Draft RPP Berkarakter SMP Mapel PKn pola eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi

Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nama Sekolah                   :     …………………………………..

Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                :     VII/satu

Standar Kompetensi         :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kompetensi Dasar            :     1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.

Alokasi Waktu                  :    6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :

  • menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun ( diligence ) Serta  Jujur ( fairnes )
  • menjelaskan tujuan norma;
  • menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
  • menguraikan macam-macam norma.

v      Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Jujur ( fairnes )

Kewarganegaraan ( citizenship )

B. Materi Pembelajaran

  • Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan.

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu senantiasa

melakukan interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap

manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan

bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu bertindak

sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka masing-masing.

Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai dan

norma yang berlaku di masyarakat.

  • Macam-macam norma.

Macam Norma – Norma Sopan Santun, Agama & Hukum – Kebiasaan Yang Berlaku dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman dan pengatur dasar kehidupan seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan kehidupan antara manusia yang aman, tentram dan sejahtera.

1. Norma Sopan Santun

Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.

Contoh :
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil

2. Norma Agama

Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan nabi berdasarkan atas agama atau kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu hal yang pribadi yang tidak dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang dasar ’45 pasal 29.

Contoh :
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama

3. Norma Hukum

Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai, tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.

Contoh :
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme

C. Metode

Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)

1. Pertemuan I

Pendahuluan
a.   Apersepsi

Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan,       kelas, dan lain-lain)

b.   Memotivasi

Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan       pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.

c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

1). Eksplorasi

  • Guru menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )
  • Mengadakan kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes ) Serta Kewarganegaraan ( citizenship )

2).  Elaborasi

  • Membagi siswa dalam kelompok.
  • Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
  • Meminta tanggapan dari kelompok lain.

3) Konfirmasi

  • Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.

Penutup

  1. Mengadakan post test.
  2. Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.

2. Pertemuan II

Pendahuluan
a.   Apersepsi

Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)

b.   Memotivasi

Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang  akan dicapai.

Kegiatan Inti

1). Eksplorasi

  • Guru menjelaskan tujuan norma.

2).  Elaborasi

  • Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
  • Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
  • Meminta tanggapan dari kelompok lain.

3) Konfirmasi

  • Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya.

Penutup
a. Mengadakan post test.

Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.

3. Pertemuan III

Pendahuluan
a.   Apersepsi

Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)

b.   Memotivasi

Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan  pertanyaan tentang tugas yang diberikan.

c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan  Inti

1). Eksplorasi

  • Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.

2).  Elaborasi

  • Mengatur kelompok diskusi.
  • Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah.

3) Konfirmasi

  • Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma.

Penutup

  1. Mengadakan post test

Memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi berikutnya

E. Alat/Sumber Pembelajaran

  • Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
    • Artikel/berita di media massa

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran

Indikator pencapaian Teknik 

penilaian

Bentuk Instrumen Instrumen
  • · Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.
  • · Menjelaskan manfaat norma
  • · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
  • · Menjelaskan  macam-macam norma
  • · Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat.
  • · Menjelaskan sanksi pelanggaran norma

 

Tes tertulis 

Tes tertulis

 

Pilihan Ganda 

Uraian

 

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!  

  1. Pengertian norma adalah ….

a. aturan-aturan hukum yang berlaku     dalam kehidupan bermasyarakat,     berbangsa dan bernegara

b. ketentuan hukum yang tertulis

secara sistematis dan dibuat oleh

pihak yang berwenang

c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku

dalam masyarakat dan berjalan

sebagai aturan hidup

d. Kaidah-kaidah atau ketentuan-    ketentuan yang dijadikan peraturan    hidup sehingga mempengaruhi     tingkah laku dalam masyarakat

  1. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh  terhadap norma  yang berlaku adalah …
    1. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
    2. mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
    3. mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
    4. selalu mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu
    5. Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma ….
      1. kesusilaan
      2. kemasyarakatan
      3. agama
      4. kesopanan
      5. Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah manusia dikaruniai ….
        1. bentuk fisik yang sempurna
        2. rasa malu
        3. akal pikiran
        4. hati nurani
        5. Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan

menggunakan ….

  1. nalurinya
  2. daya pikirnya
  3. rasa estetikanya
  4. etika dan khayalannya
  5. Pada hakikatnya, manusia mempunyai dua hasrat, yaitu  ingin ….

A. bahagia dan jaya

B. dihormati dan terhormat

C. menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya

D. sempurna dan bahagia

  1. Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….

A. kesusilaan

B. adat atau kemasyarakatan

C. agama

D. hukum

  1. Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah ….

A. kesusilaan

B. adat atau kemasyarakatan

C. agama

D. hukum

  1. Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah ….

A. kesusilaan

B. adat atau kemasyarakatan

C. agama

D. hukum

  1. Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….

A. kepastian hukum

B. ketertiban dalam masyarakat

C. keadilan sosial

D. kebahagiaan bagi masyarakat

  1. Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….

A. sudah ditentukan terlebih dahulu

B. tegas dan keras

C. tidak memandang siapa yang bersalah

D. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan

  1. Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk ….

A. menegakkan keadilan

B. menegakkan kebenaran

C. menciptakan ketertiban

D. mewujudkan kebersamaan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!

  1. Jelaskan hakikat norma yang berlaku dalam masyarakat!
  2. Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
  3. Uraikanlah macam–macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
  4. Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
  5. Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
  6. Jelaskan pentingnya norma dalam  kehidupan bermasyarakat
  7. Jelaskan  macam-macam norma yang ada di masyarakat!
  8. Jelaskan Sumber-sumber norma dalam masyarakat!
  9. Jelaskan sanksi  pelanggaran norma kesusilaan di  masyarakat!
Mengetahui, 

Kepala SMP/MTs ……………

(__________________________)

NIP/NIK : …………………………

…..,…………………  20 ……. 

Guru Mapel PKN

(_______________________)

NIP/NIK : …………………………

About these ads

4 responses

  1. apakah semua pelajran ada

    1. Tersedia untuk 9 mapel utama. Mulok belum ada.

  2. bagaimana dengan mapel quran hadist

    1. belum punya datanya. yang ada yang versi belum berkarakter

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: