RPP Berkarakter bangsa SD/MI Mapel bahasa Inggris pola EEK

Contoh:

Silabus berkarakter bangsa SD Mapel B Inggris

RPP Berkarakter Bangsa SD Mapel Bahasa Inggris EEK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SD                                           :  _____________________

Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        : I/1

Standar Kompetensi                 : 3.         Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi Dasar                    : 3.2       Memahami kalimat dan teks deskriptif  bergambar sangat sederhana secara tepat dan                                                            berterima

Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit

Tujuan Pembelajaran**            : 1.         Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana

2.         Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Berani ( courage )

Metode Pembelajaran               : 1.         Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana

2.         Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan

3.         Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai bacaan yang sedang dibahas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

  1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

  • Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang mengerjakan PR ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan PR.
  • Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti

&   Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.

F     Siswa membaca teks secara individual.

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.

&   Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.  Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.

F     Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin mengerjakan PR.

Alat/Sumber Belajar:

  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:

Indikator Pencapaian 

Kompetensi

Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
  • Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
  • Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar

 

Tes unjuk kerja Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
  • Point to the student in the picture described in the text.

Puput is doing homework.

She is sitting on a chair.

She is writing in a book

.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN

&       Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar 

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4 

3

2

1

&       Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1. 

2.

3.

Pengetahuan  

Praktek

Sikap

* Pengetahuan 

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4 

2

1

4

2

1

4

2

1

&       LEMBAR PENILAIAN

No Nama Siswa Performan Produk Jumlah 

Skor

Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1. 

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …

Mengetahui


About these ads

2 responses

  1. MOHON DISERTAKAN TERJEMAHAN KE BAHASA INDONESIA KITA KAN GURU PEMULA YANG BARU BELAJAR

    1. he he he, buka kamus dunk….sekalian belajar bahasa inggris

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: