Contoh draft RPP IPA SMP/MTs pola EEK

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )

 

 

Sekolah : …………………………

Kelas / SemesterIX / 1 ( satu )

Mata Pelajaran                      :  ILMU PENGETAHUAN ALAM( IPA )

 

Standar Kompetensi :

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

 

Kompetensi Dasar :

1.1     Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dalam hubungannya dengan kesehatan.

 

Indikator :

-        Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.

-        Menjelaskan fungsi sistem ekskresi

-        Mengidentifikasi contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

 

Alokasi Waktu: 4  x  40 menit

 

  1. A. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Peserta didik dapat  :

  1. Menjelaskan pengertian ekskresi,
  2. Menyebutkan tiga alat pengeluaran  utama pada manusia,
  3. Menjelaskan fungsi sistem ekskresi pada manusia,
  4. Menyebutkan fungsi ginjal,
  5. Menyebutkan tiga fungsi kulit,
  6. Menyebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran.

 

 

Pertemuan Kedua

Peserta didik dapat  :

  1. Mengidentifikasi kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia,
  2. Menjelaskan kelainan-kelainan pada alat ekskresi dan upaya mengatasinya.

B.  Materi Pembelajaran

Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

C.  Metode dan Model Pembelajaran

  1. Metode            :     Diskusi Informasi

2.   Model               :     Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw

 

  1. D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. 1. Pertemuan Pertama ( 2 x 40 menit )
KEGIATAN WAKTU ASPEK LIFE SKILL

Pendahuluan :

  1. Motivasi dan Apresepsi

Kenapa keringat  terasa asin ?

Membacakan  salah satu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kesempurnaan tubuh manusia (Q : S = 82: 7 – 8)

b.   Pengetahuan Prasyarat

Mengingatkan kembali pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari pertemuan sebelumnya, yaitu manusia membutuhkan makan dan minum sebagai bahan metabolisme dalam sel-sel tubuh. Sebagai hasil samping dari proses metabolisme adalah zat-zat sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh.

  1. Menyampaikan indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti :

  1. Guru membagikan LKS dan menjelaskan langkah-langkah kerja dengan model pembelajaran Jig Saw (Guru membagi siswa dalam kelompok kooperatif menjadi 3: A , B, dan C ) yang disebut kelompok ASAL. Guru mengingatkan kepada siswa agar duduk dalam tatanan kooperatif dan memasang nomor di baju. Setiap nomor yang sama berkumpul di meja depan membentuk kelompok AHLI ( A1 , B1 , C1 , dst ) untuk memperoleh penjelasan dari Guru. Setelah selesai kembali ke kelompok ASAL dan menjelaskan pada temannya untuk melaksanakan dan membuat laporan
  2. Siswa secara kelompok menggali informasi tentang pokok-pokok materi alat-alat ekskresi pada manusia dan melakukan kegiatan sesuai dengan langkah-langkah di atas. (Eksplorasi ).

 

  1. 3. -  Tiap-tiap kelompok mempresentasi kan hasil kegiatannya. Dan Kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya, menambahkan jawaban. (Elaborasi)

 

  1. 4. Guru memberikan penguatan.

Dan melakukan kuis secara individual. Serta bersama peserta didik guru membuat kesimpulan hasil belajar ( Konfirmasi )

Penutup

  1. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.

 

  1. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mendata contoh

 

kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia dari artikel pada majalah kesehatan, buletin atau koran.

10’

60’

10’

Ketrampilan sosial dan berfikir

Ketrampilan social,  akademik dan berfikir

Ketrampilan akademik dan social

  1. 2. Pertemuan Kedua ( 2 x 40 menit )
KEGIATAN WAKTU ASPEK LIFE SKILL

Kegiatan Pendahuluan :

  1. Motivasi dan Apersepsi

Mengapa ada orang yang menderita penyakit batu ginjal harus sering minum?

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan cuci ginjal atau hemodialisis?

  1. Prasyarat Pengetahuan

Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya tentang fungsi ginjal.

Menyampaikan indikator pembelajaran, meliputi produk, proses dan psikomotor dan keterampilan sosial.

 

Kegiatan Inti  :

  1. Siswa  mengidentifikasi contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia, dengan model pembelajaran kooperatif Jig Saw yang telah dijelaskan.   (Eksplorasi ).
  2. Siswa melakukan diskusi untuk menjawab dua pertanyaan yang dibuat oleh masingmasing kelompok kooperatif peserta didik.
  3. Guru membagikan LKS dan memberikan pengarahan cara menggunakan alat bedah sekaligus membedah ginjal. Dan meminta masing-masing kelompok kooperatif peserta didik  mengerjakannya dibawah bimbingan guru.
  4. Siswa mempresentasikan hasil kerja dan membahasnya dengan kelompok lain. (Elaborasi)
  5. Guru memberikan penguatan dan menjawab pertanyaan siswa yang belum tuntas.
  6. Guru membagikan lembar evaluasi formatif dan setelah selesai langsung dikoreksi oleh teman sebelahnya. (Konfirmasi).

Penutup  :

  1. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
  2. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mendata contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia dari artikel pada majalah kesehatan, buletin atau koran.

 

10’

60’

10’

Ketrampilan sosial,  dan berfikir

Ketrampilan sosial, akademik dan berfikir

Ketrampilan sosial, akadeMik dan berfikir

 

E    Sumber Belajar

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan.

 

F.   Penilaian

 

Teknik :  Tes tertulis, Tes unjuk kerja

  1. Bentuk Instrumen  :  Tes uraian, tes pilihan ganda
  2. Soal/Instrumen                   :

LEMBAR PENILAIAN PILIHAN GANDA

Petunjuk  :  Pilihlah salah satu opsi jawaban yang paling benar, dengan cara memberikan tanda silang (X) pada a, b, c, atau d pada soal-soal berikut!

 

  1. Pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh disebut …
    1. transportasi                                         c.   sekresi
    2. ekskresi                                               d.   defekasi

 

 

2.

Berdasarkan gambar di atas, tempat terjadinya proses penyaringan darah ditunjukkan oleh nomor …

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

 

3.   Pertanyaan berikut berhubungan dengan fungsi alat pengeluaran  :

  1. Mengubah provitamin A menjadi A
  2. Tempat pembentukan vitamin D
  3. Tempat penyaring darah
  4. Menawarkan racun yang masuk melalui makanan

Dari pernyataan diatas yang termasuk fungsi hati adalah …

  1. 1 dan 3                                                c.   4 dan 1
  2. 2 dan 3                                                d.   4 dan 2

 

4.   Vitamin dan obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan akan dikeluarkan melalui …

  1. hati                                                      c.   ginjal
  2. kulit                                                      d.   paru-paru

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN URAIAN

Soal Essay

Petunjuk   :  Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat pada lembar jawaban yang tersedia!

 

  1. Jelaskan pengertian  ekskresi !
  2. Sebutkan tiga alat pengeluaran utama pada manusia !
  3. Deskripsikan fungsi sistem ekskresi pada manusia !
  4. Sebutkan fungsi ginjal !
  5. Sebutkan tiga fungsi kulit, selain sebagai alat pengeluaran !
  6. Sebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran !
  7. Sebutkan contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia !
  8. Jelaskan cara mengatasi kelainan pada alat ekskresi dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya !

LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA

 

  1. Penilaian Unjuk Kerja  :

Lakukan kegiatan untuk mengetahui zat yang dikeluarkan oleh kulit.

  • Kertas Kobalt berukuran 2 x 2 cm sebanyak dua lembar
  • Stop Watch
  • Selotip
  • Air dalam gelas

4.   Instrumen Penilaian :

Aspek Psikomotorik Skala Kuantitatif Jumlah Nilai
4 3 2 1
1 Merangkai alat dengan benar          
2 Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar.        
3 Memperoleh data dari percobaan          
4 Membuat kesimpulan dengan benar        
           
  JUMLAH    
Aspek Afektif Skala Kualitatif Jumlah Nilai
A B C D
1 Cara mengemukakan pendapat          
2 Sinkron pertanyaan selain dengan topik, diskusi          
3 Ketepatan jawaban yang disampaikan dalam menjawab pertanyaan          
4 Kearifan dalam menanggapi pendapat orang lain          
5 Pengambilan keputusan kerja kelompok          
  JUMLAH          

Sumber : panduan pengembangan Silabus dan RPP MTs

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: