Draft RPP Berkarakter SMP Mapel Seni Budaya (SBK) pola eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

SEKOLAH                               :  ………………………

MATA PELAJARAN             :  Seni Budaya (Seni Rupa)

KELAS/SEMESTER                :  VII / I

ALOKASI WAKTU                 :  4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )

STANDAR KOMPETENSI      : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa

KOMPETENSI DASAR           : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan

dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

  1. A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu :

pertemuan 1 dan 2

  1. Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
  2. Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Percaya diri ( Confidence )

Kecintaan ( Lovely )

  1. B. MATERI POKOK

Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)

  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah
  1. C. METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan CTL:
  • tanya jawab,
  • diskusi,
  • dan pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

pertemuan 1 dan 2

1. Pendahuluan

- Apersepsi  dan Motivasi  :

  • Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai

oleh siswa

  • Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
  • Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa

2. Kegiatan Inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.

F     Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat

F     Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

F     Guru memberi tugas pembuatan kliping

E. SUMBER PEMBELAJARAN

  1. Buku teks Seni Budaya
  2. Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.

F. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk 

Instrumen

Contoh 

Instrumen

  • Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
  • Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat

 

Tes praktik/ kinerja 

 

Tes iden-     tifikasi 

 

  • Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa   tanggapan tentang keunikan gagasan ,teknik seni rupa terapan daerahmu
  • Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
  • Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan  karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!

 

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs ……..

( ……………………………………. )

NIP/NIK : …………………

………., …………………  20…  

Guru Mapel SBK.

( …………………………………… )

NIP/NIK : ……………….

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

SEKOLAH                                : ………………………

MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)

KELAS / SEMESTER                : VIII / I

ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )

STANDAR KOMPETENSI       : 2.   Mengekspresikan diri melalui

karya seni rupa.

KOMPETENSI DASAR            : 2.1 Merancang karya seni kriya

tekstil dengan teknik dan corak

seni rupa terapan nusantara

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :

  1. Mendiskripsikan konsep batik.
  2. Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara

v      Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Percaya diri ( Confidence )

Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI AJAR

  • Konsep batik
  • Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

C. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan CTL : Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.

D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama dan kedua :

a.  Kegiatan Pendahuluan

  • Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
  • Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.

b.  Kegiatan Inti

  • Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F     peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.

F     peserta didik Melihat tayangan gambar batik.

F     peserta didik Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

F     memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

  • Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F     membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

  • Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;

F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. ALAT / SUMBER BELAJAR

  • Buku teks Seni Budaya
  • Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk 

Instrumen

Contoh 

Instrumen

Ü      Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara 

Ü      Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara

Tes praktik/ 

kinerja

 

Tes identifikasi Ü      Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara. 

 

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Kreativitas
Teknik /bentuk
Karakteristik

Keterangan :

1 = sangat kurang

2 = kurang

3 = cukup

4 = baik

5 = sangat baik

Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs ……..

( ……………………………………. )

NIP/NIK : …………………

………., …………………  20…  

Guru Mapel SBK.

( …………………………………… )

NIP/NIK : ……………….


About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: