Contoh draft RPP Matematika SMP/MTs pola EEK kelas 7

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah       :

Mata Pelajaran       :  Matematika

Kelas                       :   VII (Tujuh)

Semester                :  1 (Satu)

Standar Kompetensi :       

1.   Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar :

1.1.         Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

 

Indikator :

1.   Memberikan contoh bilangan bulat.

  1. Menentukan letak bilangan  bulat pada garis bilangan.
  2. Melakukan operasi hitung bilangan bulat.
    1. Menjelaskan sifat operasi hitung bilangan bulat.
    2. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
    3. Menjelaskan pengertian bilangan pecahan
    4. Membandingkan dan mengurutkan pecahan
    5. Menjelaskan macam-macam pecahan.
    6. Mengubah pecahan dari bentuk yang satu ke bentuk pecahan yang lain.

10. Melakukan operasi hitung bilangan pecahan

 

A.     Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat.
  2. Siswa dapat menentukan letak bilangan  bulat pada garis bilangan.
  3. Siswa dapat melakukan operasi hitung pada bilangan bulat.
  4. Siswa dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
  5. Siswa dapat menjelaskan pengertian pecahan
  6. Siswa dapat mengurutkan pecahan
  7. Siswa dapat menjelaskan macam-macam pecahan.
  8. Siswa dapat mengubah pecahan dari satu bentuk ke bentuk pecahan yang lain.
  9. Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung pada pecahan.
  10. Siswa dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

 

B.     Materi Ajar

Bilangan bulat  dan Pecahan

  • Bilangan bulat

-    Operasi hitung pada bilangan bulat (Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, akar pangkat)

-    Sifat-sifat operasi hitung

  • Bilangan Pecahan

- Macam Pecahan (Pecahan biasa, campuran, desimal, persen, bentuk baku)

- Operasi  hitung bilangan pecahan (Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian

C.    Alokasi Waktu         :  18 jam pelajaran (9 pertemuan).

D.     Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, demonstrasi, simulasi dan penugasan.


E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No Kegiatan Waktu Metode
 

1

Pertemuan pertama

Kegiatan awal

  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
  • Melalui tanya jawab, guru menggali pengetahuan siswa mengenai bilangan bulat dan jenisnya,serta penempatannya pada garis bilangan

 

Kegiatan Inti

Eksplorasi:

  • Siswa mengamati penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari

Elaborasi        ;

  • Siswa melanjutkan diskusi mengenai bilangan bulat dan jenisnya dipandu oleh guru
  • Ditayangkan sebuah garis bilangan, siswa diminta menempatkan beberapa bilangan bulat pada garis bilangan tersebut
  • Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku paket.

Konfirmasi:

  • Guru memberi penguatan dari kegiatan yang telah dilakukan siswa

 

Penutup

  • Membuat kesimpulan mengenai bilangan bulat, letak dan urutannya pada garis bilangan.
  • Melakukan refleksi  dari kegiatan yang sudah dilakukan
  • Guru memberikan  tugas  untuk dikerjakan di rumah
2 x 40 menit

15’

 

 

 

 

 

40 ’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25’

 

1. Tanya jawab

2. Ceramah

2 Pertemuan ke dua

Kegiatan awal

  • Guru menggali pengetahuan prasyarat siswa mengenai bilangan bulat dan jenis- jenisnya serta contohnya
  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan
  • Memotivasi: penguasaan kompetensi ini merupakan materi dasar (prasarat) untuk mempelajari materi matematika yang lebih tinggi maupun untuk digunakan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
  • Siswa di bagi ke dalam 6 kelompok.

 

Kegiatan Inti

Eksplorasi:

  • Siswa  menyebutkan operasi matematika yang telah diketahui dan memberikan masing-masing contohnya.

Elaborasi:

  • Guru mensimulasikan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan puzzle bilangan bulat.
  • Secara berkelompok, siswa melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan puzzle.
  • Siswa diminta memaparkan hasil kerja kelompoknya, dan kelompok lain menanggapi.

Konfirmasi:

  • Untuk pendalaman materi siswa mengerjakan latihan soal-soal yang ada di buku paket

 

Penutup

  • Melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
  • Membuat kesimpulan mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
 

4 x 40 menit

25’

105’

30’

 

1. Tanya jawab

2. Diskusi

3. Demontrasi

3 Pertemuan ke tiga

Kegiatan awal

  • Memberikan quiz untuk mengecek pemahaman siswa mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat

 

Kegiatan Inti

Eksplorasi:

  • Siswa mencari informasi mengenai operasi perkalian dan pembagian.dan prinsip mengoperasikannya

Kolaborasi:

  • Guru memberikan tugas kunjungan ke kantin Madrasah/ koperasi secara berkelompok untuk mengamati penggunaan bilangan bulat.
  • Mendiskusikan hasil kunjungan  dengan mengaplikasikan operasi hitung ( tambah ,kurang , bagi  kali  dan operasi campuran )
  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok  di depan kelas

Konfirmasi:

  • Guru melakukan penilaian  proses dan hasil presentasi
  • Guru memberikan penguatan mengenai operasi pada bilangan bulat

Penutup

  • Membuat kesimpulan mengenai konsep operasi pada bilangan bulat dengan bimbingan guru
  • Penugasan  (PR)
4x 40 Menit

20 ’

 

 

 

80’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60’

1.Tanya jawab

2.Diskusi

3. Simulasi Penjual makanan  di kantin

 

4

 

Guru melakukan  uji kompetensi 1 ( tes) untuk mengetahui penguasaan kemampuan siswa terhadap materi bilangan bulat yang sudah diajarkan

 

2 x 40 Menit

 

F.  Media dan Sumber Belajar

1. MEDIA

  • Puzzle bilangan bulat
  • Kartu Pecahan
  • Benda-benda yang bisa dibagi menjadi bagian yang sama
    • Buah-buahan
   

2. SUMBER BELAJAR

  • Buku teks
  • LKS
  • Sumber lain yang berkaitan dengan bilangan bulat
  • Kegiatan jual beli di kantin

 

G. PENILAIAN

Teknik                   : tugas individu, kuis, ulangan harian.

Bentuk Instrumen    :     uraian singkat

 

a.   Penilaian proses dilakukan dengan mengamati kegiatan selama proses pembelajaran.

 

Rubrik penilaian proses :

No N a m a KEAKTIFAN KETEPATAN KERJASAMA
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
                           
                           
                           

Keterangan :

1. Kurang                                                       3. Baik

2. Cukup                                                         4. Sangat baik

 

b. Penilaian Hasil :

LEMBAR PENILAIAN TES TERTULIS

Pertemuan ke – 1

No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
1 Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.

a. Tulislah bilangan bulat positifnya.

b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.

  1. c.  Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun negatif.
a.10, 15, 24, +85, 3

b.-60, -6

c.   0

 

30

2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.

a.  -6, 5, -8, 0, 1

b.  -1, -2, 3, 4, 10

c.  -3, -5, 7, 9, -10

 

 

 

a.  -8 -6       0 1      5

b.  -2 -1   3  4         10

c.  -10     -5 -3     7  9

 

30

3. Sisipkan lambang < atau > diantara pasangan bilangan berikut agar diperoleh kalimat yang benar

  1. a.  7 ….. 17                               c.  0 ….. -3
  2. b.  -6 …. -9                               d.  -5 …. 2
 

  1. <         c. >
  2. >        d. <
 

45

  Total Skor   100

 

Pertemuan ke – 2

No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
1 Hitunglah.

a.  4 + (-6)                    c. 8 + (-3) – 5

b.  -14 – (-20)               d. -7 – (-9) + 10

a. -2          c. 0

b. 6           d. 12

 

40

2. Mino mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai bilangan tersebut.

 

 

2x + 7 = x

x = -7

 

30

3. Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik  setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari ruang pendingin?

 

3

 

30

  Total Skor   100

Pertemuan ke – 3

No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
1 Hitunglah.

a.  3 x (-7 + 10)             c. 18 : (-3) – 5

b.  -7 x (-20) : 4            d. 30 : -5 : 2

 

a. 9             c. -11

b. 35           d. -3

 

24

2. a.  2  (4   5) = ….

b.  (2  4)  5  = ….

Jadi, 2  (4  5) = ( …. ….) ….

a. 40

b. 40

(2 x 4) x 5

 

12

3. Hitunglah.

a.  Kuadrat dari (-20)      c.

b.                             d.

 

a. 400       c. 64

b. 3    d. 2

 

20

4 Sederhanakanlah bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

 

 

33 x 53 atau (3 x 5)3

 

10

5 Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ….  

14

 

 

34

  Total Skor   100

 

Keterangan :

0   < Nilai < 59   = kurang

60 < Nilai < 69   = Cukup

70 < Nilai < 85   = Baik

86 < Nilai < 100 = sangat baik

 

Sumber :  Panduan Pengembangan Silabus dan RPP MTs

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: