukum Newton    pada gerak vertikal.

l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Setiap kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai aplikasi hukum-hukum Newton  pada berbagai macam kasus yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan beberapa soal mengenai aplikasi hukum-hukum Newton pada berbagai macam kasus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

       c. Kegiatan Penutup

l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

 

PERTEMUAN KETIGA

            a. Kegiatan Pendahuluan

l  Motivasi dan Apersepsi:

-      Sebutkan contoh gaya gesekan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

-      Mengapa ban mobil dibuat agak kasar?

l  Prasyarat pengetahuan:

-      Apakah yang dimaksud dengan gaya gesekan?

-      Apakah manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda?

l  Pra eksperimen:

-   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

       b. Kegiatan Inti

“  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya gesekan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya gesekan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan gaya gesekan statik dan gaya gesekan kinetik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya gesekan yang bekerja pada benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil beberapa balok yang memiliki massa dan kekerasan permukaan yang berbeda-beda, neraca pegas, papan yang panjangnya 50 cm, dan lebar sekitar 10 cm. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk menentukan koefisien gesekan statik antara balok dan permukaan datar dengan menggunakan neraca (kegiatan 7.1 halaman 160). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menentukan koefisien gesekan kinetik antara balok dan permukaan datar (kegiatan 7.3 halaman 162). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan beberapa balok yang memiliki massa dan kekerasan permukaan yang berbeda-beda, neraca pegas, benang, papan yang panjangnya 50 cm, dan lebar sekitar 10 cm. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

            c. Kegiatan Penutup

l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

 

PERTEMUAN KEEMPAT

            a. Kegiatan Pendahuluan

l  Motivasi dan Apersepsi:

-   Apa syarat yang harus dipenuhi agar saat menuju puncak lintasan roller coaster tidak jatuh?

-   Bagaimana cara menentukan percepatan gravitasi di permukaan bumi?

l  Prasyarat pengetahuan:

-   Bagaimana mekanisme kerja roller coaster?

-   Apakah yang dimaksud dengan percepatan gravitasi?

            b. Kegiatan Inti

“  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya sentripental dan penerapannya dalam berbagai macam kasus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru membagi tugas kelompok: (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan gaya sentripental pada benda yang diikatkan pada tali dan diputar.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan gaya sentripental pada ayunan kerucut.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan gaya sentripental pada roller coaster.

■      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan gaya sentripental pada mobil di jalanan melingkar.

l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Setiap kelompok melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum gravitasi umum Newton. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan perumusan menentukan percepatan gravitasi di permukaan bumi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan beberapa soal mengenai percepatan gravitasi di permukaan bumi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Kepler. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum-hukum Kepler. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik memperhatikan penjelasan dan penerapan hukuim-hukum Kepler yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

“  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

            c. Kegiatan Penutup

l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

 

E. Sumber Belajar

a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1A (Esis) halaman 141-186

b.  Buku referensi yang relevan

c.  Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

-       Tes tertulis

-       Tes unjuk kerja

-       Penugasan

b. Bentuk Instrumen:

-       Tes PG

-       Tes uraian

-       Uji petik kerja produk

-       Tugas rumah

c. Contoh Instrumen:

-  Contoh tes PG

Sebuah benda bermassa 50 kg bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Besarnya gaya     dalam arah berlawanan yang harus diberikan agar benda berhenti setelah 10 s adalah ….

a. 100 N                                               d. 10 N

b.  50 N                                                e.   5 N

c.  25 N

-  Contoh tes uraian

Gaya horizontal sebesar 400 N diperlukan untuk mendorong kereta sepanjang bidang pada laju konstan. Berapakah gaya gesekan antara kereta dan bidang?

 

-   Contoh tugas rumah

Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.

 

 

     ……………,……………….

Mengetahui

Kepala SMA/MA…                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………….                                                                …………………………

NIP/NIK.                                                                         NIP/NIK.              

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: