Contoh Draf RPP IPA SD/MI kelas 6 pola EEK

RANCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP No : 1 )

Satuan Pendidikan     :

Mata Pelajaran          :  ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kelas / Semester        : VI / 2

Alokasi Waktu           : ( 4 Jam Pelajaran x 35 menit )

Pelaksanaan               :

A Standar Kompetensi

7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

B.  Kompetensi Dasar

7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak

( model jungkat jungkit, ketapel / model traktor sederhana energi pegas ).

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi jenis – jenis gaya
  • Menjelaskan pengaruh gaya terhadap benda
  • Mendeskripsikan hubungan antara beban, lengan beban, kuasa
  • Membuat model untuk percobaan yang membuktikan gaya berpengaruh pada benda
  • Membuat model untuk melakukan percobaan yang membuktikan gaya terhadap gerakan alat
  1. I. Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

1. Menyebutkan jenis – jenis dan macam – macam gaya

2. Menjelaskan pengertian pengaruh gaya terhadap benda

3. Membedakan antara beban, lengan beban dan kuasa

4. Melakukan percobaan dengan cara memberikan berbagai beban

5. Menyimpulkan hubungan antara gaya dan gerak

6. Merancang dan membuat model jungkat – jungkit

IIMateri Pembelajaran

- Gaya dan Gerak

- Membuat model gaya dan gerak

III. Metode

- Ceramah bervariasi                – Observasi

- Tugas                                     – Demonstrasi

IV. Langkah – langkah Pembelajaran  ( Pertemuan 1 )

a. Pendahuluan ( Apersepsi )

  • Tanya jawab tentang macam – macam gaya
  • Menyampaikan pokok – pokok materi yang akan dibahas
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  • Menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran

b. Kegiatan inti

1) Eksplorasi

  • Siswa dibagi dalam empat kelompok
  • Tiap kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain dan guru
  • Guru menyajikan materi pelajaran tentang pengaruh gaya pada benda
  • Guru membimbing pelaksanaan pembuatan model jungkat jungkit

2) Elaborasi

  • Siswa membagi empat kelompok dan melaksanakan tugas guru
  • Tiap kelompok melaksanakan tugasnya dan melaporkan hasil
  • Pada akhir kegiatan tiap kelompok merevisi tugasnya atau hasil kerjanya untuk dipamerkan pada papan pajangan

3) Konfermasi

  • Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik dengan ucapan selamat dan memamerkan hasil karyanya
  • Guru menanyakan pada siswa tentang materi yang telah disampaikan mengenai hal – hal yang belum dipahami oleh siswa
  • Memberi tugas / PR pada siswa untuk membuat rancangan sebuah model secara kelompok yang dikerjakan dirumah
  • Memberikan bimbingan khusus pada siswa yang mengalami kesulitan dalam merancang sebuah model yang dibuat
  1. Penutup

1) Penilaian

2) Refleksi : Pemajang hasil karya kelompok

V Sumber dan Media Pembelajaran

1) Sumber Pembelajaran

a. Buku IPA kelas VI Bse Depdiknas   hal :

b. Buku IPA kelas VI Erlangga             hal : 110 – 120

c. Buku IPA kelas VI Penerbit Yudistira           hal :

d. LKS IPA kelas VI Penerbit Ar Rahman        hal : 3 – 11

e. Pengembangan Guru

2) Media Pembelajaran

Peralatan membuat model jungkat – jungkit ( tang, obeng, papan kayu, karet,

palu, paku ).

VI  Penilaian

1) Tehnik Penilaian       : TesPerbuatan

2) Bentuk Instrumen     : Tes isian dan uraian

3) Instrumen Soal

a. Tes isian dan uraian singkat

  • Isilah titik – titik dibawah ini dengan tepat!

1. Tarikan atau dorongan disebut juga . . . .

2. Kemampuan untuk melakukan usaha disebut . . . .

3. Alat untuk mengukur gaya adalah . . . .

4. Satuan gaya dinyatakan dalam . . . .

5. Benda dapat bergerak karena mendapat . . . .

6. Gaya yang terjadi akibat pergesekan benda disebut . . . .

7. Benda diam yang dikenai gaya akan . . . .

8. Makin . . . gaya makin cepat benda bergerak

9. Karet pegas pada ketapel memiliki sifat . . . .

10. Kerbau menarik bajak dengan gaya . . . .

11. Ketapel dapat melontarkan kerikil dipengaruhi . . . .

12. Pemain ski air bergerak, adanya gaya . . . .

13. Jungkat – jungkit menggunakan prinsip . . . .

14. Nama lain dari titik tumpu adalah . . . .

15. Jarak dari titik tumpu ke titik kuasa disebut . . . .

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1. Sebutkan lima macam gaya !

2. Apa pengaruh gaya gesek terhadap gerak benda ?

3. Sebutkan tiga sifat gaya terhadap benda !

4. Sebutkan tiga jenis mainan yang mengguanakan gaya pegas !

5. Mengapa mobil mainan sulit berjalan dipermukaan yang kasar ?

b. Tes Perbuatan

Buatlah salah satu alat permainan yang mempengaruhi perubahan gaya.

( ketapel, jungkat jungkit ) beserta langkah – langkah kerjanya.

4)  Kunci jawaban

  • Soal isian

1. gaya                         6. gaya gesek               11. gaya pegas

2. energi                       7. bergerak                   12. gesek

3. dinamo meter            8. besar                        13. pengungkit

4. newton                     9. lentur                        14. fulkrum

5. gaya                       10. otot                          15. lengan kuasa

  • Soal uraian

1. gaya otot, gaya pegas, gaya magnet, gaya listrik, gravitasi

2. gesekan benda dapat memperlambat gerakan benda

3. gaya dapat mengubah arah benda, gaya dapat menggerakkan benda, gaya dapat

meghambat benda

4. ketapel, busur panel, pistol peluru karet

5. karena permukaan yang kasar memerlukan gaya yang besar

………………………..

Mengetahui

Kepala SD                                                       Guru Kelas VI

Draf RPP di atas belum sempurna, silahkan dicermati dan dikritisi

About these ads

2 responses

  1. terima kasih,,,,,

  2. terimakasih contoh RPP nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: