RPP EEK SD/MI berkarakter kelas 2 tematik

Contoh gratis, Silahkan download :

RPP EEK Berkarakter Kelas 2 SD

Silabus berkarakter SD kelas 2

Contoh:

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

Nama Sekolah      :  ……………………………

Tema                     : Peristiwa

Kelas/Semester    :  II / 1

Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :

1. PKn

  • Membiasakan hidup bergotong royong

2. IPS

  • Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

3. IPA

  • Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

4. Matematika

  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

5. Bahasa Indonesia

Mendengarkan

  • Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

Berbicara

  • Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.

Membaca

  • Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

Menulis

  • Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

6. Seni Budaya  Keterampilan

  • Seni Rupa                     :  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
  • Seni Tari                       :  Mengapresiasi karya seni tari

Kompetensi Dasar  :

1.   PKn

  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

2.   IPS

  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

3.   IPA

  • Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
  • Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
  • Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda  ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.

4.   Matematika

  • Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan.
  1. 5. Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
  • Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
  • Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

6.   Seni Budaya Keterampilan.

  • Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif
  • Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta.

I.    Tujuan Pembelajaran  :

Siswa dapat  :

  • Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
  • Menjelaskan arti tolong menolong.
  • Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
  • Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
  • Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
  • Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
  • Membaca dokumen dengan benar.
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
    • Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
    • Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
    • Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
    • Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
    • Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
    • Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
    • Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
    • Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
    • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan.
    • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan
    • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
    • Mengidentifikasi perubahan benda cair  setelah dipanaskan
    • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
    • Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.
    • Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
    • Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
    • Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
    • Menguraikan  bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
    • Menentukan  nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
    • Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan
    • Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
    • Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
    • Menyimak cerita bacaan pendek.
    • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
    • Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
    • Menceritakan kegiatan
    • Memberi tanggapan pada kegiatan
    • Menyusun gambar
    • Menceritakan gambar yang telah urut.
    • Menjawab pertanyaan
    • Menceritakan peristiwa.
    • Membaca teks dengan bersuara
    • Mengajukan pertanyaan bacaan.
    • Menceritakan kembali isi bacaan.
    • Meringkas isi bacaan.
    • Menyusun kalimat menjadi cerita.
    • Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
    • Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
    • Menulis pengalaman sendiri
    • Menyusun kata menjadi kalimat
    • Membuat kalimat.
    • Membuat gambar ekpresi
    • Memajang  hasil karya gambar ekpresi.
    • Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
    • Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
    • Mencetak dengan teknik lipatan.
    • Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
    • Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
    • Melakukan gerakan tari secara berkelompok
  • Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

  • Hidup gotong royong.
  • Dokumen pribadi dan keluarga
  • Peristiwa penting.
  • Manfaat dokumen.
  • Bagian utama tumbuhan dan hewan
  • Sifat benda
  • Perubahan wujud benda
  • Bilangan 1 – 500
  • Nilai tempat.
  • Mengurutkan bilangan.
  • Mendengarkan teks pendek.
  • Percakapan
  • Melengkapi kalimat.
  • Menulis pengalaman
  • Menulis kaliamt dengan huruf indah
  • Membuat kalimat.
  • Unsur rupa
  • Gerak alam semesta.

III. Metoda Pembelajaran :

  • Ceramah
  • Diskusi.
  • Tanya jawab.
  • Demontrasi.
  • Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :

F     Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.

F     Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.

F     Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti :

Minggu ke 1

Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dengan  penjelasan guru siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan.

F     Guru dapat menjelaskan melalui peragaannya dapat menentukan nilai tempat puluhan

F     Dari hasil penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai tempat satuan

F     Siswa dapat menyampaikan pesan pendek dengan cara dibisikkan melalui teman.

F     Siswa dapat mendengarkan teks pendek dan mampu menyampaikannya pada orang lain.

F     Dari hasil penjelasan guru, siswa mampu menyimak cerita bacaan pendek.

Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat ratusan.

F     Siswa memperlihatkan cara menentukan nilai tempat puluhan.

F     Dengan memperhatikan guru, siswa menentukan nilai tempat  satuan, puluhan dan ratusan.

F     Denagn penjelasan guru siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru.

F     Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi.

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Melalui pemberian tugas siswa dapat menulis lambang bilangan ratusan.

F     Siswa diberi tugas untuk menulis lambang bilangan puluhan.

F     Guru memberi contoh menulis lmbang bilangan satuan.

F     Melalui cerita yang dibacakan guru siswa dapat menceritakan isi teks bacaan secara lisan.

F     Berdasarkan keterbatasan kemampuan siswa mampu menceritakan isi teks bacaan dengan cara dibacakan langsung dengan melihat buku.

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA,  PKn )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dari hasil penjelasan guru tentang sebuah kegiatan siswa memahami tentang kegiatan di sekolah.

F     Dengan ketelitiannya siswa mampu membedakan antara kegiatan  di sekolah dengan kegiatan di rumah.

F     Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan arti tumbuhan

F     Guru menjelaskan tentang arti hewan kepada siswa dengan jelas.

F     Guru menjelaskan cara hidup bergotong royong di lingkungan sekitar.

F     Siswa mampu menyebutkan contoh cara hidup bergotong royong.

Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dari hasil penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan pada sebuah kegiatan yang dilakukan di sekolah.

F     Dengan penjelasan guru siswa dapat memebrikan tanggapan pada kegiatan yang dilakukan di rumah.

F     Dengan ketelitiannya siswa mampu menyebutkan beberapa jenis dokumen keluarga.

F     Guru menjelaskan cara menguraikan lambang bilangan ratusan, puluhan dan satuan.

F     Siswa dapat mengerjakan  tugasnya dengan menguraikan lambang bilangan ratusan dengan puluhan.

F     Dengan ketelitiannya siswa mampu menguraikan lambang bilangan puluhan dan satuan.

Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia, IPS )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dengan penjelasan guru siswa mampu menguraikan bilangan 3 angka.

F     Guru menjelaskan cara menguraikan bilangan 2 angka.

F     Melalui pengamatan siswa dapat memahami arti tumbuh

F     Melalui percobaan sederhana siswa dapat memahami arti tumbuh.

F     Melalui contoh yang disampaikan oleh guru siswa dapat membuat gambar ekspresi dengan  baik.

F     Dari hasil karya yang dibuatnya siswa memajangkan gambar dengan baik.

Minggu ke 2

Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Guru menjelaskan cara menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari ratusan.

F     Siswa memahami penjelasan guru mengenai bilangan 2 angka yang terdiri dari puluhan.

F     Melalui percakapan siswa bertanya kepada teman sebangkunya.

F     Dari hasil percakapan yang disampaikan guru, siswa dapat bertanya kepada orang lain.

F     Dengan menggunakan pilihan katanya , siswa dapat berbicara dengan orang yang lebih tua.

Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Sisawa mampu menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari ratusan, puluhan dan satuan.

F     Siswa mampu menguraikan bilangan 2 angka yang terdiri dari puluhan dan satuan.

F     Dengan bahasa yang santun siswa dapat mengucapkan pembicaraan kepada temannya.

F     Dengan contoh yang disampaikan guru siswa dapat menyusun  sebuah gambar dengan baik.

F     Melalui latihan yang dicontohkan guru , siswa dapat membaca dokumen pribadi dengan benar.

F     Dengan keberaniannya siswa dapat membaca dokumen keluarga dengan sesuai gambar.

Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dari penjelasan guru siswa dapat menentukan niali temapt.

F     Guru menjelaskan cara menentukan niali tempat pada salah satu angka dengan benar.

F     Dari hasil percakapan dengan guru dan teman-teman menceritakan gambar yang tidak berurut.

F     Dengan mengerjakan secara bersama siswa dapat mengurutkan gambar dengan tersusun dan mampu menceritakannya..

Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn, IPA )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Guru menjelaskan cara berbahasa dengan baik dan benar.

F     Siswa dapat menjawab pertanyaan dari cerita sebuah peristiwa yang disampaikan guru.

F     Melalui pengamatan siswa dapat memahami proses pertumbuhan pada tumbuhan.

F     Dengan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan proses pertumbuhan pada hewan.

F     Dengan keberaniannya siswa menyebutkan cara hidup bergotong royong di sekolah.

F     Siswa dilatih untuk melakukan cara berbagi dengan teman sekelas.

Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dengan menceritakan kegiatan , siswa menjawab pertanyaan dengan jelas dari ceritanya.

F     Siswa disuruh untuk menyimpulkan isi teks sampai 10 kalimat.

F     Melalui latihan secara bersama-sama siswa dapat membaca dokumen  dengan benar.

F     Guru menyuruh siswa untuk membaca latihan cara membaca dokumen dengan benar secara sendiri-sendiri.

F     Guru menjelaskan nilai tempat dengan penguraian bilangan satu angka pada bilangan 2 anka.

F     Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian bilangan satu angka pada bilangan 2 angka.

F     Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian bilangan dua angka.

Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, SBK, IPA )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Siswa dapat menentukan nilai tempat dua angka pada bilangan 3 angka.

F     Dari penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai tempat 3 angka pada bilangan 3 angka.

F     Dengan pengamatan secara bersama siswa dapat memehami arti hewan.

F     Guru memberi contoh melalui percobaan sederhana sehingga siswa memahami arti hewan.

F     Dengan teknik cetak yang dicontohkan guru siswa dapat membuat hasil karya seni rupa dengan bahan alam.

F     Siswa mampu membuat karya seni rupa dan teknik cetak tunggal dengan bahan alami.

Minggu ke 3

Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Iswa dapat menentukan nilai tempat yang dicontohkan guru melalui permainan.

F     Guru memberi tugas untuk menyimpulkan isi teks pendek 15 kalimat.

F     Siswa mampu membaca teks pendek dengan susra yang nyaring dan penggunaan intonasi yang tepat.

Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Siswa mampu mengulang cara menentukan  nilai tempat yang telah disampaikan guru dengan teliti.

F     Melalui permainan dengan teman sekelas siswa dapat menentukan nilai tempat dengan tepat.

F     Dengan contoh yang disampaikan guru, siswa mampu menulis karangan  pendek dengan baik dan benar.

F     Dari hasil karangan pendek yang dibuat siswa mampu juga siswa memperhatikan tanda titiknya yang benar.

F     Siswa disuruh untuk menceritakan peristiwa penting melalui pengalaman yang pernah dialaminya.

F     Melalui penjelasan dan contoh yang disampaikan guru siswa dapat menceritakan peristiwa penting tentang dirinya.

Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan pada sustu bilangan dengan permainannya yang membuat siswa tertarik sehingga memahami.

F     Dengan melengkapi cerita sederhana siswa menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah.

F     Siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan jelas dan teliti.

Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B.Indonesia, IPA, PKn)

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dengan menulis pengalaman sendiri siswa melakukannya dengan menggunakan huruf sambung.

F     Siswa berusaha menyusun kata menjadi sebuah  kalimat  yang benar dan baik.

F     Melalui pengamatan siswa melakukan percobaan dengan model diskusi yang sedrehana sehingga memahami sifat benda.

F     Melalui percobaan siswa membuktikan perbedaan sifat benada padat dan benda cair.

F     Siswa menyebutkan contoh tolong menolong di rumah dengan kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari.

F     Dengan pengalaman yang pernah dialaminya siswa menyebutkan contoh tolong menolong di lingkungan tetangga.

Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Melalui peragaan siswa melakukan permainan dengan menentukan nilai tempat suatu bilangan.

F     Siswa berusaha menulis pengalaman sendiri dengan huruf tegak bersambung dan tanda titik yang tepat.

F     Siswa melakukan penyusunan kalimat menjadi sebuah kalimat uyang terbaca dengan tepat.

F     Melalui peristiwa penting siswa menceritakan pengalaman dalam keluarga.

F     Siswa dapat membedakan antara cerita dalam keluarga dengan cerita dalam diri sendiri dari hasil pengalamannya.

Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, IPA, SBK )

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Dengan permainan berupa perlombaan antar kelompok siswa dengan semangat menjawab nilai tempat dengan benar.

F     Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa membuktikan perubahan benda padat dan cair.

F     Dengan benda padat dan cair yang dipanaskan dan didinginkan siwa mengidentifikasi perubahan benda padat dan cair dengan teliti dan hati-hati.

F     Siswa melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan kelinci yang sedang melompoat secara langsung.

F     Siswa melakukan gerakan tari secara berkelompok dengan melompat dan mengikuti gerakan kupu-kupu terbang.

F     Siswa melakukan gerakan tarian seekor burung yang sedang mengepakkan sayapnya.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir, guru:

F     Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

F     Mengerjakan post tes

F     Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar

  • Buku Sumber :

F     Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2, Penerbit Erlangga

F     Buku Sains SD Kelas 21, Penerbit Erlangga

F     Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 21 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama

F     Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Erlangga.

F     Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga

F     Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Grafindo.

F     Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.

  • Alat Peraga  :

F     Kartu bilangan

F     Contoh benda cair, benda padat.

F     Gambar  tanaman dan binatang.

F     Lembar puisi.

F     Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.

VI.    Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk 

Instrumen

Contoh 

Instrumen

1.  PKn

  • Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
  • Menjelaskan arti tolong menolong.
  • Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
  • Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.

2.   IPS :

  • Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
  • Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
  • Membaca dokumen dengan benar.
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.

3.   IPA  :

  • Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
  • Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
  • Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
  • Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
  • Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
  • Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
  • Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
  • Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
  • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan.
  • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan
  • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
  • Mengidentifikasi perubahan benda cair  setelah dipanaskan
  • Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
  • Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.

4.    Matematika  :

  • Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan
  • Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
  • Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
  • Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
  • Menguraikan  bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
  • Menentukan  nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
  • Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan

5.   Bahasa Indonesia  :

  • Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
  • Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
  • Menyimak cerita bacaan pendek.
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
  • Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
  • Menceritakan kegiatan
  • Memberi tanggapan pada kegiatan
  • Menyusun gambar
  • Menceritakan gambar yang telah urut.
  • Menjawab pertanyaan
  • Menceritakan peristiwa.
  • Membaca teks dengan bersuara
  • Mengajukan pertanyaan bacaan.
  • Menceritakan kembali isi bacaan.
  • Meringkas isi bacaan.
  • Menyusun kalimat menjadi cerita.
  • Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
  • Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
  • Menulis pengalaman sendiri
  • Menyusun kata menjadi kalimat
  • Membuat kalimat.

6    Seni Budaya dan Keterampilan :

  • Membuat gambar ekpresi
  • Memajang  hasil karya gambar ekpresi.
  • Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
  • Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
  • Mencetak dengan teknik lipatan.
  • Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
  • Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
  • Melakukan gerakan tari secara berkelompok

 

 

Tes lisan Tes tertulis

 

 

uraian

isian

1.  PKn

  • Sebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
  • Jelaskan arti tolong menolong.
  • Sebutkan contoh tolong menolong di rumah.
  • Sebutkan contoh tolong menolong di sekolah.

2.   IPS :

  • Sebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
  • Sebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
  • Bacakanlah dokumen dengan benar.
  • Ceritakan peristiwa penting dalam keluarga.

3.   IPA  :

  • Jelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
  • Sebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
  • Selaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
  • Praktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
  • Ceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
  • Ceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
  • Sebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
  • Lakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
  • Jelaskanlah perubahan benda padat setelah dipanaskan.
  • Jelaskanlah perubahan benda padat setelah didinginkan
  • Jelaskanlah perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
  • Jelaskanlah perubahan benda cair  setelah dipanaskan
  • Jelaskanlah identifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
  • Jelaskanlah perubahan benda padat menjadi benda lain.

4.    Matematika  :

  • Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan
  • Tentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
  • Tuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
  • Tentukan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
  • Tentukan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
  • Tentukan nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
  • Tentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan

5.   Bahasa Indonesia  :

  • Sampaikan pesan yang didengar pada orang lain.
  • Simakkanlah cerita bacaan pendek.
  • Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
  • Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan.
  • Ceritakan kegiatan
  • Berikanlah tanggapan pada kegiatan
  • Susunkanlah gambar
  • Ceritakan gambar yang telah urut.
  • Jawabkanlah pertanyaan
  • Ceritakan peristiwa.
  • Bacakanlah teks dengan bersuara
  • Ceritakan kembali isi bacaan.
  • Ringkaskanlah isi bacaan.
  • Susunkanlah kalimat menjadi cerita.
  • Tuliskanlah karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
  • Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah
  • Tuliskanlah pengalaman sendiri
  • Susunkanlah kata menjadi kalimat
  • Buatkanlah kalimat.

6    Seni Budaya dan Keterampilan :

  • Buatkanlah gambar ekpresi
  • Buatkanlah karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
  • Buatkanlah karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
  • Bagaimana cara Mencetak dengan teknik lipatan.
  • Lakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
  • Lakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
  • Lakukan gerakan tari secara berkelompok
  • LKS
  • Lmbar observasi.

 

Lembar Kerja Siswa IPA

Kelompok : …………………..

Anggota    :

  1. …………………………..
  2. ………………………….
  3. ………………………….
  4. ………………………….
  5. ………………………….

Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.

No Peatalatan menggunakan listrik Peralatan tidak menggunakan listrik
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Matahari dapat mengeringkan benda,

Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !

Nama Benda R
Pakaian
Celana
Handuk
TV
Kasur
Topi
Lemari es
Komputer
Tas
  1. A. Kriteria Penilaian

1. Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar 

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

3

2

1

2. Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1. 

2.

Kerjasama 

Partisipasi

* bekerjasama 

* kadang-kadang kerjasama

* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

2

1

4

2

1

3. Lembar Penilaian

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1. 

2.

3.

4.

5.

6.

7..

 

 

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui 

Kepala Sekolah SD/MI …….

( ………………..………… )

NIP/NIK : …………………

………., ………………… 20… 

Guru Tematik Kelas II

( …………………………… )

NIP/NIK : …………………


About these ads

4 responses

  1. Trimakasih I like it

  2. semester 2 nya mana pak….?

  3. terima kasih banget….

    1. makasih banyak ya..GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: