Contoh RPP EEK SD Mapel Bahasa Inggris kelas 2 SD Muhammadiyah Sapen Yokyakarta

Sumber : http://www.scribd.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SD/MI                                     : SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Mata pelajaran                         : Bahasa Inggris

Kelas                                       : II A, II B, IIC

Semester                                  : I

Hari/tanggal                              : Senin (22 November 2010)

Alokasi Waktu             : 2 x 30 Menit ( 1 Pertemuan)

  1. STANDAR KOMPETENSI         : – Memahami tulisan bahasa Inggris sangat

sederhana dalam konteks kelas

-  Mengeja dan menyalin tulisan BahasaInggris sangat seder hana dalam konteks kelas.

  1. KOMPETENSI DASAR              :

: 3.I Membaca nyaring dengan ucapan tekanan

dan intonasi secara tepat

4.I Melengkapi kalimat yang kosong tentang  greating

4.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana

secara tepat

  1. INDIKATOR                                           :

3.I.I Membaca nyaring teks yang berhubungan dengannama-nama anggota keluarga

4.11 Melengkapi huruf-huruf yang kosong agar menjadi kata yangberhubungan nama-nama anggota keluarga

4.I.2 menulis nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar

  1. Tujuan Pembelajaran           :
  2. Siswa dapat membaca nyaring teks yang berhubungan dengan nama-nama anggota keluarga
  3. Siswa dapat melengkapi huruf-huruf yang kosong agar menjadi kata yangberhubungan nama-nama anggota keluarga
  4. Siswa dapat  menulis nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar
  1. Materi Ajar

Family

  • Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan nama-nama anggota keluarga
  1. Metode Pembelajaran

Pengamatan, Pemberian tugas, demonstrasi

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  • · Kegiatan Awal

-           Salam, presensi siswa

-           Apersepsi : menjajaki kemampuan siswa tentang materi yang akan di berikan

  • · Kegiatan Inti
  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi siswa dapat mengetahui Penggunaan how many, have, plural dan singular

  • Elaborasi
    • Guru memberi pertanyaan yang berhubungan dengan nama-nama anggota keluarga kepada siswa secara acak.
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga
    • Siswa dapat Menulis nama-nama pakaian dalam bahasa inggris
  • Konfirmasi:

Dalam kegiatan konfirmasi

Tanya jawab dengan menggunakan Yes/no question

Kegiatan penutup

Dlam kegiatan penutup:

  • Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan yang akan datang
  1. Sumber Belajar
    1. Kurikulum Bahasa Inggris
    2. Program Semester
    3. Buku-buku yang relevan
    4. Buku SMILE
  1. Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi Teknik penilaian Bentuk instrumen Instrumen soal
-       Membaca nyaring teks yang berhubungan dengannama-nama anggota keluarga 

-       Melengkapi huruf-huruf yang kosong agar menjadi kata yangberhubungan nama-nama anggota keluarga

-        menulis nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris dengan benar

 

Tugas Individu Isian  

  • F _ th _ r
  • M _ th – r
  • Br – th – r,
  • S _ S T _ R
  • GR _ ND  F _ TH _ R

How many sister do you have?

 

Format kriteria Penilaian

PRODUK 9HASIL DISKUSI)

No 

 

Aspek Kritria Skor
1 Konsep -            Semua benar 

-            Sebagian besar benar

-            baigian kecil benar

-            Semua salah

3

2

1

 

FORMASI

No 

 

Aspek Kritria Skor

2

Pengetahuan 

Sikap

-            pengetahuan 

-            kadang-kadang pengetahuan

-            tidk pengetahuan

-            sikap

-            Kadang-kadang sikap

-            Tidak sikap

 

2

1

4

2

1

 

Pertanyaan Bobot maksimal
1-5 5X2=10

Analisa

ANALISIS BUTIR SOAL

No 

soal

Jumlah benar Jumlah Salah
2A 2B 2C 2A 2B 2C
1
2
3
4
5

ANALISIS HASIL

Nilai Jumlah Siswa Analisa Nilai
2A 2B 2C 2A 2B 2C
Jumlah Nilai
Rata-rata
Nilai Tinggi
Nilai Terendah

PROGRAM TINDAK LANJUT

Program Jumlah Siswa
2A 2B 2C
Pengayaan(>=8)
Perbaikan (<8)

Mengetahui                                                                                           Yogyakarta, 22 November 2010

Kepala SD Muhammadiyah Sapen                                                       Guru Mata Pelajaran

Saijan, S.Ag Imas Masitoh, S.Pd

NBM:788098                                                                                      NBM : 952283

About these ads

2 tanggapan

  1. THANKS FOR YOUR EXAMPLE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: