Contoh RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter

Contoh:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Nama Sekolah                   :    

Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris

Kelas/Semester                :     X / 1

Alokasi Waktu                   :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )

Topik Pembelajaran         :     Procedure

Pertemuan Ke                   :

 

A.      Standar Kompetensi

         Mendengarkan

2                      Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.          

         Berbicara

4.               Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

B.      Kompetensi Dasar

2.2              Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure.

4.2              Mengung-kapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

  • § Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure
  • § Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
  • § Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

  • Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  • Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  • Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  • Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

D.      Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

  • Siswa dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure
  • Siswa dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
  • Siswa mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure

 

E.      Materi Pokok

Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:

 

How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)

 

Ingredients:

-    5 onions

-   10 candlenuts

-   10 garlic cloves

-   4 bay Leaves

-   1/2 lb. (250g) green jack fruit

-   2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds

-   1-1/4 tsp. (6g) cumin

-   1/4 cup (62ml) coconut sugar

-   2 cups (500ml) coconut milk

-   2 tsp. (30g) tamarind

-   2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces with bone)

-   5 cups (1.25l) water

-   2 inches bruised galangal

 

Instructions:

-  First, cut green jack fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.

-  Next, ground onions, candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.

-  Add the chicken pieces, stir fry until chicken changes clour.

-  Then, pour 4 cups of water and coconut sugar, bring to a boil.

-  Add the green jack fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.

-  Finally, add coconut milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve  hot with ice.

- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker

  1. 1.    Procedure text can be explained as bellow:

Social function  :  to describe how something is accomplished through

a sequence of actions or steps.

Generic structure:

-  Goal.

-  Materials (not required for all procedural texts)

-  Steps (a series of steps oriented to achieving the goal)

 

 

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Total Physical Response

 

G.      Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Bertanya jawab tentang pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
  • Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
  • Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
  • Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

 

  • Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
  • Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
  • Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
  • Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
  • Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
  • Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

 

  • Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
  • Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.

 

 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal  (10’)

-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)

-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)

-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD

-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

 

Kegiatan Inti (70’)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru:

  • Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi guru:

  • Membiasakan siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi  guru:

  • Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
  • Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
  • Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
  • Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.

Kegiatan Akhir (10’)

  • Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  • Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.      Sumber/Bahan/Alat

  • Buku Look Ahead 1  , English for Better Life
  • Buku Inter-Language Kelas X
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari Look Ahead 1 dan Inter-Language

I.       Penilaian

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.

 

No.

 

Indikator

Teknik

Bentuk

Contoh

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3

Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure

 

Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.

 

Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure

Performance Assessment (responding)

 

 

 

 

Tes Lisan

 

 

 

 

Tes Lisan

 

Melengkapi dialog

 

 

 

 

 

Membuat dialog

 

 

 

 

Presentasi individual

Complete the dialogue below using the suitable expression!

 

 

 

Give your responses orally based on the situations below!

 

 

Listen carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps

II. Instrumen  Penilaian

 

Your teacher will read the following text. Listen carefully and then identify the            goal, materials needed and steps.

 

How to Make an Omelet

 

Hello friend, how are you? Have you ever eaten a cheese omelet? Do you know how to make a Cheese Omelet? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is the way. Listen to me.

To make a Cheese Omelet, you should prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm… ¼  cup of milk, three tablespoons of cooking oil, uhm…what else ….? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils like a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm….. a cheese grater …and a bowl and of course ….a plate. Okay? Are you following me ? Right! Let me tell you how to make it.

First, crack an egg into a bowl like this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season it with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it? Bon appetite!

 

Find out:

  1. What is the text talking about?
  2. What is the purpose of the text?
  3. How many steps are there in the text?

 

Please represent in front of the class how to make or to do something!

 

III.  Pedoman Penilaian

 

No

Aspect of Scoring

Scoring

Low (45-59)

Average (60-75)

Good (76-100)

1

Pronunciation

2

Intonation

3

Stress

4

Gestures

Total

Total Score

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

, Juli 2011

Guru Mapel Bahasa Inggris,

 

 

 

 

About these ads

4 responses

  1. It’s great. You publish your work. May we apply your RPP at our school? If we may, I’d say thank you before hand.

  2. good . good . good JOB . thanks

  3. thanks a lot…..
    its very useful for me as a student….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: