Contoh RPP Berkarakter SMP Mapel Fisika kelas VII

Download, selengkapnya:

RPP Berkarakter SMP Mapel Fisika kelas 7

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( RPP )

 

Sekolah                        : SMP N

Mata Pelajaran : IPA – Fisika

Kelas / Semester          : VII / 1

 

Standar Kompetenssi

1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

 

Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

 

Alokasi Waktu : 6 X 40’

 

  1. A. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan ke-1

Secara teliti dan mandiri peserta didik dapat :

  1. Menyebutkan contoh besaran dan satuannya
  2. Membedakan arti besaran dan satuan
  3. Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan
  4. Menghargai keberagaman pendapat orang lain dalam berdiskusi.

 

Pertemuan ke-2

Secara teliti dan logis peserta didik dapat :

  1. Membedakan satuan baku dan tak baku
  2. Menyebutkan 7 besaran pokok san satuannya dalam SI
  3. Menyebutkan. 5 besaran turunan dan satuannya dalam SI

 

Pertemuan ke-3

Secara telitidan mandiri peserta didik dapat :

  1. Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu dalam SI
    1. Mengkonversi satuan besaran pokok dan besaran turunan kedalam satuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

 

B. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Besaran merupakansesuatu yang dapat diukur memiliki nilai dan satuan. Besaran ada 2 macam, yaitu : besaran pokok dan besaran turunan.

Satuan adalah pembanding dalam suatu pengukuran.

Sistem satuan internasional (SI) ialah system satuan yang berlaku untuk seluruh dunia.

Syarat Sistem Satuan Internasional ialah:

  1. Satuan itu tetap
  2. Tidak mengalami perubahan oleh apapun
  3. Mudah ditiru dan diadakan kembali
  4. Dapat digunakan di seluruh dunia

Contoh besaran dan satuannya :

- panjang     satuannya  meter                      – kecepatan    satuannya  meter/sekon

- berat               ,,           newton                   – volum                ,,          m³

- massa              ,,           kilogram                – luas                   ,,          m²

- waktu              ,,           sekon                     – kuat arus            ,,           ampere

- gaya                ,,           newton                    – suhu                  ,,           kelvin

Contoh besaran pokok             : panjang, massa, waktu, kuat arus, suhu.

Contoh besaran turunan            : berat, gaya, kecepatan, volume, luas

 

Pertemuan 2

Satuan baku adalah satuan yang digunakan untuk pengukuran dengan hasil yang yang sama

orang

Contoh : cm, m, ml, l, gr, kg

Satuan tak baku adalah satuan yang digunakan untuk pengukuran dengan hasil yang tidak

Sama untuk orang yang berlainan

Contoh : depa, jengkal, gelas biasa, kaleng

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya dapat didefinisikan.

Contoh besaran pokok beserta satuannya dalam SI.

No Besaran pokok Satuan dalam SI
1. Panjang meter (m)
2. Massa kilogram (kg)
3. Waktu sekon (s)
4. Suhu kelvin (K)
5. Kuat Arus Listrik ampere (A)
6. Jumlah Zat mole (mol)
7. Intensitas Cahaya candela (Cd)

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok.

Contoh besaran turunan serta satuannya dalam SI dan bukan SI :

No

Besaran Turunan
Satuan dalam SI Satuan bukan SI
1. luas m cm2, mm2, km2, are, hektoare
2. volume m cm3, mm3 , liter3, galon
3. kecepatan m/s km/jam, m/menit
4. massa jenis kg/m3 g/cm3 , kg/cm3
5. gaya newton ( N ) atau kg m/s2 dyne, g cm/s2
6. daya watt ( W ) atau joule/s miliwatt ( mW ), hp, pk
7. tekanan N / m2 atau  kg / ms2 dyne / cm2, g / cm s2
8. percepatan m/s2 cm /s2

 

Pertemuan 3

Mengkonversi satuan ke SI

a. satuan panjang, massa, dan waktu

Tangga satuan panjang

km

hm

dam

1 km = 1000 m

m                                              1 m = 0,001 km

dm             kali

cm

bagi                      mm

Tangga satuan massa                                                                Satuan waktu :

1 jam =  60 menit = 3600 sekon

Kg                                                                                           1 menit = 60 sekon

hg

dag

kali

g

dg

cg

bagi

mm

 

1 kg = 1000 g

1 g = 0,001 kg

 

b. besaran turunan

Contoh Penurunan satuan besaran turunan:

-   Satuan luas dalam SI adalah m2 diturunkan dari satuan panjang :

Luas = panjang x lebar

Panjang satuannya meter (m)

Lebar (panjang) satuannya meter (m)

Sehingga satuan luas m2 yang diturunkan dari satuan panjang dan satuan lebar (panjang) = m x m = m2 , satuan yang lain adalah cm²

 

1cm² = 10 m

 

- Satuan volume dalam SI adalah m³, satuan yang lain adalah cm³

 

1 cm³ = 10 m³

 

Konversi berbagai satuan ke dalam satuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh : 1. 2 kg        =   20 ons                                       6. 1 kg       = 1000g

2. 1 ons       = 100 g                                          7.  1 menit =     60s

3. 1 kuintal = 100 kg                                         8. 1 jam     = 3600s

4. 1 ton       = 1000kg                                        9.  1 ton     = 10 kuintal

5.. 1 ml       = 1 cm³                                          10. 1 liter    = 1000 ml = 1000cm³.

 

 

C. Model dan Metode Pembelajaran

1. Model Pembelajaran : kooperatif tipe STAD

2. Metode                      : – eksperimen

- diskusi

- informasi

:                                  – Tanya jawab

 

 

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 ( 2 x 40”)

Kegiatan Pendahuluan

-         Prasyarat Pengetahuan

Menggunakan apakah jika kalian akan mengukur panjang dan lebar kelas?

 

-         Motivasi

Apakah nama satuan panjang yang digunakan di seluruh dunia?

 

Kegiatan Inti

 

-          Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok tiap kelompok 4 – 5 orang

-          Guru memberi tugas pada setiap kelompok dan tiap kelompok secara mandiri menyelesaikan tugas (lks Tim MGMP Kab Blitar th 2010/2011 hal 5-6) dan anggota kelompok berdiskusi untuk menyampaikan pendapat sedang anggota lain menghargai keberagaman pendapat

-          Dengan percaya diri salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi secara kritis.

-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar

-          Guru memberi kuis  kepada seluruh siswa dan pada saat menjawab kuis siswa dilarang saling membantu, kelompok yang nilainya tertinggi diberi hadiah/penghargaan.

 

Kegiatan Penutup

Guru membagi lembar penilaian diri

 

 

Pertemuan ke-2 ( 2 x 40” )

Kegiatan Pendahuluan

-          Prasyarat Pengetahuan

Beri contoh besaran dan satuan!

-          Motivasi

Untuk mengukur panjang meja dapat menggunakan penggaris dan jengkal, mana yang hasilnya sama untuk setiap orang dan mana yang tidak sama? Mengapa?

-          Guru menuliskan topik materi pembelajaran “ satuan baku dan tak baku “

 

Kegiatan Inti

-          Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok tiap kelompok 4 – 5 orang

-          Guru memberi tugas pada tiap kelompok dan tiap kelompok dengan teliti dan berfikir logis memyelesaikan tugas.

-          Salah satu kelompok dengan percaya diri mempresentasikan hasil diskusinya.

-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.

-          Guru memberi kuis kepada seluruh siswa dan pada saat menjawab kuis siswa dilarang saling membantu, kelompok yang nilainya tertinggi diberi hadiah/penghargaan

 

Kegiatan Penutup

Guru memberi tugas rumah berupa soal-soal latihan.

 

 

Pertemuan ke-3

Kegiatan Pendahuluan

-          Prasyarat Pengetahuan

Menyebutkan beberapa satuan dalam SI

-          Motivasi

- Jika membeli emas biasanya satuannya apa? ( gram ) Apakah sudah dalam SI?

-Kemasan shampo tertulis netto 100…apakah satuannya? (ml) Apakah sudah dalam SI?

 

Kegiatan Inti

-          Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok tiap kelompok 4 – 5 orang

-          Guru memberi tugas pada setiap kelompok(lks Tim MGMP Kab Blitar th 2010/2011 hal 7-8) dan tiap kelompok secara teliti dan mandiri menyelesaikan tugas dan anggota kelompok berdiskusi untuk menyampaikan pendapat sedang anggota lain menghargai keberagaman pendapat

-          Dengan percaya diri salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi secara kritis.

-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar

-          Guru memberi kuis  kepada seluruh siswa dan pada saat menjawab kuis siswa dilarang saling membantu, kelompok yang nilainya tertinggi diberi hadiah/penghargaan.

 

Kegiatan Penutup

Guru membagi lembar penilaian diri

 

 

E. Sumber Belajar

1.BSE IPA untuk SMP/MTs kelas VII hal. 1 s/d 10

2. LKS

3. Alat-alat praktikum

 

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Tehnik penilaian

- tes tertulis

- penilaian diri

b. Bentuk instrument

- Uraian

- Lembar penilaian diri

c. Instrumen

 

Kisi-kisi Instrumen

No Indikator Tehnik

Penilaian

Bentuk Instrumen Kode

instrumen

1

2

3

4.

5

Mengelompokkan dari beberapa besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan secara mandiri

Menentukan satuan baku dan tak baku secara teliti dan logis

Menyebutkan 7 besaran pokok dan satuannya dalam SI secara logis

Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu ke SI secara teliti dan mandiri.

Percaya diri dalam berdiskusi dan menghargai pendapat orang lain.

Tertulis

 

Tertulis

 

Tertulis

 

Tertulis

 

Penilaian Diri

Uraian

 

Uraian

 

Uraian

 

Uraian

 

Lembar penilaian diri

LP-1

 

LP-2

 

LP-3

 

LP-4

 

LPD

Lembar Penilaian (LP)

 

1. Besaran dalam fisika a.l. : panjang, berat, massa, gaya, waktu, kecepatan, volume, suhu, luas, kuat

Arus.Kelompokkan ke dalam besaran pokok dan besaran turunan secara mandiri!

2. Sebutkan 5 contoh satuan baku dan 5 contoh satuan tak baku!

3. Sebutkan 7 besaran pokok dan satuannya dalam SI!

4. Kerjakan soal berikut!

a. 15 cm   = …..m

b. 100 g    =…..kg

c. 2 menit =…..sekon

d. 2 cm³   =…..m³

e. 30 ons  =…..kg

 

 

 

 

Kunci/Pedoman penskoran

 

No Kunci Skor Bobot
1

 

 

2

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Besaran pokok: panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus

Besaran turunn: berat, gaya, kecepatan, volum, luas

 

Contoh satuan baku: cm, m, gram, kg, ml, m²

Contoh satuan tak baku: jengkal, depa, langkah, kaleng, gelas

 

Besaran                                      satuan

1, panjang                                                  m

2.massa                                                      kg

3.waktu                                                      sekon

4.suhu                                                        Kelvin

5.kuat arus                                                 ampere

6.jumlah zat                                               mol

7.intensitas cahaya                                    kandela

 

a. 0.15 m

b. 0,1   kg

c. 120  sekon

d. 2 x 10 m³

e.3 kg

10

 

 

10

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

25

 

 

25

 

 

35

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

40 100

 

 

LEMBAR PENILAIAN DIRI (LPD)

Nama                      : —————————————————–

Tema Diskusi  : —————————————————–

  • Isilah pernyataan berikut dengan jujur.
  • Untuk setiap pernyataan di bawah ini, isikan angka 1, 2, 3, atau 4 pada tempat yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:

4     :    selalu

3     :    sering

2     :    kadang-kadang

1     :    tidak pernah

——–  Saya mendengarkan ketika ada siswa lain menyampaikan pendapat

——–  Saya memberikan komentar bila pendapat siswa lain berbeda dengan pendapat saya

——–  Saya bertanya, ketika saya tidak memahami sesuatu

——–  Saya mengusulkan ide

——–  Saya menerima pendapat, ide, atau komentar lain yang lebih baik atau benar, meskipun pendapat tersebut berbeda dengan pendapat saya

——–  Saya berperilaku tidak relevan

Usulan saya agar diskusi berikutnya lebih baik:

,

Mengetahui

Kepala SMP                                                    Guru Pengajar

 

__________________                                                __________________

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah             : SMP

Mata Pelajaran  : IPA – Fisika

Kelas                : VII /1

 

 

 

Standar Kompetensi

1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

 

Kompetensi Dasar

1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

 

Alokasi waktu : 4 x 40”

 

Tujuan Pembelajaran

Pertemuan ke-1

Secara jujur, teliti dan tanggung jawab siswa dapat:

1. Menjelaskan pengertian suhu

2. Menyebutkan alat ukur suhu

3. Menyebutkan jenis thermometer berdasarkan bahan, skala dan kegunaannya

4. Membandingkan skala atas dan skala bawah pada thermometer C, F, R dan K

 

Pertemuan ke-2

Secara teliti dan mandiri siswa dapat :

1. Menentukan perbandingan skala thermometer C, F, R dan K

2. Mengkonversi skala C, F, R dan K

 

 

B. Materi Pembelajaran

Pertemuan ke-1

 

- Perasaan manusia tidak dapat mengukur suhu dengan tepat karena perasaan setiap orang tidak sama

- Alat ukur suhu adalah thermometer

- Jenis thermometer berdasarkan :

1. bahannya :

a. thermometer air raksa

b. thermometer alcohol

2. Kegunaannya :

a. thermometer badan : skalanya antara 35ºC – 42ºC

b. termometer dinding : mengukur suhu ruangan

c. thermometer batang/laboratorium : untuk percobaan

d. thermometer maksimum-minimum Six Bellani : digunakan untuk perkiraan cuaca oleh Badan Me-

teorologi dan Geofisika

3. Skalanya :

a. Termometer Celcius                               c. Termometer Reamur

b. Termometer Fahrenheit                           d. Termometer Kelvin

 

 

 

 

Suhu ialah besaran yang menyatakan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Satuan suhu dalam SI adalah Kelvin (K). Alat yang digunakan untuk mengutur suhu adalah termometer. Termometer yang saat ini banyak digunakan adalah termometer raksa.

Keunggulan air raksa  sebagai zat pengisi termometer adalah :

  1. Mudah dilihat karena warnanya mengkilat.
  2. Pemuaian air raksa teratur.
  3. Titik bekunya rendah (-40° C).
  4. Titik didihnya tinggi (360° C) sehingga dapat mengukur suhu tinggi.
  5. Tidak membasahi dinding termoter.

Selain beberapa keuntungan, ternyata air raksa juga memiliki beberapa kerugian, antara lain:

  1. Air raksa harganya mahal.
  2. Air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.
  3. Air raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah.

Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer, antara lain :

  1. Alkohol harganya murah.
    1. Alkohol lebih teliti, sebab untuk kenaikan suhu yang kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar.
    2. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah, titik beku alkohol -1300 oC

Kerugian menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer, antara lain :

  1. Membasahi dinding kaca.
  2. Titik didihnya rendah (78oC)
  3. Alkohol tidak berwarna, sehingga perlu memberi pewarna dahulu agar dapat dilihat.

Jenis-jenis skala suhu :

  1. Skala Kelvin
    Titik tetap bawah, suhu es melebur berada pada suhu 273° K
    Titik tetap atas,  suhu air mendidih 373° K
  2. Skala Celcius
    Titik tetap bawah, titik lebur es pada 0° C
    Titik tetap atas, titik didih air pada 100° C
  3. Skala Reamur
    Titik tetap bawah, titik lebur es 0° R
    Titik tetap bawah, titik didih air 80° R
  4. Skala Fahrenheit
    Titik tetap bawah, titik lebur es 32° F
    Titik tetap atas, titik air 212° F

 

Titik didih air      100° C          80° R        212° F         373° K

(titik tetap atas)

 

 

 

 

Titik lebur es                0° 0° 32° 273°

(titik tetap bawah)

 

Pertemuan ke-2

Perbandingan skala antara Celcius, Reamur, Fahrenhait dan Kelvin :

C  :   R   :   F   :   K       =     100  :  80  :  180  :  100       =    5   :   4   :   9   :    5

 

Hubungan antara satuan celcius, reamur, fahrenhait dan kelvin

 

TC = 5/9 (tF-32)                   T­­F = 9/5 tC + 32    TR = 4/5tC TK = tC +273

TC = 5/4 tR TF = 9/4 tR + 32    TR = 4/9 (t­F – 32)                TK = 5/4 tR + 273

TK = 5/9 (tF – 32) + 273

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Model dan Metode Pembelajaran

 

1. Model Pembelajaran : kooperatif

2. Metode                    : – eksperimen

- diskusi informasi

- tanya jawab

 

D. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke-1

No Langkah-langkah Jenis kegiatan/waktu
A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

 

 

C

 

Kegiatan Awal

1. Prasyarat pengetahuan

- Apakah satuan suhu dalam SI?

2. Motivasi

- Bagaimana ibumu mengetahui kalau kamu sakit   panas?

( diraba), apakah sudah tahu derajat suhunya?

3. Guru menuliskan judul dan tujuan di papan tulis

4. Guru mendemonstrasikan cara membaca skala thermometer

yang benar

 

Kegiatan Inti

1.Siswa melakukan percobaan tentang suhu dan thermometer

secara jujur, teliti dan tanggung jawab (lks MGMP Kab Blitar

th 2010/2011 hal 11,12,13)

2. Siswa menjawab pertanyaan/ menyelesaikan bahan diskusi

secara logis

3. Dua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan

Kelompok lain menanggapi

4. Siswa membuat rangkuman

 

Kegiatan Penutup

Guru memberi tes secara tertulis

Klasikal/ 10’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok/20’

 

Kelompok/15’

Klasikal/15’

 

Individu/10’

 

Individu/10’

 

 

Pertemuan ke-2

No Langkah-langkah Jenis kegiatan/waktu
A

B

C

Kegiatan Awal

1. Prasyarat pengetahuan

- Berapakah titik tetap bawah untuk thermometer C,F,R dan K

2. Motivasi

- Misalkan suhu badan manusia sehat 37ºC, berapa suhu terse

but jika diubah menjadi derajat F,R dan K?

3. Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan dan memberi

contoh cara mengkonversi skala celcius ke skala Reamur

 

Kegiatan Inti

1. Siswa berdiskusi tentang cara mengkonversi skala celcius

dengan skala F, R dan K

2. Siswa mengerjakan soal-soal konversi skala C,F,R dan K

secara teliti dan mandiri (lks MGMP Kab Blitar hal 13,14)

3. Secara bergantian siswa menjawab soal di papan tulis, yang

lain menanggapi

 

Kegiatan Penutup

Guru memberi tes secara  tertulis

 

Klasikal/10’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok/15’

 

Kelompok/25’

 

Klasikal/15’

 

 

Klasikal/15’

E. Sumber Belajar

1. BSE IPA untuk SMP/MTs kelas VII hal 11-17

2. LKS

3. Alat-alat praktek

 

F. Penilaian

1.Tehnik      : tertulis, observasi

2. Bentuk     : Uraian, Lembar Observasi Penyelidikan ( LOP )

3. Instrumen :

 

Kisi-kisi Instrumen

 

No Indikator Tehnik

Penilaian

Bentuk

Instrumen

Kode

Instrumen

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

Mengemukakan mengapaindera peraba tidak dapat digunakan sebagai alat pengukur suhu dengan tepat secara jujur

Menentukan titik tetap atas dan titik tetap bawah menurut skala Celcius dengan teliti dan tanggung jawab

Membandingkan skala atas dan bawah pada thermometer C, F, R dan K secara teliti

Mengkonversi skala C, F, R dan K secara teliti dan mandiri

Tes tertulis

 

 

Tes unjuk kerja

 

 

Tes tertulis

 

 

Tes tertulis

Uraian

 

 

Uji petik kerja prosedur

 

Uraian

 

 

Uraian

LP-1

 

 

LO

 

 

LP-2

 

 

LP-3

 

 

Lembar Penilaian

 

1. Bisakah kita mengukur perbedaan suhu badan teman menggunakan tangan/indera peraba? Jelaskan

secara logis !

2. Bandingkan skala atas dan bawah pada thermometer C, F, R dan K secara teliti!

3. Kerjakan soal berikut dengan teliti dan mandiri !

a. 50ºC =                 ºF                                 d. 313 K =                    ºF

b. -40ºF=                  ºC                                 e. 45ºC   =                    K

c. 32ºR =                 ºC

 

Kunci/Pedoman Penskoran

No Kunci Skor Bobot
1

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

Tidak, karena perasaan setiap orang tidak sama dan tidak mempunyai satuan

Skala atas         100° C          80° R        212° F         373° K

 

 

 

 

Skala bawah       0º                  0º                 32º               273º

 

 

a. 50ºC = 9/5 x 50 + 32    = 122ºF

b. -40ºF = 5/9 x (-40 -32) = -40ºC

c. 32ºR = 5/4 x 32            = 40ºC

d. 313 K= 9/5 x (313 – 273) + 32 = 104ºF

e. 45ºC   = 45 + 273 = 318 K

1

 

4

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

8

 

32

 

 

 

 

 

 

 

60

 

 

 

15 100

 

LEMBAR  OBSERVASI

Lembar observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan kegiatan penyelidikan menentukan titik

Atas dan bawah menurut skala Celcius dengan teliti dan tanggung jawab.

No Aspek yang dinilai Dilakukan Tidak dilakukan
1

2

3

4

Dapat menyusun alat dan bahan sesuai petunjuk dengan benar

Mengamati perubahan raksa/alcohol dalam thermometer dengan teliti

Bertanggung jawab atas keselamatan thermometer, gelas kimia dan penggunaan api

Menentukan skala atas dan bawah dengan benar

Mengetahui:                                                                    Blitar,

Kepala SMP                                                                 Guru Pengajar

 

 

 

__________________                                                            _________________

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                        : SMP

Mata Pelajaran             : IPA- Fisika

Kelas/Semester           : VII/1

 

Standar Kompetensi

1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan

peralatan.

 

Kompetensi Dasar

1.3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan

sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

 

Alokasi Waktu : 4 x 40’

 

A. Tujuan Pembelajaran

 

Pertemuan ke-1

 

Peserta didik secara teliti dan tanggung jawab dapat :

1. Menyebutkan alat ukur panjang, massa, waktu dan suhu

2. Menggunakan alat ukur panjang dan massa

3. Mengukur volume benda secara langsung dan tak langsung

 

Pertemuan ke-2

Peserta didik secara teliti dapat :

1. Memecahkan soal-soal masalah yang berkaitan dengan hasil pengukuran panjang, massa

dan volume

 

B. Materi Pembelajaran

 

Pertemuan ke-1

Pengukuran

Mengukur adalah membandingkan nilai suatu besaran yang diukur dengan  besaran sejenis yang   dipakai sebagai satuan. Tangan adalah alat pengukuran yang paling mudah didapatkan, tetapi tangan   alat ukur yang tidak baku.

Mengukur secara langsung adalah  mengukur sesuatu besaran yang secara langsung diperoleh nilai hasil pengukurannya.

Contoh :

- Mengukur massa benda dengan neraca

 

Besarnya massa air = 1000 g + 100 g + 10 g

= 1110 g

= 1,11 kg

 

 

 

 

 

 

-Mengukur panjang benda dengan jangka sorong

Besarnya panjang benda tersebut adalah:

hasil pembacaan skala utama + hasil pembacaan skala nonius.

Skala utama = 1,6 cm

Skala nonius = 0,03 cm

Panjang benda = 1,6 cm + 0,03 cm = 1,63 cm

- Mengukur volume batu dengan gelas ukur

Vbatu = volume air yang tumpah di gelas ukur kecil = 25 ml

 

 

 

 

 

 

 

- Mengukur secara tak langsung : mengukur sesuatu besaran yang tidak secara langsung diperoleh nilai hasil pengukurannya.

Contohnya mengukur volume balok .

Volume balok diperoleh dengan cara : panjang x lebar x tinggi, yang diukur adalah panjang, lebar dan tinggi

 

p = panjang = 5 cm

l  = lebar = 1 cm

t  = tinggi = 2 cm

p

 

Volume balok = p x l x t = 5 cm x 1 cm x 2 cm  = 10 cm3

Pertemuan ke-2

Latihan Soal

1.   Perhatikan Gambar!

 

Ani menimbang kotak logam yang diletakkan pada A. Supaya neraca dalam keadaan setimbang, maka Ani meletakkan beberapa anak timbangan di B seperti terlihat pada gambar. Besar massa kotak logam tersebut adalah ….

A. 1, 65 kg.                                    C. 1, 515 kg

B. 1, 55 kg                                     D. 1, 065 kg

 

2.   Perhatikan hasil pengukuran massa yang dilakukan seseorang siswa seperti gambar di bawah!

Besar massa benda P adalah….

 

A. 0,115kg

B. 1,15 kg

C. 11,5 kg

D. 115,0kg

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Perhatikan gambar neraca berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari hasil penimbangan tersebut massa benda adalah….

A. 521 gram

B. 530 gram

C. 620 gram

D. 1.520 gram

 

Waktu tempuhnya adalah ……..

A. 15,2 sekon

B. 18,0 sekon

C. 19,2 sekon

D. 20,0 sekon.

4.   Waktu yang diperlukan seorang pelari 100 m, ditunjukkan oleh stop watch  seperti gambar berikut :

 

 

5.   Hasil pengukuran dari jangka sorong berikut adalah … cm

.

A. 5,4                                       C. 4,35

B. 5,1                                             D. 4,33

 

 

 

 

 

6.   Perhatikan gambar di bawah ini!

 

 

Volume batu sebesar … m3.

A. 2 x 10-2 m3 C. 2 x 10-3 m3

B. 2 x 10-4 m3 D. 2 x 10-5 m3

 

C. Metode Pembelajaran

1. Model  :- kooperatif

- DI/ pembelajaran langsung

2. Metode:- eksperimen

- diskusi informasi

- tanya jawab

 

D. Skenario Pembelajaran

Pertemuan ke-1

No Langkah-langkah Jenis kegiatan/waktu
A

 

 

 

 

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

 

 

 

C

 

Kegiatan Awal

1. Prasyarat pengetahuan

Apakah satuan panjang, massa,, volum dalam SI?

2. Motivasi

Dengan ditunjukkan batu kecil dan kubus kecil,           bagaimana mengukur volume benda tersebut?

3. Guru menjelaskan penggunaan neraca, jangka sorong dan gelas ukur.

Kegiatan Inti

1. Siswa melakukan percobaan pengukuran sesuai LK secara teliti dan tanggung jawab (LKS MGMP Kab Blitar hal 17-20)

2. Siswa menjawab pertanyaan yang ada di LK

3. Dua kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lain menanggapi

4. Siswa membuat rangkuman

Kegiatan Penutup

Guru mengadakan tes tertulis

Klasikal/15’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok/30’

 

 

 

Klasikal/20’

 

 

 

 

Individu/15’

 

Pertemuan ke-2

No Langkah-langkah Jenis kegiatan/waktu
A

 

 

 

 

 

 

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C

Kegiatan Awal

1. Prasyarat pengetahuan

Apakah alat ukur massa?

2. Motivasi

Hasil pengukuran massa benda adalah: 1,5 kg, 5 g,

56 g, 0,5 kg, berapa kg massa seluruhnya?

Kegiatan Inti

1. Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan hasil  pengukuran beberapa besaran:panjang, massa, waktu dan volume

(LKS TIM MGMP Kab Blitar th 2010/2011 hal 20-22)

2. Secara bergantian setiap kelompok menuliskan  jawabannya di papan tulis dan kelompok lain menanggapi.

3. Siswa menulis jawaban yang benar

 

Kegiatan Penutup

Guru memberi tes tertulis

Klasikal/10’

 

 

 

 

 

 

 

Kelompok/30’

 

 

 

Klasikal/25’

 

 

 

 

 

Klasikal/15’

E.  Sumber Belajar

1. BSE IPA untuk SMP/MTs kelas VII hal 17-26

2. LKS

3. Alat-alat praktek

F. Penilaian

1. Tehnik     : tertulis, observasi

2. Bentuk    : uraian, lembar observasi penyelidikan (LOP)

 

Kisi-kisi Instrumen

No Indikator Tehnik penilaian Bentuk instrumen Kode intrumen
1.

 

 

 

2

Mengukur beberapa besaran dengan alat ukur yang sesuai secara teliti dan tanggung jawab

Memecahkan soal-soal masalah yang berkaitan dengan pengukuran secara teliti dan mandiri

Tes unjuk kerja

 

 

 

Tes tertulis

Uji petik kerja prosedur

 

 

Uraian

LO

 

 

 

LP

 

 

Lembar Penilaian

1.   Perhatikan Gambar!

 

Ani menimbang kotak logam yang diletakkan pada A. Supaya neraca dalam keadaan setimbang, maka Ani meletakkan beberapa anak timbangan di B seperti terlihat pada gambar. Besar massa kotak logam tersebut adalah ….kg

 

2.   Perhatikan hasil pengukuran massa yang dilakukan seseorang siswa seperti gambar di bawah!

Besar massa benda P adalah….kg

 

 

 

 

 

 

 

3.   Perhatikan gambar neraca berikut!

 

Dari hasil penimbangan tersebut massa benda adalah….

….gram

 

 

 

 

 

 

 

Waktu tempuhnya adalah ……..sekon

4.   Waktu yang diperlukan seorang pelari 100 m, ditunjukkan oleh stop watch  seperti gambar berikut :

mber

 

5.   Hasil pengukuran dari jangka sorong berikut adalah … cm

.

 

 

 

 

 

6.   Perhatikan gambar di bawah ini!

 

 

Volume batu sebesar … m3.

 

 

Kunci/pedoman penskoran

 

No Kunci Skor Bobot
1

2

3

4

5

 

6

1,650 kg

1,150 kg

1520 g

20 sekon

4,35 cm

2 x 10m³

2

2

2

1

4

4

15

15

15

5

25

25

    15 100

 

Lembar Observasi (LO)

Lembar observasi untuk menilai kinerja siswa ketika melakukan kegiatan pengukuran secara teliti dan tanggung jawab

No Aspek yang dinilai Dilakukan Tidak dilakukan
1

 

2.

 

3

 

4

Menentukan alat ukur yang sesuai secara mandiri dalam kelompoknya

Membaca hasil pengukuran dengan teliti

Dapat menghitung hasil pengukuran dengan benar

Bertanggung jawab atas keselamatan gelas ukur, gelas kimia dan neraca

   

 

 

Mengetahui:                                                           Blitar,

Kepala sekolah                                                      Pengajar

 

_________________                                       _________________

 

Sumber : docstoc.com

About these ads

10 responses

  1. tlg dilanjutkan RPPnya pak coz aq lg butuh banget n penting banget…..thanks sebelumx

  2. tlg lanjutan RPPx kelas VII aq butuh banget krn RPP yg bpk buat mnurt aq bagus bnget.tlg kirim secepatnya….thamks sebelumnya..

    1. waduh, saya punyanya contoh juga cuma itu he he he

  3. minta tolong yah kawan, kalo punya rpp berkarakter kirim ke emailq yah : wijayaafdhal@rocketmail.com

    1. Sudah pak, silahkan dicek diemail

  4. pak tolong dilanjutkan dong rpp-a, aku gy butuh
    banget

    1. Download di halaman RPP dan Silabus berkarakter SMP/MTs…sudah diopload

  5. oalah mbak kak bg,,, kok blognya pake ditulis RPP semua,,, yang kreatif dong.

    1. he he he …..cuma ini yang bisa ku bagi….blogmu apa namanya?

  6. aslm, pak. dilihat menurut formatnya bagus jg. so, minta tolong dikirimkan rpp yang lain khusus IPA kelas VIII (8) ke emailku andibudi412@gmail.com
    trimkasih banyak dan salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: