Contoh RPP Biologi SMA Berkarakter

Contoh RPP Biologi Berkarakter:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Mata Pelajaran          : Biologi

Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                 : 1

Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

  Kompetensi Dasar    : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

Tujuan                       :        Siswa mampu menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

“  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  • Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.

“  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  • Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

 

  1. I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
  • Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati

 

  1. II.    Materi Ajar
  • Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mengamati gejala keanekaragaman
  • Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan
  • Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
  • Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan
  • Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati
  • Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem
  • Siswa dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
  • Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
  • Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
  • Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
  1. Kegiatan inti (70 menit)

“ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  • Siswa mengamati  keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

“ Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi,

  • Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

“ Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

 

  1. V.    Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku kerja Biologi 1A, Esis
  • Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
  • Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

 

  1. VI.             Penilaian
  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMA ……………………

 

 

 

(_________________________)

NIP/NIK : ………………………………

  ………………,…………………20…

Guru mapel Biologi

 

 

 

(_________________________)

NIP/NIK : ………………………………

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: