RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NOMOR : 1
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SMESTER : VI/ 1
WAKTU : 4 x pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami teks dan cerita yang dibacakan.
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan.
3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, da informasi secara tertulis dalm bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrasa.
- KOMPETENSI DASAR
- Mendengarkan : Menulis hal-hak penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan.
- Berbicara : Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan
dengan menggunakan bahasa yang santun.
- Menulis : Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu
pos, daftar riwayat hidup
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Mendengarkan :
- Siswa mampu mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibacakan
- Siswa mampu membuat kesimpulan dari hasil mendengarkan.
- Berbicara :
- Siswa mampu menyampaikan kritik secara lisan dengan bahasa yang santun
- Menulis :
- Siswa mampu mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan format
- Siswa mampu menuliskan data diri dalam bentuk narasi
- Siswa mampu mencari sinonim atau kata yang mempunyai persamaan makna kata lain
- Siswa mampu mencari antonim atau kata yang mempunyai makna berlawanan
D. MATERI BELAJAR
- Memahami bacaan yang berjudul “Lalitya Pelukis Keramik Termuda”
- Mengisi fomulir sederhana yaitu daftar riwayat hidup
- Mengkritik sesuatu disertai alasan
- Menggunakan kata-kata bersinonim dan berantonim
- METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode : Bercerita, Penugasan
Model Pembelajaran : Contextual Teaching Learning (CTL)
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
o | Kegiatan | Waktu | Metode |
1
|
Pendahuluan
|
5 menit |
ceramah |
2 | Kegiatan inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
60 menit |
Bercerita Diskusi kelompok |
3 | Penutup
Latihan ketajaman pendengaran dengan membisikkan kalimat berantai dalam setiap kelompok.
|
5 menit |
penugasan |
Pertemuan 2
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan
|
5 menit |
Ceramah |
2 | Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
90 menit |
Ceramah Diskusi Kelompok Presentasi |
3 | Penutup
Siswa dengan bimbingan membuat kesimpulan tentang kalimat pujian atau kritikan yang santun |
10 menit |
Penugasan |
Pertemuan 3
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan
|
5 menit |
Ceramah |
2 | Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
60 menit |
Ceramah Penugasan
|
3 | Penutup
|
5 menit |
Penugasan |
Pertemuan 4
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan
|
5 menit |
Ceramah |
2 | Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
|
90 menit |
Ceramah Diskusi Kelompok Presentasi |
3 | Penutup
Siswa dengan bimbingan membuat kesimpulan tentang kata bersinonim dan kata berantonim |
10 menit |
Penugasan |
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Alat : Lembar daftar riwayat hidup, papan tulis dan alat tulis
- Sumber : Buku pelajaran Bahasa Indonesia “Saya Senang Berbahasa Indonesia
(Sasebi) Penerbit Erlangga,Jakarta, Halaman 1 s.d 10
H. PENILAIAN
Penilaian dilakukan untuk mengases kompetensi siswa apakah setelah proses pemberian pengalaman belajar kepadanya, peserta didik memiliki kompetensi dasar sebagaimana ditetapkan dalam rancangan pembelajaran.
Untuk itu, dilakukan penilaian dengan teknik dan alat penilaian sebagai berikut:
Kompetensi Dasar | Indikator | Teknik penilaian | Alat penilaian |
Mendengarkan:
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
|
|
|
|
Berbicara:
Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
|
Siswa mampu menyampaikan kritik secara lisan dengan bahasa yang santun |
|
Perintah untuk menyampaikan kritik dengan bahasa yang santun |
Menulis:
Mengisi formulir (daftar riwayat hidup) dengan benar
|
|
|
|
Adapun alat penialain dan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut:
- Aspek mendengarkan dengan indikator:
- Siswa mampu mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibacakan guru
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Hal-hal penting dari bacaan itu adalah:
Sasebi halaman 2 |
Dapat menulis hal-hal penting dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat menulis hal-hal penting dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat menulis hal-hal penting dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat menulis hal-hal penting dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat menulis hal-hal penting dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Siswa mampu menjawab pertanyaan
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Menjawab pertanyaan
Sasebi halaman 2 |
Dapat menjawab 5 pertanyaan dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat menjawab 4 pertanyaan dengan tepat | Baik (7-8) | |
Dapat menjawab 3 pertanyaan dengan tepat | Sedang (5,5-6) | |
Dapat menjawab 2 pertanyaan dengan tepat | Kurang (4-5) | |
Dapat menjawab 1 pertanyaan dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Siswa mampu membuat kesimpulan dari hasil mendengarkan
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Gurumu akan membacakan bacaan Lalitya: Pelukis Keramik Termuda” Dengarkan baik-baik lalu buatlah ringkasannya!
Sasebi halaman 2 |
Dapat meringkas dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat meringkas dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat meringkas dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat meringkas dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat meringkas dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Aspek berbicara dengan indikator:
- Siswa mampu menyampaikan kritik secara lisan dengan bahasa yang santun.
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Amatilah perpustakaan sekolahmu atau ruang guru di sekolahmu. Berdasarkan hasil pengamatanmu kritiklah keadaan disana lalu tulislah kritikanmu dengan kalimat yang runtut!
Sasebi halaman 10 |
Dapat menulis kritikan dengan kalimat yang runtut | Baik sekali (9-10) |
Dapat menulis kritikan dengan kalimat yang sedikit runtut | Baik (7-8) | |
Dapat menulis kritikan dengan kalimat yang agak runtut | Sedang (5,5-6) | |
Dapat menulis kritikan dengan kalimat yang tidak runtut | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat menulis kritikan dengan kalimat yang runtut | Kurang sekali (0-3) |
- Aspek menulis dengan indikator:
- Siswa mampu mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan format.
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Isilah formulir daftar riwayat hidup berikut dengan data dirimu!
Sasebi halaman 8 |
Dapat mengisi dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat mengisi dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat mengisi dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat mengisi dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat mengisi dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Siswa mampu menuliskan data diri dalam bentuk narasi.
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Buatlah daftar riwayat hidup orang tuamu lalu tuliskan data diri tersebut kedalam bentuk narasi!
Sasebi halaman 10 |
Dapat menulis dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat menulis dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat menulis dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat menulis dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat menulis dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Siswa mampu mencari sinonim atau mempunyai persamaan makna dengan kata lain.
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Gantilah semua yang tercetak tebal dengan sinonimnya!
Sasebi halaman 10 |
Dapat mengganti dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat mengganti dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat mengganti dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat mengganti dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat mengganti dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
- Siswa mampu mencari antonim atau mempunyai makna yang berlawanan
Alat Penilaian | Kriteria | Skor |
Gantilah semua yang tercetak tebal dengan antonimnya!
Sasebi halaman 10 |
Dapat mengganti dengan tepat | Baik sekali (9-10) |
Dapat mengganti dengan sedikit kesalahan | Baik (7-8) | |
Dapat mengganti dengan kesalahan agak banyak | Sedang (5,5-6) | |
Dapat mengganti dengan banyak kesalahan | Kurang (4-5) | |
Tidak dapat mengganti dengan tepat | Kurang sekali (0-3) |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Siswa : Kelas : VI
No | SK/KD | Periode | Kriteria | Ket | |||
Ketepatan data | Kebenaran pengisian | Kelengkapan pengisian | Sistematika penulisan | ||||
1. | Menulis daftar riwayat hidup |
ANALISIS PENILAIAN PORTOFOLIO
KD: Menulis Daftar Riwayat Hidup
Tingkat Pencapaian | Deskripsi |
Baik sekali (9-10) | Semua bagian daftar riwayat hidup ada. Disusun berdasarkan format dengan benar dan lengkap |
Baik (7-8) | Semua bagian daftar riwayat hidup ada. Disusun berdasarkan format dengan benar dan kurang lengkap |
Sedang (5,5-6) | Semua bagian daftar riwayat hidup ada. Disusun berdasarkan format dengan kurang benar dan kurang lengkap |
Kurang (4-5) | Bagian daftar riwayat hidup kurang lengkap. Disusun tadak berdasarkan format dan kurang benar |
Kurang sekali (0-3) | Bagian daftar riwayat hidup tidak lengkap. Daftar riwayat hidup tidak benar dan tidak dapat dipahami |
……………,
Guru Kelas VI,
Draft RPP ini belum sempuran, Silahkan dicermati dan dikritisi
triksh , dg adanya contoh rpp tsb sy bisa terbantu dlm menyusun rpp. tapi saya rasa masih ada kurang deh, kok tidak ada indikator dan pendidikan karakter yang dikembangkan. mohon penyempurnaannya. trimkasih
RPP tsb dulu disusun waktu model EEK baru dikembangkan belum ada muncuk model yang disisipi karakter bangsa. Silahkan mengembangkan sendiri. Maaf