Contoh RPP EEK SD Kelas 3 tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema :  KEGIATAN

Kelas   : III ( tiga )

Alokasi waktu  : 2 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI
  1. PKn
:
  1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
  1. IPS
:
  1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
  1. IPA
  • Ø Makhluk hidup dan proses kehidupan
  • Ø Benda dan sifatnya

:

:

  1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
  1. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
  1. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Matematika
  • Ø Bilangan
  • Ø Geometri dan Pengukuran

:

:

  1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
  1. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah.
  1. Bahasa Indonesia
  • Ø Mendengarkan
  • Ø Berbicara
  • Ø Membaca
  • Ø Menulis

:

:

:

:

  1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan dan saran.
  1. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
  1. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.
II. KOMPETENSI DASAR
  1. PKn
: 1.1.  Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.

1.2.  Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

  1. IPS
: 1.2.  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

1.4.  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan / desa.

  1. IPA
: 1.2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

2.3.  Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

3.1.  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas.

  1. Matematika
: 1.1.  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.

1.3.  Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.

1.4. Melakukan operasi hitungan campuran

2.1.  Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya ( meteran, timbangan, jam )

2.3.  Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat.

  1. Bahasa Indonesia
: 1.1.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

2.3   . Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat.

3.1.  Membaca nyaring teks ( 20 – 25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

3.2.  Menjelaskan isi teks ( 100 – 150 ) melalui membaca intensif.

4.1.  Menyusun paragaraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

III. INDIKATOR
  1. PKn
:
  • Membaca teks Sumpah Pemuda
  • Mencatat kegiatan karang taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan.
  1. IPS
  • Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik.
  • Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah.
  • Membuat gambar yang menunjukkan kerjasama di lingkungan sekolah.
  1. IPA
:
  • Mempraktekkan cara memelihara tanaman.
  • Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat.
  • Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat.
  • Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair.
  • Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas.
  1. Matematika
:
  • Mementukan posisi pada garis bilangan.
  • Menentukan pola pada garis bilangan.
  • Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian.
  • Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian.
  • Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua.
  • Menyebutkan jenis alat ukur sederhana.
  • Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur.
  • Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam, pada jarum jam.
  • Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam.
  • Menentukan hubungan antar satuan waktu : menit, jam, hari, minggu, bulan an tahun ; san antar satuan berat : Kg, ons, gram.
  1. Bahasa Indonesia
:
  • Mendengarkan penjelasan.
  • Menyusun percakapan melalui telepon.
  • Memberikan tanggapan dan saran.
  • Membaca bersama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Memahami isi cerita.
  • Menjawab pertanyaan.
  • Memahami isi teks.
  • Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat.
  • Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung.
  • Menulis kalimat dengan menggunakan tanda koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh dan perseratus.
  • Menuliskan kalimat dengan menggunakan tanda seru.
  • Menggunakan kata depan di- dan ke-
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. PKn
  • Siswa dapat membaca teks Sumpah Pemuda.
  • Siswa dapat mencatat kegiatan karang taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan.
  1. IPS
  • Siswa dapat memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik.
  • Siswa dapat mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah.
  • Siswa dapat membuat gambar yang menunjukkan kerjasama di lingkungan sekolah.
  1. IPA
  • Siswa mempraktekkan cara memelihara tanaman.
  • Siswa dapat membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat.
  • Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat.
  • Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair.
  • Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas.
  1. Matematika
  • Siswa dapat menentukan posisi pada garis bilangan.
  • Siswa dapat menentukan pola pada garis bilangan.
  • Siswa dapat mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian.
  • Siswa dapat mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian.
  • Siswa dapat membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua.
  • Siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur.
  • Siswa dapat membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam.
  • Siswa dapat membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam.
  • Siswa dapat menentukan hubungan antar satuan waktu : menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun; dan antar satuan berat : Kg, ons, gram.
  1. Bahasa Indonesia
  • Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
  • Siswa dapat menyusun percakapan lewat telepon.
  • Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran.
  • Siswa dapat membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan.
  • Siswa dapat menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat.
  • Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung.
  • Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh dan perseratus.
  • Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru.
  • Siswa dapat menggunakan kata depan di- dan ke-
  1. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Minggu  I

NO

KEGIATAN

WAKTU

METODE

1. Pendahuluan

  1. Doa bersama
  2. Mengabsen Siswa
  3. Apersepsi
10 menit Ceramah

Bervariasi

2. Kegiatan Inti :

Pertemuan  Pertama : 6 x 35 menit  

( IPA, PKn, Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru menyajikan materi pelajaran secara klasikal tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    2. Guru mengadakan tanya jawab tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya
    3. Guru menugaskan siswa untuk mengulas/merangkum  kembali materi pelajaran.
    4. Guru membacakan  materi tentang  teks sumpah Pemuda.
    5. Guru  menugaskan siswa untuk  menjawab pertanyaan yang diajukan.
    6. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter dan mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    7. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang.
  1. Elaborasi
    1. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk kegiatan pembelajaran.
    2. Siswa berdiskusi tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    3. Siswa diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan di sekitar mereka.
    4. Siswa mengumpulkan hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
    5. Siswa  maju satu persatu untuk membaca teks Sumpah Pemuda.
    6. Siswa  mencari pasangan  untuk  mengukur tinggi badan pasangannya.
    7. Kelompok siswa membacakan hasil kerja kelompok untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan  Kedua : 6 x 35 menit

( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru menyajikan  cerita yang berjudul meniru yang baik.
    2. Guru menyuruh siswa menyebutkan tokoh-tokoh cerita yang didengarnya.
    3. Siswa menjawab pertanyaan guru.
    4. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan.
    5. Guru  menugaskan siswa untuk  menjawab pertanyaan yang diajukan.
    6. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter dan mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    7. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan
    8. Elaborasi
      1. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk bermain peran.
      2. Siswa berkoordinasi untuk membagi peran guna memainkan peran seperti dalam cerita yang didengar dari guru.
      3. Kelompok secara bergiliran menampilkan kegiatan bermain peran dan mendapat tanggapan dari kelompok lain.
      4. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang  praktek kesadaran  lingkungan.
      5. Setiap kelompok siswa  maju satu persatu untuk membacakan hasil kerja untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.
      6. Siswa  diberi tugas mencari benda-benda di sekitar kelas untuk diukur dengan alat ukur sederhana kemudian mencatatnya.

7. Siswa mengumpulkan  hasil kerjanya.

  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan Ketiga  :  4 x 35 menit

( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )

  1. Eksplorasi
    1. Guru membacakan naskah drama dan siswa mendengarkannya.
    2. Siswa mempraktekkan pembacaaan naskah drama.
    3. Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarnya.
    4. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter
    5. Guru menjelaskan cara membulatkan suatu bilangan.
    6. Siswa mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    7. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan.
    8. Guru menyajikan materi pelajaran secara klasikal tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    9. Guru mengadakan tanya jawab tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya
    10. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar kita.
  1. Elaborasi
    1. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang isi teks drama yang didengarnya.
    2. Setiap kelompok maju satu persatu untuk mempresentasikan hasil diskusi dan mendapat tanggapan dari kelompok lain.
    3. Siswa mengukur benda-benda yang telah siapkan oleh guru.
    4. Siswa disuruh maju satu persatu untuk mengukur benda-benda yang telah disiapkan.
    5. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
    6. Siswa diberi beberapa gambar hewan untuk dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    7. Siswa mengumpulkan hasilnya dalam bentuk tabel.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.
50 menit
3. Penutup

  1. Penilaian
  2. Refleksi : Pemajangan hasil karya kelompok pada tempat yang tersedia.
10 menit Ceramah

Minggu  II

NO

KEGIATAN

WAKTU

METODE

1. Pendahuluan

  1. Doa bersama
  2. Mengabsen Siswa
  3. Apersepsi
10 menit Ceramah

Bervariasi

2. Kegiatan Inti :

Pertemuan  Pertama : 6 x 35 menit 

( IPA, PKn, Matematika )

  1. Eksplorasi
  2. Guru menyajikan materi pelajaran secara klasikal tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    1. Guru mengadakan tanya jawab tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya
    2. Guru menugaskan siswa untuk mengulas/merangkum  kembali materi pelajaran.
    3. Guru membacakan  materi tentang  teks sumpah Pemuda.
    4. Guru  menugaskan siswa untuk  menjawab pertanyaan yang diajukan.
    5. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter dan mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    6. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang.
  1. Elaborasi
    1. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk kegiatan pembelajaran.
    2. Siswa berdiskusi tentang cara mengelompokkan hewan  yaitu  berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki, cara bergerak, penutup tubuh, jenis makanan dan tempat hidupnya.
    3. Siswa diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan di sekitar mereka.
    4. Siswa mengumpulkan hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
    5. Siswa  maju satu persatu untuk membaca teks Sumpah Pemuda.
    6. Siswa  mencari pasangan  untuk  mengukur tinggi badan pasangannya.
    7. Kelompok siswa membacakan hasil kerja kelompok untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan  Kedua : 6 x 35 menit

( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas.
    2. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas.
    3. Siswa menjawab pertanyaan guru.
    4. Guru membacakan teks Sumpah Pemuda dan siswa menyimaknya.
    5. Guru  menugaskan siswa untuk  menjawab pertanyaan yang diajukan.
    6. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter dan mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    7. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan
    8. Elaborasi
      1. Siswa diberi tugas untuk menggambar beberapa rambu lalu lintas.
      2. Siswa menjawab mengenai arti rambu lalu lintas yang digambar.
      3. Siswa diberi tugas untuk menghafal bunyi teks Sumpah Pemuda kemudian Siswa maju satu persatu.
      4. siswa mencari benda yang berada di luar kelas untuk diukur.
      5. Siswa mengumpulkan  hasil kerjanya.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan Ketiga  :  6 x 35 menit

( Bahasa Indonesia, IPA, Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru memberikan dua buah gambar yaitu gambar lingkungan kotor dan lingkungan sehat.
    2. Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat sesuai dengan gambar.
    3. Guru menyuruh siswa untuk memberikan saran terhadap kedua gambar tersebut.
    4. Guru meminta siswa mengamati photo anak dari usia balita hingga dewasa, siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa.
    5. Guru menjelaskan tentang bermacam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut.
    6. Guru mengadakan tanya jawab tentang tentang macam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin.
    7. Guru menyajikan materi  tentang satuan panjang  untuk mengukur tinggi badan  misalnya meter
    8. Guru menjelaskan cara membulatkan suatu bilangan.
    9. Siswa mendiskusikan hubungan satuan km, m, dm, dan cm.
    10. Menguji kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang.
    11. Elaborasi
      1. Siswa melengkapi kalimat sesuai gambar yang diberikan oleh guru.
      2. Siswa memberi saran terhadap kedua gambar yang diberikan oleh guru.
      3. Siswa mengamati photo seorang anak dari balita hingga dewasa kemudian siswa menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa.
      4. Siswa mencari informasi tentang bermcam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut.
      5. Siswa mengukur benda-benda yang telah siapkan oleh guru.
      6. Siswa disuruh maju satu persatu untuk mengukur benda-benda yang telah disiapkan.
      7. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan Keempat  :  6 x 35 menit

( Bahasa Indonesia,  Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru menunjukkan tiga buah gambar seri kepada siswa.
    2. Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat sesuai dengan gambar yang ditunjukkan oleh guru. melengkapi kalimat sesuai dengan gambar.
    3. Guru mengadakan tanya jawab tentang gambar seri kepada siswa.
    4. Guru mengajak siswa menyebutkan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
    5. Guru mengadakan tanya jawab tentang alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
    6. Meguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
    7. Elaborasi
      1. Siswa melengkapi kalimat sesuai gambar yang diberikan oleh guru.
      2. Siswa menyusun karangan berdasarkan gambar
      3. Siswa mengurutkan tiga buah gambar seri menjadi sebuah paragraf.
      4. Siswa maju satu persatu mempresentasikan hasil karangannya.
      5. Siswa menyebutkan alat-alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
      6. Siswa dengan teman sebangku bergantian mengukur berat badan.
      7. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

Pertemuan Kelima  :  2 x 35 menit

( Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru mengajak siswa menyebutkan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Guru mengadakan tanya jawab tentang alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Meguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
    4. Elaborasi
      1. Siswa menyebutkan alat-alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
      2. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mencari benda di sekitar kelas yang mempunyai satuan berat
      3. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan

Pertemuan Kelima  :  2 x 35 menit

( Matematika )

  1. Eksplorasi
    1. Guru mengajak siswa menyebutkan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Guru mengadakan tanya jawab tentang alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Meguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat.
    4. Elaborasi
      1. Siswa menyebutkan alat-alat ukur yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
      2. Siswa dibagi beberapa kelompok untuk mencari benda di sekitar kelas yang mempunyai satuan berat
      3. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
  1. Konfirmasi
    1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik berupa ucapan selamat secara langsung.
    2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
    3. Memberi tugas/PR tentang materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
    4. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan
50 menit
3. Penutup

  1. Penilaian
  2. Refleksi : Pemajangan hasil karya kelompok pada tempat yang tersedia.
10 menit Ceramah
  1. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

A.  SUMBER

  1. Buku Paket
  2. Buku Tematik
  3. Buku Pendamping/Penunjang
  4. Pengembangan Guru
  5. Lingkungan Sekitar
  6. Lembar Kerja Siswa

B.  MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Gambar Ilustrasi yang sesuai dengan materi
  2. Alat Peraga
  3. Lingkungan sekitar
  1.  PENILAIAN
    1. Unjuk Kerja
    2. Hasil tugas
  1. EVALUASI
  2. Jenis tes                : Tes Tertulis
  3. Bentuk Tes            : Obyektif ( isian )

………………….,……………………….

Kepala SD…………….                                                     Guru Kelas III

…………………………….                                                             …………………..

NIP                                                                                          NIP

Tes

  1. PKn
    1. Bagaimana bunyi ikrar Sumpah Pemuda?
    2. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk memupuk persatuan dan kesatuan?
    3. IPS
      1. Sebutkan tiga manfaat rumah bagi kita!
      2. Menjadi tanggung jawab siapakah usaha pelestarian lingkungan?
  1. IPA
    1. Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup!
    2. Berikan contoh makhluk hidup!
  1. Matematika
    1. Urutkan garis bilangan berikut 126 ; 127 ; 131 ; 129 ; 128 ; 130 ; 133 ; 132.
  1. Ubahlah bentuk perkalian berikut ini menjadi bentuk pembagian

21 x 3 = 63

  1. Bahasa Indonesia
    1. Dengarkan baik-baik petunjuk membuat jus yang enak berikut !

Siapkan bahan untuk membuat jus berikut :

1)      Dua buah belimbing. Buang isi dan bagian tepinya, potong kasar

2)      150 gram nanas kupas, potong dadu

3)      Satu sendok makan air jeruk lemon

4)      Enam sendok makan sirup

5)      75 ml air putih

6)      Es batu secukupnya

7)      Untuk membuat jus, kalian memerlukan blender

Cara membuat :

1)      Campurkan semua bahan kecuali air jeruk lemon

2)      Masukkan dalam blender. Proses hingga lembut.

3)      Tuangkan ke jus campur ke dalam gelas. Tambahkan air jeruk lemon, aduk rata. Tambahkan es batu jika suka. Sajikan untuk satu gelas.

Sebutkan bahan untuk membuat jus!

  1. Sebutkan pengalamanmu yang memalukan !

Kunci Jawab

  1. PKn

1)      Isi Ikrar Sumpah Pemuda

a)      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia

b)      Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia

c)      Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

2)      Berikut ini hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk memupuk persatuan dan kesatuan.

  • Rukun dengan teman
  • Belajar kelompok
  • Membantu jika teman sedang kesulitan
  • Melakukan piket atau tugas kebersihan di kelas
  • Berteman dengan anak yang berbeda agama
  1. IPS

1)      Tempat berteduh, melindungi dari cuaca buruk, tempat berkumpul bersama keluarga

2)      Semua orang

  1. IPA

1)      Ciri-ciri makhluk hidup antara lain : bernafas, bergerak, makan, tumbuh dan berkembang, berkembangbiak, peka terhadap rangsang, dan beradaptasi.

2)      Manusia, hewan dan tumbuhan.

  1. Matematika

1)      Urutannya :

126          127          128         129         130        131         132        133

2)      63 : 21 = 3

  1. Bahasa Indonesia

1)  Bahan untuk membuat jus antara lain :

a)      Dua buah belimbing. Buang isi dan bagian tepinya, potong kasar

b)      150 gram nanas kupas, potong dadu

c)      Satu sendok makan air jeruk lemon

d)      Enam sendok makan sirup

e)      75 ml air putih

f)        Es batu secukupnya

g)      Untuk membuat jus, kalian memerlukan blender

2)  Kreatifitas siswa

Sumber : Data Mas Gun

About these ads

9 tanggapan

  1. thank’s ya RPP+silabusnya….ngebantu bgt nch…..

  2. Subhanallah, ngbantu bgt. Tp ad g y yg edisi lengkap? Butuh bgt.

  3. trima kasih pak untuk rpp nya,,sangat membantu..

  4. Trims sgt membantu

  5. Pak boleh minta contoh RPP tematik semester 2??? tlg kirim via email
    ( jaminatul_husna@yahoo.com )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: