Contoh draft RPP berkarakter SMP mapel penjaskes kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SEKOLAH : ……………………………………………

MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PENJASORKES)

KELAS/SEMESTER : VIII/1

ALOKASI WAKTU : 6 Jam Pelajaran (3 X Pertemuan)

 

  1. A. Standar Kompetensi (SK)
  2. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

  1. B. Kompetensi Dasar (KD)

1.1    Mempraktik-kan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

 

  1. C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

 

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan, dan melakukan  teknik dasar menendang atau mengoper bola perkenaan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung dan kaki bagian luar, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun.

 

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi  perbedaan dan melakukan  teknik dasar penempatan kaki tumpu pada saat menendang bola dengan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung, dan kaki bagian luar, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun.
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi, dan melakukan bentuk-bentuk arah gerakan dan bola pada saat ditendang pada bagian atas bola, tengah bola dan bawah bola, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun.
  3. Peserta didik dapat menendang bola dengan kaki bagian dalam, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  4. Peserta didik dapat mendang  bola dengan kaki bagian punggung, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  5. Peserta didik dapat menendang bola dengan kaki bagian luar, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  6. Peserta didik dapat bermain bola melalui peraturan yang dimotdifikasi  untuk menerapkan teknik dasar tendangan bola  yang dipelajari dengan koordinasi yang baik, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun untuk mengembangkan keterampilan, kerjasama, toleransi, menghargai lawan, kedisiplinan, kejujuran,  menghargai keberagaman, percaya diri, mau berbagi tempat dan peralatan, dan fairplay.

 

Pertemuan 2

  1. Mengidentifikasi perbedaan teknik menghentikan atau pengontrol  bola antara perkenaan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung dan kaki bagian luar, secara logis, kritis, dan santun
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi, dan melakukan perbedaan teknik menghentikan atau pengontrol  bola antara perkenaan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung dan kaki bagian luar, secara logis, kritis, dan santun
  3. Peserta didik dapat menghentikan atau pengontrol  bola dengan kaki bagian dalam, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  4. Peserta didik dapat menghentikan atau pengontrol bola dengan kaki bagian punggung, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  5. Peserta didik dapat menghentikan atau mengontrol bola dengan kaki bagian luar, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  6. Peserta didik dapat bermain bola menggunakan peraturan yang dimotdifikasi untuk mempraktikkan teknik dasar menendang dan menghentikan atau pengontrol  bola yang dipelajari dengan koordinasi yang baik, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun untuk mengembangkan keterampilan, bekerjasama, toleransi, menghargai lawan, berdisiplin, jujur, menghargai keberagaman, percaya diri, mau berbagi tempat dan peralatan, dan fairplay.

 

Pertemuan 3

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi, dan melakukan perbedaan teknik menggiring bola antara perkenaan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung dan kaki bagian luar yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun
  2. Peserta didik dapat menggiring bola dengan kaki bagian dalam, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  3. Peserta didik dapat menggiring bola dengan kaki bagian punggung, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  4. Peserta didik dapat menggiring bola dengan kaki bagian luar, baik kaki kanan maupun kaki kiri secara berpasangan dengan arah gerakan bola mendatar dengan koordinasi yang baik, secara terampil, berdisiplin, bekerjasama, jujur, patuh pada aturan-aturan yang disepakati, bertanggung jawab, dan santun.
  5. Peserta didik dapat bermain bola menggunakan peraturan yang dimotdifikasi untuk mempraktikkan teknik dasar menendang, mengontrol atau menghentikan dan menggiring  bola yang dipelajari dengan koordinasi yang baik, yang dilakukan secara logis, kritis, dan santun untuk mengembangkan keterampilan, bekerjasama, toleransi, menghargai lawan, berdisiplin, jujur, menghargai keberagaman, percaya diri, mau berbagi tempat dan peralatan, dan fairplay.

 

  1. D. Materi Pembelajaran
  2. Teknik dasar menendang atau mempasing bola
  3. Teknik dasar menghentikan atau mengontrol bola
  4. Teknik dasar menggiring bola
  5. Bemain bola sesuai dengan materi teknik dasar menendang, menghentikan atau mengontrol, dan menggiring bola dengan peraturan yang dimodofokasi.
    1. E. Metode Pembelajaran
    2. Metode Komando
    3. Metode Tugas/Latihan
    4. Metode Resiprokal
    5. Metode Inklusi
    6. Metode Penemuan Terpimpin
      1. F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (40 x 2 Menit) : Metode Komando, Tugas, dan Resiprokal

Kegiatan Pembelajaran Skenario Kegiatan Pembelajaran Pengorganisasian Kelas waktu Ket
A. PENDAHULUAN

1. Berbaris

 

 

2. Berhitung

 

 

3. Berdoa

 

 

4. Apersepsi

 

 

 

5. Pemanasan

a. Menghitung DN 1 menit

 

 

 

b. Stretching

 

1  Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta  didik yg tinggi disebelah kanan.

2  Peserta  didik berhitung yang dimulai dari saf bagian depan paling kanan.

3  Berdoa sesuai dengan kepercaya-an dan agama masing-masing.

4  Guru membuka pelajaran untuk mem-bangkitkan motivasi peserta  didik.

 

a. Peserta  didik menghitung DN masing-masing dipandu oleh guru, selama 6 – 10 detik x 10 atau 6. (DN normal 60-80/menit)

 

b.Peserta  didik melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 8-10 kali:

 

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

 

O

Ket:

X  =  Peserta  didik

O  = Guru

 

5 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10Menit

 

 

  • Tertib
  • Disiplin
  • Religius
  • Ingin tahu
  • Kerja sama
  1. B. INTI

1. Penjelasan konsep dan memberi contoh teknik dasar menen-dang bola  dengan kaki bagian dalam, punggung, dan luar.

 

2. Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh:

a. menendang bola dengan kaki bagian dalam

b.menendang bola dengan kaki bagian luar

c. menendang bola dengan kaki bagian punggung

d.Bermain bola menggunakanperaturan yang dimo-difikasi  untuk menerapkan teknik dasar tendangan bola  yang dipelajari.

 

Peserta  didik dibariskan kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan:

1. Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, dilanjutkan dengan membaca dan memahami materi yang akan dipelajari di dalam kartu tugas.

2.  Peserta  didik mendiskusikan dengan  pasangan tentang materi yang akan dipelajari atau dipraktikkan sesuai kartu ugas yang diterima.

3. Peserta  didik mengambil tempat secara berhadap hadapan dengan jarak 5 meter di antara pasangan.

4. Pelaksanaan Pembelajaran:

a. PBM 1 (Menendang dan mengembalikan bola meng-gunakan kaki bagian dalam, luar, dan luar dengan satu kali sentuhan):

  • Menendang dan mengem-balikan bola dengan kaki kanan secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dan mengemba-likan bola dengan kaki kiri secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dengan kaki kanan dan mengembalikan dengan kaki kiri bergantian secara bergantian (5 kali)

b.PBM 2 (Menendang dan menerima bola Crossing Body, dengan kaki bagian dalam):

  • Kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang ke arah pasangan, pasangan menerima bola dengan kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang bola kembali ke pasangan-nya secara bergantian (5 kali).
  • Kaki kiri menyentuh bola ke kanan, kaki kanan menen-dang ke arah pasangan, pasangan menerima bola dengan kaki kiri, kaki kiri  menyentuh bola ke kanan, kaki kanan menendang bola kembali ke pasangannya secara bergantian (5 kali).
  1. PBM 3 (Pengenalan bola):
  • Kaki kanan dan kiri mempasing bola ke kanan dan kiri sebanyak 5 kali dengan kaki bagian dalam, kemudian kaki kanan me-nendang bola ke pasangan, pasangan menerima dan melakukan hal yang sama, kemudian menendang bola kembali ke pasangan dengan kaki kanan secara bergantian (5 kali kanan dan 5 kali kiri).

d.  PBM 4 (Mengolah bola dengan permukaan berbeda):

  • Mengolah bola pada per-mukaan yang berbeda sebanyak 5 kali meng-gunakan telapak kaki kanan, kemudian bola di-tendang ke pasangan dengan kaki kanan bagian punggung, pasangan mene-rima bola dan melakukan kegiatan yang sama, kemu-dian dikembalikan lagi secara bergantian sebanyak 5 kali ( 5 kali kaki kanan dan 5 kali kaki kiri).
  1. Bermain bola dengan per-aturan yang dimodifikasi:
  • Permainan ini di dibuat dalam bentuk games, setiap regu atau kelompok bisa 3 vs 3; 4 vs 4; 5 vs 5.
  • Lebar lapangan lebarnya disesuaikan bisa dibuat 3 x 3 m; 4 x 4 m; 5 x 5 m, hal ini disesuaikan dengan jumlah pemain tiap regu atau kelompok.
  • Lapangan dibatasi dengan bendera, kerucut atau botol plastik, atau benda-benda yang tidak membahayakan.
  • Bola yang dimainkan gerakannya harus menyu-sur tanah (ground ball), tendangan atau pasing bola ke teman harus meng-gunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung, sentuhan bola untuk seorang pemain hanya dibolehkan maksimal 3 kali sentuhan.
  • Waktu bermain setiap tim selama 10 menit.
  • Regu yang tidak bermain bertugas mengamati ke-salahan yang dibuat oleh tim yang diamati dengan lembar pengamatan yang disiapkan oleh guru.
  • Regu yang dinyatakan menang bila dapat mem-peroleh nilai kesalahan dan mengeluarkan bola dari lapangan paling sedikit.
  • Tugas sebagai regu peng-amat dan bermain ber-gantian, setelah waktunya dinyatakan selesai.

 

 

X X X X X X X X X X

X X X X X X X X X X

 

O

 

 

X   X   X  X  X

 

 
5m

 

 

X    X   X  X  X

 

 

 

 

 

X      X      X

 

15    m

 

X      X      X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

X      X      X

 

 

 

 
X     X     X

 

 

 

 

 

X    X    X    X

 

 

 
X    X    X    X

 

 

3 X 3 M

 

X         X

 

XX

O

@          @

 

@      @

 

 

 

 

 

 

 

20 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30 Menit

 

  • Ingin tahu
  • Percaya diri
  • Kerjasama
  • Jujur
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Bergaya hidup sehat
  1. C. PENUTUP
    1. Penenangan (cooling down)

 

 

  1. Kesimpulan

 

 

 

  1. Penilaian

 

 

  1. Refleksi dari guru dan peserta didik

 

 

  1. Penjelaskan materi minggu depan

 

  1. Berdoa

 

 

 

  1. Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.

 

 

1.  Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik.

2.  Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai

3.  Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan.

4.  Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

5.  Guru memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.

6.  Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan keper-cayaannya masing-masing.

7.  Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang ber-tugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

 

 

 

15 Menit  

  • Gaya hidup sehat
  • Jujur
  • Disiplin
  • Tertib
  • Tanggung jawab

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 2 : (40 x 2 Menit)/ Metode Komando, Tugas, dan Resiprokal

Kegiatan Pembelajaran Skenario Kegiatan Pembelajaran Pengorganisasian Kelas waktu Ket
  1. A. PENDAHULUAN
    1. Berbaris

 

  1. Berhitung

 

 

  1. Berdoa

 

  1. Apersepsi

 

 

 

 

 

  1. Pemanasan
  • Menghitung DN 1 menit
  • Lari perlahan-lahan 2 kali keliling lapa-ngan.
  • Penguluran dinamis
 

  1. Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta  didik yg tinggi disebelah kanan.
  2. Peserta  didik berhitung yang dimulai dari saf bagian depan paling kanan.
  3. Berdoa sesuai dengan keper-cayaan dan agama masing-masing.
  4. Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan moti-vasi peserta  didik.

 

 

  • Peserta  didik menghitung DN masing-masing dipandu oleh guru, selama 6 – 10 detik x 10 atau 6. (DN normal 60-80/menit)
  • Peserta  didik melakukan lari perlahan-lahan (jogging) 2 kali keliling lapangan berlawanan jarum jam dimulai dari baris depan, disambung baris berikutnya.
  • Melakukan penguluran dinamis mulai dari kepala ke arah kaki dengan masing-masing item dengan hitungan 8 x 1: misal, menekuk kepala ke kanan dan kiri, dst.
 

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

 

O

Ket:

X  =  Peserta  didik

O  = Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

 

O

 

5 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Menit

 

 

  • Tertib
  • Disiplin
  • Religius
  • Ingin tahu
  • Kerja sama
  1. INTI
  2. Penjelasan konsep dan memberi contoh teknik dasar menendang dan mengontrol bola  dengan kaki bagian dalam, punggung, dan luar.

 

  1. Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh:

a. Menendang dan mengontol bola dengan kaki bagian dalam

b. Menendang dan mengontrol bola dengan kaki bagian luar

c.  Menendang dan mengontrol bola dengan kaki bagian punggung

d. Bermain bola meng-gunakan peraturan yang dimo-difikasi  untuk menerapkan teknik dasar ten-dangan dan me-ngontrol bola  yang dipelajari.

 

Peserta  didik dibariskan kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan:

  1. Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, dan dilanjutkan dengan membaca dan memahami materi yang akan dipelajari di dalam kartu tugas.
  2. Peserta  didik mendiskusikan dengan  pasangan tentang materi yang akan dipelajari atau dipraktikkan sesuai kartu ugas yang diterima.
  3. Peserta  didik mengambil tempat secara berhadap hadapan dengan jarak 5 meter di antara pasangan.
  4. Pelaksanaan latihan:

a. Latihan 1 (Menendang dan mengembalikan bola meng-gunakan kaki bagian dalam, luar, dan luar dengan satu kali sentuhan):

  • Menendang dan mengem-balikan bola dengan kaki kanan secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dan mengem-balikan bola dengan kaki kiri secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dengan kaki kanan dan mengembalikan dengan kaki kiri bergantian secara bergantian (5 kali)

b. Latihan 2 (Menendang dan menerima bola Crossing Body, dengan kaki bagian dalam):

  • Kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang ke arah pasangan, pasangan me-nerima bola dengan kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang bola kembali ke pasangan-nya secara bergantian (5 kali).
  • Kaki kiri menyentuh bola ke kanan, kaki kanan me-nendang ke arah pasangan, pasangan menerima bola dengan kaki kiri, kaki kiri  menyentuh bola ke kanan, kaki kanan menendang bola kembali ke pasangan-nya secara bergantian (5 kali).
  1. Latihan 3 (Pengenalan bola):
  • Kaki kanan dan kiri mempasing bola ke kanan dan kiri sebanyak 5 kali dengan kaki bagian dalam, kemudian kaki kanan me-nendang bola ke pasangan, pasangan menerima dan melakukan hal yang sama, kemudian menendang bola kembali ke pasangan dengan kaki kanan secara bergantian (5 kali kanan dan 5 kali kiri).
  1. Latihan 4 (Mengolah bola dengan permukaan berbeda):

i.      Mengolah bola pada per-mukaan yang berbeda se-banyak 5 kali mengguna-kan telapak kaki kanan, kemudian bola ditendang ke pasangan dengan kaki kanan bagian punggung, pasang-an menerima bola dan melakukan kegiatan yang sama, kemudian di-kembalikan lagi secara ber-gantian sebanyak 5 kali ( 5 kali kaki kanan dan 5 kali kaki kiri).

  1. Bermain bola dengan per-aturan yang dimodifikasi:
  • Permainan ini di dibuat dalam bentuk games, setiap regu atau kelompok bisa 3 vs 3; 4 vs 4; 5 vs 5.
  • Lebar lapangan lebarnya disesuaikan bisa dibuat 3 x 3 m; 4 x 4 m; 5 x 5 m, hal ini disesuaikan dengan jumlah pemain tiap regu atau kelompok.
  • Lapangan dibatasi dengan bendera, kerucut atau botol plastik, atau benda-benda yang tidak membahaya-kan.
  • Bola yang dimainkan gerakannya harus menyu-sur tanah (ground ball), tendangan atau pasing bola ke teman harus mengguna-kan kaki bagian dalam, luar dan punggung, sentuhan bola untuk se-orang pemain hanya dibolehkan maksimal 3 kali sentuhan.
  • Waktu bermain setiap tim selama 10 menit.
  • Regu yang tidak bermain bertugas mengamati kesa-lahan yang dibuat oleh tim yang diamati dengan lembar pengamatan yang disiapkan oleh guru.
  • Regu yang dinyatakan menang bila dapat mem-peroleh nilai kesalahan dan mengeluarkan bola dari lapangan paling sedikit.
  • Tugas sebagai regu peng-amat dan bermain ber-gantian, setelah waktunya dinyatakan selesai.
 

 

 

X X X X X X X X X X

X X X X X X X X X X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X   X   X  X  X

 
5m

 

 

X    X   X  X  X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X      X      X

16     m

X      X      X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X      X      X

 

 

 

 
X     X     X

 

O

 

 

 

 

X    X    X    X

 

 

 
X    X    X    X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 X 3 M

 

X         X

 

XX

O

@          @

 

@      @

 

 

 

 

 

 

 

20 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30 Menit

 

  • Ingin tahu
  • Percaya diri
  • Kerjasama
  • Jujur
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Bergaya hidup sehat
  1. PENUTUP

1. Penenangan (cooling down)

 

 

2. Kesimpulan

 

 

 

3. Penilaian

 

 

4. Refleksi dari guru dan peserta didik

 

 

5. Penjelaskan materi minggu depan

 

6. Berdoa

 

 

 

 

 

7. Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.

 

 

  1. Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik.
  2. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
  3. Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan.
  4. Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
  5. Guru memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
  6. Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
  7. Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.

 

 

 

15 Menit  

  • Gaya hidup sehat
  • Jujur
  • Disiplin
  • Tertib
  • Tanggung jawab

 

 

Pertemuan ke 3 : (40 x 2 Menit)/ Metode Komando, Tugas, dan Resiprokal

Kegiatan Pembelajaran Skenario Kegiatan Pembelajaran Pengorganisasian Kelas waktu Ket
  1. PENDAHULUAN
  2. Berbaris

 

  1. Berhitung

 

 

  1. Berdoa

 

  1. Apersepsi

 

 

 

 

 

  1. Pemanasan

a. Menghitung DN 1 menit

b. Permainan hijau hitam

 

 

  1. Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta  didik yg tinggi disebelah kanan.
  2. Peserta  didik berhitung yang dimulai dari saf bagian depan paling kanan.
  3. Berdoa sesuai dengan keper-cayaan dan agama masing-masing.
  4. Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta  didik.

 

 

  1. Peserta  didik menghitung DN masing-masing dipandu oleh guru, selama 6 – 10 detik x 10 atau 6. (DN normal 60-80/menit)
  2. Peserta  didik dibariskan dua bersaf dengan urutan yang tinggi sebelah kanan dan saling berhadapan, kelompok satu diberi nama hijau dan kelompok lainnya hitam.
  3. Kedua kelompok melakukan konsentrasi mendengarkan aba-aba dari guru. Pada saat guru mengatakan hijau, maka kelompok hijau segera bergerak lari berbalik menuju garis yang telah ditetapkan, sedangkan kelompok hitang mengejar pasangan yang ada didepannya, bila pengejar bisa memegang, maka dia menang dan sebaliknya. Bagi kelompok yang menang dapat memberi tugas kepada yang kalah, dan sebaliknya.
 

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

X X X X X X X X X

 

O

Ket:

X  =  Peserta  didik

O  = Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
10 meter

 

 

X X X X X X (Hijau)

 
X X X X X X (Hitam)

 

 

10 meter

 

5 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Menit

 

 

  • Tertib
  • Disiplin
  • Religius
  • Ingin tahu
  • Kerja sama
A.INTI

3. Penjelasan konsep dan memberi contoh teknik dasar menendang, mengontrol, mendribel  bola  dengan kaki bagian dalam,  luar  dan punggung.

 

4. Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh:

a. Mendribel, mengon-trol dan menendang bola dengan kaki bagian dalam

b. Mendribel, mengon-trol, dan menendang bola dengan kaki bagian luar

c.  Mendribel, mengon-trol, dan menendang bola dengan kaki bagian punggung

d. Bermain bola meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi  untuk menerapkan teknik dasar men-dribel, mengontrol, dan  tendangan bola  yang dipelajari.

 

Peserta  didik dibariskan kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan:

a. Peserta  didik mendengarkan dan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, dan dilanjutkan dengan membaca dan memahami materi yang akan dipelajari di dalam kartu tugas.

b.  Peserta  didik mendiskusikan dengan  pasangan tentang materi yang akan dipelajari atau dipraktikkan sesuai kartu ugas yang diterima.

c.  Peserta  didik mengambil tempat secara berhadap hadapan dengan jarak 5 meter di antara pasangan.

 

d. Pelaksanaan latihan:

d. Latihan 1 (Menendang dan mengembalikan bola meng-gunakan kaki bagian dalam, luar, dan luar dengan satu kali sentuhan):

  • Mendribel, mengontrol, dan menendang ke pasangan, pasngan melakukan hal yang sama dengan kaki bagian dalam secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dan mengemba-likan bola dengan kaki kiri secara bergantian (5 kali)
  • Menendang dengan kaki kanan dan mengembalikan dengan kaki kiri bergantian secara bergantian (5 kali)

e.  Latihan 2 (Menendang dan menerima bola Crossing Body, dengan kaki bagian dalam):

i.      Kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang ke arah pasangan, pasangan menerima bola dengan kaki kanan menyentuh bola ke kiri, kaki kiri menendang bola kembali ke pasangan-nya secara bergantian (5 kali).

ii.      Kaki kiri menyentuh bola ke kanan, kaki kanan menen-dang ke arah pasangan, pasangan menerima bola dengan kaki kiri, kaki kiri  menyentuh bola ke kanan, kaki kanan menendang bola kembali ke pasangannya secara bergantian (5 kali).

  1. Latihan 3 (Pengenalan bola):

i.      Kaki kanan dan kiri mempasing bola ke kanan dan kiri sebanyak 5 kali dengan kaki bagian dalam, kemudian kaki kanan menendang bola ke pasangan, pasangan menerima dan melakukan hal yang sama, kemudian menendang bola kembali ke pasangan dengan kaki kanan secara bergantian (5 kali kanan dan 5 kali kiri).

  1. Latihan 4 (Mengolah bola dengan permukaan berbeda):

i.      Mengolah bola pada per-mukaan yang berbeda sebanyak 5 kali meng-gunakan telapak kaki kanan, kemudian bola ditendang ke pasangan dengan kaki kanan bagian punggung, pasang-an menerima bola dan melakukan kegiatan yang sama, kemudian dikembalikan lagi secara bergantian sebanyak 5 kali ( 5 kali kaki kanan dan 5 kali kaki kiri).

  1. Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi:

i.      Permainan ini di dibuat dalam bentuk games, setiap regu atau kelompok bisa 3 vs 3; 4 vs 4; 5 vs 5.

ii.      Lebar lapangan lebarnya disesuaikan bisa dibuat 3 x 3 m; 4 x 4 m; 5 x 5 m, hal ini disesuaikan dengan jumlah pemain tiap regu atau kelompok.

iii.      Lapangan dibatasi dengan bendera, kerucut atau botol plastik, atau benda-benda yang tidak membahayakan.

iv.      Bola yang dimainkan gerakannya harus menyu-sur tanah (ground ball), tendangan atau pasing bola ke teman harus meng-gunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung, sentuhan bola untuk seorang pemain hanya dibolehkan maksimal 3 kali sentuhan.

v.      Waktu bermain setiap tim selama 10 menit.

vi.      Regu yang tidak bermain bertugas mengamati kesalahan yang dibuat oleh tim yang diamati dengan lembar pengamatan yang disiapkan oleh guru.

vii.      Regu yang dinyatakan menang bila dapat mem-peroleh nilai kesalahan dan mengeluarkan bola dari lapangan paling sedikit.

viii.      Tugas sebagai regu peng-amat dan bermain ber-gantian, setelah waktunya dinyatakan selesai.

 

 

 

X X X X X X X X X X

X X X X X X X X X X

 

O

 

 

 

 

X

X

X

X

 

 
\

 

 

 

 

 

 
X

X

X

X

: mendribel

: kontrol

: arah siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X      X      X

5m

X      X      X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X      X      X

 

 

 

 
X     X     X

 

 

 

 

 

 

 

X    X    X    X

 

 

 
X    X    X    X

 

O

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 X 3 M

 

X         X

 

XX

O

@          @

 

@      @

 

 

 

 

 

 

 

20 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30 Menit

 

  • Ingin tahu
  • Percaya diri
  • Kerjasama
  • Jujur
  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Bergaya hidup sehat
  1. PENUTUP

1. Penenangan (cooling down)

 

 

2. Kesimpulan

 

 

 

3. Penilaian

 

 

4. Refleksi dari guru dan peserta didik

 

 

5. Penjelaskan materi minggu depan

 

6. Berdoa

 

 

 

 

 

7. Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.

 

 

  1. Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik.
  2. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
  3. Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan.
  4. Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
  5. Guru memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
  6. Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
  7. Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.
 

 

15 Menit  

  • Gaya hidup sehat
  • Jujur
  • Disiplin
  • Tertib
  • Tanggung jawab

 

 

  1. Sumber dan Media Pembelajaran
  2. Buku Penjasorkes SMP Kelas VIII yang relevan.
  3. Bola sepak dari berbagai bahan
  4. Peluit
  5. Bendera, kerucut, botol plastik atau alat-alat lain yang tidak berbahaya dalam kegiatan yang dilakukan.
  6. Kertas tugas
  7. Kertas karton/HVS
  8. Lembar penilaian psikomotorik dan afektif

 

  1. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
  1. Membedakan antara teknik dasar meng-giring, meng-oper dan menghentikan.

 

 

 

 

 

 

  1. Menenendang, mengontrol, dan menggiring bola dengan kaki bagian dalam, bagian luar, dan punggung kaki

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan penekanan, disiplin, kerjasama, toleransi, percaya diri, kebe-ranian, meng-hargai lawan, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan
  2. Tes lisan
 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Ter kinerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Observasi

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penilaian diri
Daftar pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji proses

 

 

 

 

 

 

Uji produk

 

 

 

 

 

 

 

Lembar observasi

 

 

 

 

 

 

Tugas rumah

 

 

 

 

 

 

 

Lembar penilaian diri

 

 

Pada saat  menendang atau mempasing bola ada berapa bagian perkenaan kaki dengan  bola, sebutkan bagian mana saja? (nilai karakter: ingn tahu, percaya diri, santun dan bertanggung jawab)

 

Dalam menggiring bola agar bola gerakannya mendatar, perkenaan kaki pada bola harus  pada bagian:

a.Atas bola

  1. Tengah bola

c.Bawah bola

d.  Seluruh bagian bola  (nilai karakter: ingin tahu, percaya diri, dan bertanggung jawab)

 

  • Tendanglah bola agar gerakan bola mendatar di atas tanah menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar dan bagian punggung. (nilai karakter: Disiplin, Kerjasama, Toleransi, Percaya diri, Menghargai lawan, Bersedia bebagi tempat dan peralatan

 

 

Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar dan bagian punggung kaki masing-masing tiga kali tepat sasaran.

 

Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi untuk mempraktikkan terkni dasar tendangan, dan control dan menggiring bola.

 

Berlatihlah teknik dasar menggiring, mengoper dan menghentikan bola dengan bagian kaki yang menurut anda paling sulit dengan bola  plastic atau yg lain pada waktu senggang, minimal 1 minggu 2 kali, dan buatlah laporan apa yang anda hasilkan

 

Pada saat anda menggiring bola dengan punggung kaki, maka:

  1. a.   Sangat mudah

b.Mudah

  1. c.   Sulit

d.Sangat sulit

 

 

1.   Teknik penilaian:

- Tes Kinerja :

Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar dan bagian punggung kaki masing-masing tiga kali tepat sasaran.

Keterangan:

Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

Jumlah skor maksimal

 

- Pengamatan sikap:

Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku disiplin, kerjasama, toleransi, percaya diri dan menghargai teman

 

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

 

 

Jumlahskor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

Jumlah skor maksimal

-  Tes lisan/ Tertulis:

Jawab secara lisan atau tertulis dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan sepakbola

 

Keterangan:

Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

 

2.         Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
Melakukan tendang bola menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar dan bagian punggung kaki masing-masing tiga kali tepat sasaran.

1.  Bentuk gerakan kaki saat menendang bola diayun ke depan arah bola

2.  Bentuk gerakan kaki saat menggiring bola mendorong bola ke depan arah bola

3.  Posisi badan yang benar saat akan melakukan teknik dasar mengumpan dan menggiring dibawa ke depan

4.  Bentuk arah bola hasil mengumpan dengan kaki bagian dalam datar di atas tanah/lapangan

5. Saat melakukan teknik gerakan bola selalu dalam kontrol

6. Tepat sasaran

       
JUMLAH  
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 24  

 

RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim (kerjasama)  
2.  Keberanian dalam melakukan gerakan/ tidak ragu-ragu (percaya diri)  
3.  Mentaati peraturan (disiplin)  
4.  Menghormati wasit/ teman baik kawan maupun lawah (menghargai)  
5.  Berbagi tempat dan peralatan (toleransi)  
JUMLAH  
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5  

 

Atau dengan cara

 

  1. Keberanian dalam melakukan gerakan/ tidak ragu-ragu (percaya diri)

1             2               3            4

  1. Mentaati peraturan (disiplin)     1               2                   3               4
  2. Menghormati wasit/ teman baik kawan maupun lawah (menghargai)
1              2                3             4
  1. Berbagi tempat dan peralatan (toleransi) 1     2    3    4
  2. Bekerja sama dengan teman satu tim (kerjasama)
1             2           3              4
JUMLAH  = ………………………………..
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

Jawab pertanyaan dengan benar

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1.  Pada saat  menendang bola ada berapa bagian   perkenaan kaki dengan  bola, sebutkan bagian mana saja?

2.  Pada saat  mengumpan bola ada berapa bagian   perkenaan kaki dengan  bola, sebutkan bagian mana saja?

       
JUMLAH  
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8  

 

MENGETAHUI,                                                       GURU MATA PELAJARAN

KEPALA SEKOLAH

 

sumber  : smpnbantarujeg

 

 

About these ads

3 responses

  1. terima kasih rpp anda saya buat referensi

  2. Artikel ini amat bermanfaat bagi kita. terima kasih.

  3. fitryan dedi perdana | Balas

    bagus……………………..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: