Contoh RPP EEK SMP Mapel TIK kelas 7 sem 1 bilingual

Sumber: http://www.scribd.com

download: RPP EEK SMP Mapel TIK kelas VII sem 2 bilingual

 

LESSON PLAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Unit

Nama Sekolah

: SMP Negeri 1 Karangtengah

SMP Negeri 1 Karangtengah

Subject

Mata Pelajaran

: Information and Communication Technology (ICT)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Grade / Term

Kelas/  Semester

: VII (seven) / Even

VII (tujuh)/ Genap

Standarized Competency

Standar Kompetensi

: 3. Practicing basic computer skills.

3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.

Basic Competence

Kompetensi Dasar

: 3.1. Identify the various components of computer hardware.

3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.

Allocation of Time

Alokasi Waktu

: 2 x meetings (2 x 40 minutes)

2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

A. Learning Objectives

Tujuan Pembelajaran

Provided a set of computer, learners can:

Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:

  1. shows the hardware that serves as input devices appropriately.

menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.

  1. shows the hardware that serves as the process correctly.

menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.

  1. shows the hardware that serves as the output appropriately.

menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.

4. shows the hardware that serves as storage media

menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan

 

 

v     The character of students expected :

Karakter siswa yang diharapkan :

-        Discipline

Disiplin

-        Diligent

Tekun

-        Responsibility

Tanggung jawab

-         Accuracy

Ketelitian

 

B. Learning Materials

Materi Pembelajaran

Hardware

Perangkat keras

  1. Input devices

Alat input

  1. Tool process

Alat proses

  1. Tool output

Alat output

  1. Storage Device

Media penyimpan

Simak

Baca secara fonetik

 

Kamus – Lihat kamus yang lebih detail

  1. nomina
    1. pock
    2. speckle
  2. adjektiva
    1. speckled

 

C. Learning Methods
Metode Pembelajaran

CTL Approach

Pendekatan CTL

Cooperative Learning Model

Model Cooperative Learning

D. Learning Activity Measures

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

The first meeting

Pertemuan pertama.

  1. Activities Introduction

Kegiatan Pendahuluan
Appreciation and motivation:

Apresiasi  dan motivasi  :

  1. Ask the students about some matters relating to the hardware that serves as input devices.

Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.

  1. Ask the students about some matters relating to the hardware that serves as the process.

Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.

  1. Ask the students about some matters relating to the hardware that serves as the output.

Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.

  1. Ask the students about some matters relating to the hardware that serves as storage media.

Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan.

  1. Delivering learning objectives

Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. Students form discussion groups

Peserta didik membentuk kelompok diskusi

 

  1. Core Activities

Kegiatan Inti

  • Exploration

Eksplorasi

In exploration activities, the teacher:

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  1. asks learners to see the media about the hardware

meminta  peserta didik melihat media tentang perangkat keras

  1. involve learners actively in each learning activity; and

melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

  1. facilitate learners to experiment in the laboratory
    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium.

 

  • Elaboration

Elaborasi

In the elaboration of activities, the teacher:

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  1. familiarize students read and write the diverse through the tasks learners to form discussion groups.

membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas peserta didik membentuk kelompok diskusi.

  1. ask learners observing hardware that serves as input devices.

meminta peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.

  1. ask learners observing hardware that serves as the process.

meminta peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.

  1. told the students do the worksheet.

menyuruh peserta didik mengerjakan lembar kerja.

  • Confirmation

Konfirmasi

In confirmation of activities, teachers:

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  1. ask questions about things that are not yet known to the students.

bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

  1. align responsibility with students asking comprehension errors, provide reinforcement and inference.

bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

 

  1. Concluding Activities

Kegiatan Penutup
In the closing activity, the teacher:

Dalam kegiatan penutup, guru:
a. conduct joint reflection on the learning that has been done

melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

b. draw conclusions about learning the hardware.

menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

 

 

 

 

The second meeting

Pertemuan kedua

  1. 1. Activities Introduction

Kegiatan Pendahuluan
appreciation and motivation:

apresiasi  dan motivasi  :

  1. Ask the students about some matters relating to the hardware.

Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.

  1. b. Delivering learning objectives
    Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. 2. Core Activities

Kegiatan Inti

  • Exploration

Eksplorasi

In exploration activities, the teacher:

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  1. a. told the students to see the media about the hardware.

menyuruh peserta didik  melihat media tentang perangkat keras.

  1. b. involve learners actively in each learning activity; and

melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

  1. c. facilitate learners to experiment in the laboratory, studio, or field.
    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaboration

Elaborasi

In the normal elaboration:

Dalam kegiatan elaborasi:

  1. learners to read and write the diverse through the tasks.

membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas.

  1. students form discussion groups.

peserta didik membentuk kelompok diskusi.

  1. learners observe hardware that serves as the output.

peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  output.

  1. learners observe hardware that serves as a store.

peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  penyimpan.

  1. learners working on the worksheet.

peserta didik mengerjakan lembar kerja.

  • Confirmation

Konfirmasi

In confirmation of activities, teachers:

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  1. ask questions about things that are not yet known to the students.

guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

  1. b. align responsibility with students asking comprehension errors, provide reinforcement and inference.

guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

  1. 3. Concluding Activities

Kegiatan Penutup
In the closing activity, the teacher:

Dalam kegiatan penutup, guru:

  1. conduct joint reflection on the learning that has been done

melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan

  1. b. draw conclusions about learning the hardware.
    menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

E. Learning Resources

Sumber Belajar
A set of computers, practical guide, worksheets.

Seperangkat komputer, buku petunjuk praktek, LKS.

F. Rating

Penilaian

Assessment carried out during and after the learning process

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indicators of Achievement of Competency

Indikator Pencapaian Kompetensi

Assessment

Penilaian

Technical

Teknik

Instrument Forms

Bentuk Instrumen

Instrument Examples

Contoh Instrumen

  • Identify the hardware that 

serves as input devices

Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input

  • Identify the hardware that serves as the process

Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses

  • Identify the hardware that serves as the output.

Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.

  • Identify the data storage device

Mengidentifikasi media penyimpan data.

Test practice (performance)

Tes praktik (kinerja)

Test practice (performance)

Tes praktik (kinerja)

Test practice (performance)

Tes praktik (kinerja)

Test practice (performance)

Tes praktik (kinerja)

Test identification

Tes identifikasi

Test identification

Tes identifikasi

Test identification

Tes identifikasi

Test identification

Tes identifikasi

Bring your computer device that serves as the input!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input!

Bring your computer device that serves as the process!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses!

Bring your computer device that serves as the output!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output!

Bring your computer device that serves as media storage!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan!

Acknowleged,

Mengetahui,

Headmaster

Kepala Sekolah

Sarwadi, S.Pd., M.H.

NIP. 19590828 198112 1 002

Karangtengah, January 3, 2011

Karangtengah, 3 Januari 2011

ICT Teacher

Guru Mapel TIK.

Tri Mulyono, S.Pd.

NIP. 19780429 200903 1 003


 

About these ads

2 responses

  1. saya tertarik sama rpp bilingualnya .saya minta alamat emailnya bisa saya juga ngajar TIK

    1. Maaf pak, RPP yang kami punya ya hanya contoh yang sudah kami unggah itu….saya tidak mempunyai versi lengkapnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: