Contoh RPP Bahasa Inggris SMA Berkarakter Kelas X sem 1 2011

Sumber data : Ibu Yulia SMA N 2 Ungaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                    :           SMA Negeri 2 Ungaran

Mata Pelajaran                    :           Bahasa Inggris

Kelas/semester                    :           X/I

Standar Kompetensi           :           1.         Mendengarkan

Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

Kompetensi Dasar   :         1.1.                  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get

things done) dan interpersonal (bersosialisasi)resmi dan berlanjut secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan dan bertemu berpisah

 

Indikator                  :1.1.1.          Mengidentifikasi tindak tutur bertemu, berpisah, berkenalan

beserta responnya dalam sebuah percakapan

1.1.2            Merespon tindak tutur bertemu, berpisah dan berkenalan

1.1.3            Mengidentifikasi gambaran umum dari teks

1.1.4            Mengidentifikasi informasi tertentu

 

Jenis teks                                             :           Teks transaksional dan interpersonal.

Aspek/Skill                                          :           Mendengarkan

Alokasi Waktu                                    :           1 x pertemuan ( 2 x 45 menit)

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pelajaran siswa dapat menjawab pertanyaan teks yang didengar

B.     Materi Pembelajaran

Contoh penggunaan ungkapan dan responnya:

Bertemu

A  :           Hi, how are you?

B  :           Hi, I am fine thanks

                How are you?

A  :           I am fine too, thank you.

 

                        Berpisah:

                                    A          :           See you later

                                    B          :           See you

 

                        Berkenalan

                        A:        I am Wati. Pleased to meet you!

            B:  Hi, I am Tono. Pleased to meet you too!

 

C.    Metode / Teknik :

Brainstorming, Ceramah, Diskusi berpasangan, Penugasan

 

D.    Langkah-langkah Kegiatan

  1. a.                Kegiatan awal:

Salam dan doa (religius)

Cek kehadiran siswa

Mengkondisikan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan hal berikut:

-          Orientasi

Guru menunjukkan sejumlah slide dari power point yang menunjukkan berbagai macam cara member salam dan berkenalan  dan memberikan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan slide dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan isi slide.(rasa ingin tahu)

Contoh:

Can you guess what  they are  doing?

-    Apersepsi

Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru untuk memberikan persepsi awal (komunikasi)

Contoh:

What will you do if you meet someone for the first time?

What will you say if you want to introduce yourself or others to someone?

What will you say if you want to know his/her well-being?

What will you say if you want to say good bye?

-    Motivasi

Guru menyampaikan manfaat dan tujuan materi yang akan dipelajari oleh siswa

Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan urutannya kepada siswa

-                  Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran

2.    Kegiatan Inti

-    Siswa menyimak percakapan dari sebuah video yang berisi percakapan dengan berbagai ungkapan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)

-    Guru menyuruh siswa mendiskusikan ungkapan yang digunakan serta kosa kata baru secara berpasangan dari  teks yang didengar (komunikasi, demokratis, rasa ingin tahu)

-    Siswa menjawab pertanyaan guru dengan mengidentfikasi ungkapan yang digunakan serta responnya secara individual (kerja keras, komunikasi)

-    Siswa menyimak penjelasan tentang ungkapan-ungkapan salam bertemu berpisah dan berkenalan  dari sebuah video  (Rasa ingin tahu)

-    Guru meminta siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk bertemu, berpisah serta berkenalan berdasarkan isi video (komunikasi)

-    Guru memberikan contoh pengucapan dari ungkapan yang sudah dibahas

-    Siswa menyimak beberapa percakapan dari sebuah video dan meminta siswa  menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi percakapan secara individual (rasa ingin tahu, kerja keras, tanggungjawab, mandiri)

-  Guru bersama siswa membahas jawaban pertanyaan (komunikasi)

 

3.   Kegiatan Akhir

-    Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan   terhadap pelajaran yang baru saja dijalani,

-   Siswa dengan panduan guru membuat rangkuman

 

Penugasan Terstruktur:

Mencari 3 buah contoh teks percakapan yang menggunakan tindak tutur bertemu berpisah dan berkenalan dan merangkumnya

 

E.  Sumber Belajar

a.        Communication in English. Examples and Models. Functions. Walter Matreyek.

b.        http://www.youtube.com/watch (Learn English 1 Greetings)

c.        New Interchange. English for International Communication. Jack C. Richards.

d.        Teacher-made materials

e.        Clip Arts dari internet

f.    Speaking Naturally Communication  Skills in American English oleh Bruce Tillitt dan mary Newton Bruder

g.    Baron’s TOEIC Test 2nd Edition

 

E.     Penilaian

a.           Teknik             :           Tes tertulis, pengamatan, penugasan

b.          Bentuk                        :           Pilihan ganda, pengamatan sikap dengan lembar pengamatan, PR

c                        Instrumen        :           Terlampir

 

Ungaran,    Juli 2011

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Ungaran                               Guru Mata Pelajaran,

 

Dra. Jadmi Rahayu, MM.                                          Dra. Yulia Susilowati, M.Pd.

NIP 19591205 198503 2006                                      NIP 19680713199512 2002

 

Instrumen Penilaian KD 1.1

A.        Penilaian Sikap (Afektif) melalui proses pembelajaran

             a. Instrumen pengamatan sikap yang mencerminkan nilai-nilai karakter

 

No

 

Indikator nilai karakter

No. daftar hadir peserta didik *)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 .. 32

1

Siswa menyimak pelajaran dengan antusias

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Berkomunikasi secara santun dan partisipatif  aktif dalam interaksi di kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Menunjukkan rasa ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara tanggungjawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Berusaha keras untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Mengikuti prosedur atau kegiatan pembelajaran dengan baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Diisi dengan:

  •  BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
  •  MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
  • MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
  • MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)

 

Nilai afektif:

BT : setara dengan 41 – 55 (D)

MT: setara dengan 56 – 70 (C)

MB : setara dengan 71 – 85 (B)

MK : setara dengan 86 – 100 (A)

B.        Penilaian aspek kognitif

Tes tulis pilihan ganda

Kisi – Kisi Soal

 

Jenis sekolah      : SMA                                                 Jumlah soal         :  5

Mata pelajaran   : Bahasa Inggris                                  Bentuk soal/tes   :  Pilihan ganda

Kurikulum         : KTSP                                                Penyusun            :  Yulia Susilowati

Alokasi waktu                                                               : 15 menit

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Kls/

smt

Materi

pokok

Indikator soal

Nomor

soal

1

 

 

 

 

 

Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur berkenalan, bertemu dan berpisah) X/I Ungkapan salam bertemu dan berpisah serta berkenalan Diberikan sebuah percakapan, siswa dapat menentukan ungkapan yang digunakan

 

Diberikan sebuah pertanyaan, siswa dapat menentukan respon yang tepat dari ungkapan yang diberikan

 

Diberikan sebuah pernyataan, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks  dengan benar

 

Diberikan sebuah percakapan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat tentang tempat percakapan terjadi

 

Diberikan sebuah percakapan siswa dapat memilih jawaban tentang siapa yang terlibat dalam percakapan

1, 2,3

4,5,6,7

8

9

10

 

Teks Listening  dan Pertanyaan :

  1. A         :           Hi, I am Tina. I was born in South Korea but I was grown up in America.

What about you?

B         :           Well, I am Tony . I am from Canada.

What  is the text about:

  1. Invitation
  2. Home town
  3. Introduction
  4. Friendship
  5. Tina and Tony
  1. A         :           Hi, I am Dewi. I graduated from SMP 1 Ungaran.

B        :           Hello Dewi. I am Ratih and I attended SMP 3 Ungaran.

A        :           Nice to meet  you Ratih

B        :           Nice to meet you too Dewi.

The bell is ringin. Let’s go the our class.

Where does the conversation take place?

  1. In SMP 1
  2. In SMP 3
  3. At school
  4. In Dewi’s house
  5. In the classroom
  6. Friends
  7. Students
  8. Neighbours
  9. A teacher and a student
  10. teachers
  1. What are Dewi and Ratih?
  1. A         :           It’s time to leave. See you tomorrow Jane.

B         :           Take care Jim. See you.

What does Jim express in the dialog?

  1. Greetings
  2. Introduction
  3. Leave-taking
  4. Invitation
  5. Sadness
  1. A         :           It has been  long time no see you. Where have you been?

B         :           …

a.         Yes  you are right

b.         Really?

c.         I am here.

d.         I have been abroad for study.

e.         I don’t go anywhere.

Penskoran:

Jumlah benar x 2 x 10

5 x 2 = 10 x 10 = 100

 

Kunci jawaban:

  1. C  2.         E          3.         B         4.         C         5.         D

 

About these ads

7 tanggapan

  1. hmmmmmmmmmmm.. ad yg lebih komplit gk ??

  2. atirah from bone sulawesi selatan | Balas

    klo boleh dipostingkan semua semester 1 dan 2

  3. yang pake fakta, konsep, prinsip, n prosedur ada gk?

  4. sipp, thanks
    cuma kurang d kegiatan inti tak ada elaborasi dan eksplorasi, but nice :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: