Contoh RPP IPA SMK Kelas XI pola eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                        : SMK Negeri Jenawi

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam

Pemelajaran I              : Dampak Polusi

Kelas/Semester            : XI/Genap

Alokasi Waktu            : 7 pertemuan,  @ 2 x 45 menit

 

I. Standar Kompetensi    : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungan

II. Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan

III. Indikator:

  1. Mendeskripsikan dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia.
  2. Menjelaskan dampak polusi udara, air, dan tanah terhadap kesehatan dan lingkungan.
  3. Menjelaskan dampak polusi suara, radioaktif dan makanan terhadap kesehatan dan lingkungan.

 

IV. Tujuan Pembelajaran : 

  1. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat mendeskripsikan dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dengan benar.
  2. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi udara terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  3. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi air terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  4. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi tanah terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.
  5. Setelah mempelajari materi ini siswa akan dapat menjelaskan dampak polusi suara, radioaktif dan makanan terhadap kesehatan dan lingkungan dengan benar.

 

V. Materi Pembelajaran : 

  1. Manusia dan Lingkungan
  2. Dampak Polusi Udara
  3. Dampak Polusi Air
  4. Dampak Polusi Tanah
  5. Dampak Polusi Suara
  6. Dampak Polusi Bahan Radioaktif
  7. Dampak Pencemaran Makanan

 

VI. Metode Pembelajaran : CBSA (cara belajar siswa aktif),  eksplorasi, kooperatif.

VII. Media Pembelajaran :

1. Buku Materi Pelajaran/ Bahan Ajar  IPA SMK XI B Sekawan Penerbit Cipta Pustaka.

2. Buku bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMK.

3. LCD Proyektor, Laptop.

4. Foto-Foto tempat/gambaran kualitas lingkungan.

 

VIII. Sumber Belajar/Bacaan:

  1. Bahan Pelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam SMK XIB Sekawan, penerbit Cipta Pustaka.
  2. Internet.

 

 

 

 

 

 

 

 

IX. Langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan pertama

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa, penilaian atau cara pencapaian kompetensi dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung.

 

10 menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Siswa mempelajari materi pembelajaran 1 bagian A dan B, buku IPA  Sekawan  halaman 3-6.

Guru dengan media LCD dan dengan  menggunakan gambar berbagai jenis habitat makhluk hidup menjelaskan  materi yang sulit dipahami siswa.

Siswa mengerjakan latihan ulangan 1 halaman 7.

Guru bersama siswa membahas jawaban latihan ulangan 1.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa mengerjakan kegiatan kelompok pada halaman 6, sebagai tugas rumah (PR).

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

Pertemuan Kedua

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung

 

10  menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Guru menagih tugas siswa, kemudian secara acak memilih satu atau dua kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja mereka. Siswa dari kelompok lain bisa memberikan apresiasi.

Guru melakukan pengamatan dan penilaian proses terhadap kegiatan kelompok.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi berikutnya sebagai tugas rumah (PR).

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

Pertemuan ketiga

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung

 

10 menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Siswa mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C,  buku  IPA  Sekawan halaman 8-15.

Guru dengan media LCD dan dengan  menggunakan gambar, menjelaskan  materi yang sulit dipahami siswa.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa mempelajari materi berikutnya sekaligus mengerjakan  kegiatan halaman 14, sebagai tugas rumah (PR).

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

Pertemuan keempat

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung

 

10 menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Siswa melanjutkan mempelajari materi pemelajaran 1 bagian C,  buku  IPA  Sekawan halaman 8-15.

Guru dengan media LCD dan dengan  menggunakan gambar, menjelaskan  materi yang sulit dipahami siswa.

Siswa bersama guru mendiskusikan materi kegiatan halaman 14.

Siswa mengerjakan soal ulangan harian 2 halaman 14.

Guru bersama siswa membahas jawaban ulangan 2.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa mempelajari materi berikutnya sekaligus mengerjakan  kegiatan halaman 20, sebagai tugas rumah (PR).

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

Pertemuan kelima

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung

 

10 menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Siswa mempelajari materi pembelajaran 1 bagian D,  buku  IPA  Sekawan halaman 16-19.

Guru bersama siswa mendiskusikan hasil kegiatan sebelumnya (PR).

Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa mempelajari materi selanjutnya sekaligus mengerjakan kegiatan individu halaman 21, 24, sebagai tugas rumah (PR).

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

 

Pertemuan keenam

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung

 

10  menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Guru bersama siswa membahas hasil kegiatan individu dan  jawaban latihan ulangan (PR).

Guru dengan bantuan media pembelajaran (LCD), menjelaskan materi yang masih menjadi kesulitan siswa.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan untuk mempelajari materi pembelajaran pertama guna menghadapi uji sub kompetensi 1

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

Pertemuan ketujuh

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

 

Pendahuluan/ Eksplorasi:

Guru mengisi data kehadiran siswa (presensi)

Guru memberikan motivasi siswa dan apersepsi pembelajaran yang akan berlangsung.

 

5  menit

 
2 Kegiatan Inti/Elaborasi:

Siswa melaksanakan uji sub kompetensi 1 selama 45 menit

Siswa mengoreksi lembar jawaban secara silang, guru membacakan kunci jawabannya.

Guru, dengan bantuan Excel melakukan analisis jawaban siswa.

Siswa yang mendapatkan skor nilai di bawah KKM harus mengulang belajar materi sesuai ketidakkompetensinya, dibantu oleh siswa yang mendapat nilai di atas KKM .

Guru melakukan pengamatan proses kemudian mengadakan evaluasi kemampuan kepada siswa yang belum kompeten.

 

 

 

65-70 menit

 
3 Penutup/ Konfirmasi:

Guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran.

Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi pembelajaran berikutnya.

 

10-15 menit

 
 

Jumlah waktu

90 menit  

 

X. Penilaian :

1. Penilaian Performa atau sikap dan partisipasi kerja siswa.

2. Penilaian hasil kerja (ulangan harian tugas rumah)

3. Tes tertulis.

 

XI. Alat Penilaian :

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar, tulis dalam kertas kerja anda!

  1. Berikut merupakan faktor-faktor yang menyebabkan masalah polusi di kota-kota besar kecuali ….

a.   produksi pangan yang semakin meningkat

b.   tingginya urbanisasi sehingga daya dukung lingkungan rendah

c.   meningkatnya industrialisasi

d.   ketergantungan masyarakat pada produk teknologi

e.   banyaknya sumber daya alam yang dapat dieksploitasi

  1. Kesehatan secara keseluruhan tidak hanya tentang ketidakhadiran penyakit saja, tetapi menyangkut masalah kondisi ….

a.   fisik                                                                 d. fisik, mental dan etika

b.   fisik dan mental                                              e. fisik, mental dan sosial

c.   mental dan social

 

  1. Dalam pemaparan faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia, maka lingkungan tanah akan mengontaminasi manusia lewat ….

a.   kulit                                                                 d. kulit dan saluran pencernaan

b.   saluran pernapasan                                          e. kulit dan saluran pernapasan

c.   saluran pencernaan

  1. Polutan ini tidak berwarna dan berbau, berasal dari proses pembakaran yang tidak sempurna dari bahan yang mengandung karbon. Polutan ini adalah ….

a.   C                                                                                 d. CFC

b.   CO                                                                              e. CaSO4

c.   CO2

5. Gas CO merupakan gas beracun, apabila seseorang terkontaminasi gas CO akan kekurangan oksigen dalam tubuhnya, hal ini disebabkan karena ….

  1. paru-paru akan tersumbat oleh gas CO
  2. oksigen di udara sudah bereaksi dengan gas lain
  3. haemoglobin akan berikatan dengan gas CO
  4. peredaran darah menjadi tidak lancer
  5. oksigen bereaksi dengan gas CO

6. Kadar gas nitrogen oksida di udara berhubungan dengan jumlah penyakit bronchitis kronis. Pada bayi,  nitrit akan bereaksi dengan haemoglobin dan dikenal dengan istilah ….

a.   wajah bayi                                                       d.         bayi kuning

b.   wajah biru                                                       e.         bayi pucat

c.   bayi biru

7. Gas SO3 akan bereaksi dengan uap air membentuk H2SO4 dan dapat menimbulkan dampak ….

a.   eutrofikasi                                                       d. hujan asam

b.   pemanasan suhu                                              e. efek rumah kaca

c.   hujan badai

8. Berikut merupakan sumber polutan sulfur dioksida secara alami, kecuali ….

  1. pembakaran batu bara
  2. aktivitas gunung berapi
  3. pembusukan bahan organik
  4. reduksi sulfat secara biologis
  5. penguraian oleh mikroba

9. Dampak gas sulfur oksida terhadap kesehatan manusia adalah ….

  1. mual, kepala pusing
  2. gangguan penglihatan dan daya tangkap
  3. mengganggu proses biokimia tubuh
  4. menyebabkan penyakit anemia dan stroke
  5. paralysis cilia dan peradangan pada selaput lendir

10. Dampak hujan asam bersifat merugikan bagi kesehatan manusia, karena nitrat yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi nitrit dan bereaksi dengan haemoglobin yang merusak sistem ….

  1. pernapasan dan emphysema
  2. transportasi oksigen dalam darah
  3. pernapasan dan iritasi pada tubuh
  4. sirkulasi dan paralysis silia
  5. epithelium yang menyebabkan kematian

11. Berikut ini merupakan gejala-gejala yang ditimbulkan akibat hujan asam pada lingkungan, kecuali ….

  1. timbulnya bintik-bintik pada daun
  2. terhambatnya makanisme pembentukan klorofil
  3. dapat membunuh ikan dan tanaman air
  4. kecepatan korosi meningkat
  5. rawan bencana kering dan banjir

 

12. Terperangkapnya radiasi infra merah oleh CO2 dalam atmosfer, dan menyebabkan meningkatnya suhu bumi disebut ….

  1. a.      green house effect
  2. b.      green house gases
  3. gas-gas rumah kaca
  4. efek radiasi panas
  5. efek rumah panas

13. Dampak pemanasan global terhadap kesehatan manusia adalah ….

  1. menyebabkan iritasi pada mata
  2. timbul penyakit paralysis silia
  3. menyebarnya penyakit malaria
  4. terjangkitnya penyakit DBD dan cholera
  5. menyebarnya penyakit malaria dan DBD

14. Dampak pencemaran air oleh minyak pada badan air menyebabkan ….

  1. penetrasi sinar kedalam air berkurang
  2. penyumbatan saluran air
  3. terendamnya telur-telur ikan
  4. kecepatan reaksi kimia meningkat
  5. tingginya jumlah oksigen terlarut

15. Efek negative dari limbah detergen di perairan adalah ….

  1. mudah diuraikan mikroorganisme
  2. menyebabkan eutrofikasi
  3. dapat membersihkan zat-zat beracun
  4. oksigen terlarut semakin tinggi
  5. penyumbatan saluran air

 

B.  Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas !

1.   Jelaskan bahwa tindakan pembinaan lingkungan dan pembangunan yang ada merupakan tindakan yang tidak bertentangan  tetapi dapat berjalan bersama saling memperkuat !

2.   Jelaskan dampak yang ditimbulkan apabila manusia terkontaminasi polutan Pb diudara !

3.   Polusi air dapat disebabkan adanya bakteri pathogen. Sebutkan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri !

4.   Hal-hal apa saja yang dapat merugikan kesehatan manusia dan lingkungan akibat penumpukan sampah disembarang tempat ? Sebutkan !

5.   Pencemaran makanan dapat diakibatkan karena kegagalan dalam proses pengemasan. Jelaskan !

 

Kunci  Jawaban :

Bagian A:

1. E                   2. E                   3. D                   4. B                 5. C

6. C                   7. D                   8. A                   9. E                 10.B

11. E                 12. A                 13. E                 14. A               15. B

 

Bagian B:

1.    Jawab : apabila dilihat pembangunan sering menimbulkan kerusakan lingkungan hidup, tetapi apabila pembangunan yang dilakukan memperhatikan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan maka pembinaan lingkungan yang diberikan dapat memperkuat jalannya pembangunan dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem yang ada

2.    Jawab : Pb dalam udara yang terhirup masuk melalui pernapasan akan mengendap di dalam tubuh. Dari paru-paru akan menyebar keseluruh tubuh melalui peredaran darah, masuk dalam sel darah merah, ginjal, hati yang mengganggu proses biokimia dalam tubuh. Dan dapat menyebabkan penyakit anemia, hipertensi, serangan jantung, kerusakan otak, stroke dan kanker ginjal.

 

 

3.    Jawab :

a.  diare

b. kolera

c.  tifus

4.    Jawab : penumpukan sampah di sembarang tempat dapat menyebabkan timbulnya bau yang menusuk dan menjadi sarang lalat yang dapat menyebarkan penyakit bagi manusia, lingkungan sekitarnya akan tercemari cairan dari sampah maupun bau yang ditimbulkan

5.    Jawab : karena dalam proses pengemasan dapat terjadi reaksi antara bahan makanan dengan kemasan, antara lingkungan dengan kemasan atau proses perkembangbiakan mikroorganisme akibat kontak antara bahan makanan dan udara.

 

 

 

 

Norma Penilaian:

Bagian A jawaban benar skor 1

Bagian B tiap jawaban benar skor 3

Nilai akhir = (jumlah  skor A + jumlah skor B )/ 3

 

 

Catatan :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

Jenawi, ….. Januari  2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                       Guru IPA

 

About these ads

6 tanggapan

  1. wh pas banget ne mz… sdang sy cari thank y buat cntoh..

  2. rpp nya bagus banget, makasih banyak yah,,,

  3. sipppp
    tapi gmn mau ngopinya

  4. bukannya eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi masuk ke kegiatan inti pembeljaran????

    1. he he he, contoh itu memang dibuat ketika masih belum paham bagaimana seharusnya ……..silahkan direvisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: